Home » Berita » Sedikit Berubah, Apa Istimewanya Mazda MX-5 dan Mazda CX-9 Terbaru?

Sedikit Berubah, Apa Istimewanya Mazda MX-5 dan Mazda CX-9 Terbaru?

Jakarta – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor resmi merek Mazda di Indonesia kembali melakukan penyegaran terhadap produk yang dipasarkannya. Setidaknya ada dua model yang disegarkan yaitu Mazda MX-5 dan Mazda CX-9.

Penyegaran pada Mazda MX-5 tidak terlalu jelas terlihat, sebab perusahaan hanya melakukan sedikit pengaturan di performa kendaraan. Sedangkan di CX-9 mendapat beberapa tambahan fitur kenyaman.

Baca juga: Mazda CX-9 dan MX-5 Terbaru Meluncur, Mau Test Drive Mobilnya?

Lantas dengan sedikit perubahan yang ditawarkan, apa keistimewaan Mazda MX-5 dan Mazda CX-9 terbaru. Berikut ini penjelasan singkatnya:

Mazda MX-5

Mazda MX-5 terbaru resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp799,8 juta. Mobil berjenis roadster ini tidak mengalami perubahan besar, perusahaan hanya fokus pada peningkatan performa mesin SKYACTIV-G 2.0. Selain itu ada sentuhan dikit pada tampilannya serta pemangkasan bobot total mobil.

Mazda MX-5 (Foto: Santo/Carmudi)

Sumber tenaga Mazda MX-5 berasal dari mesin 4 slinder SKYACTIV-G 2.0 yang dimiliki tenaga lebih kuat 13 ps dibanding model sebelumnya atau sebesar 183 PS pada 7.500 rpm (sebelumnya 6.800 rpm) dan torsi puncak naik 5 Nm menjadi 205 Nm.

Peningkatan performa mesin Mazda MX-5 didapat berkat peggunaan piston dan connnecting rods yang lebih ringan, injeksi bahan bakar bertekanan lebih tinggi serta desain ulang saluran intake. Flywheel baru juga digunakan untuk memberikan respon mesin lebih cepat dan sistem saluran pembuangan baru juga sekaligus menghasilkan output suara mesin yang lebih sporty.

Menyalurkkan tenaga baru baru dari mesin MX-5 ke roda penggerak belakang, Mazda masih menggunaka transmisi otomatis 6 percepatan.

Dari segi penampilannya, sekilas memang tidak tampak jelas adanya perubahan. Mazda hanya memasangkan velg desain baru berukuran 17 inci dengan balutan warna Black Glossy yang menjadikan tampil lebih sporty. Sementara interiornya, Mazda memasangkan sistem kemudi teleskopik untuk pertama kalinya pada MX-5.

Mesin Mazda MX-5 (Foto: Santo/Carmudi)

Di samping perubahan kecil tadi, Mazda masih menyematkan fitur keselamatan standar yang diberinama i-ACTIVSENSE. Teknologi i-ACTIVSENSE yang diusung MX-5 ini antara lain, Adaptive LED Headlight (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM) & Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Lane Departure Warning System (LDWS).

Mazda CX-9

Perubahan terbaru yang dimiliki Mazda CX-9 terbaru ini terfokus pada penambahan fitur kenyamanan bagi pengendara dan penumpangnya. Mazda CX-9 terbaru sudah dilengkapi dengan jok berventilasi yang memungkinkan pengendara dan penumpang mendapatkan suhu sejuk selama berkendara.

Selain itu, Mazda juga memberikan peningkatan pada NVH (Noise Vibration and Harshness) sehingga memberikan pengendaraan yang semakin nyaman bagi para penumpangnya.

Kabin Mazda CX-9 (Foto: Santo/Carmudi)

Mazda juga memberikan pembaruan pada perangkat hiburan dibagian kabin dengan menambahkan 12 speaker dan Sub-woofer. Kini head unit CX-9 terbaru juga sudah bisa dikoneksikan ke Apple CarPlay dan Android Auto agar dapat disambungkan dengan smartphone.

Perubahan lainnya seperti head unit yang sudah dibekali fitur Top View Monitor sehingga dapat menampilkan posisi mobil dalam format kamera 360 derajat yang dapat mempermudah proses berkendara terutama saat bermanuver di kepadatan lalu-lintas maupun saat parkir.

Mobil yang dibawa utuh dari Jepang ini juga telah dirancang untuk melindungi penumpang di kabin dari cedera parah dengan menyematkan sistem keselamatan seperti, Adaptive LED Headlights (ALH), Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross-Traffic Alert (RCTA), Lane-Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Smart City Brake Support [Forward/Reverse] (SCBS F/R), Driver Attention Alert (DAA), Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS), dan Antilock Brake System (ABS).

Kamera 360 derajat (Foto: Santo/Carmudi)

Baca juga: Harga Mobil Mazda Belum Naik Meski Dolar Menguat

“Ada tiga hal yang penting dalam perubahan di Mazda CX-9 yaitu satu mulai ada kamera 360 derajat, kedua mobil ini sekarang bisa terkonelsi ke Apple CarPlay dan Android Auto, ketiga kursi depan jadi pengendara maupun penumpang depan begitu masuk mobil bisa menyalakan AC (penyejuk udara) di kursi itu ada pori-pori di dudukan dan sanderan itu bisa mengeluaran air dingin.

Kalau Mazda MX-5 hanya ada perubahan di mesin ada settingnan tambah sedikit tenaga, sedangkan mesinnnya masih mengunakan yang lama,” tutur Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT EMI, di sela peluncuran Mazda MX-5 dan Mazda CX-9 terbaru di Jakarta, Sabtu (20/10).(dol)

Brio Satya
Previous post
10 Rincian Perbedaan All new Honda Brio Satya dan Tipe RS
ekspor all new suzuki ertiga
Next post
Ekspor All New Suzuki Ertiga ke Filipina, Siap Tembus Target 12.000 Unit