Berita

Segera Meluncur di Indonesia, Ini Hasil Uji Keselamatan Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky (Foto: Daihatsu)

Jakarta – Sebagai pendatang baru di Jepang, Daihatsu Rocky wajib menjalani uji keselamatan. Tujuannya untuk memastikan apakah produk baru tersebut memiliki tingkat keamanan dan keselamatan yang baik dalam melindungi para penumpang di kabin mobil atau bahkan sebaliknya.

Baru-baru ini Daihatsu Motor Co., Ltd Jepang mengumumkan bahwa Daihatsu Rocky berhasil meraih rating tertinggi yakni bintang 5 dalam uji keselamatan kendaraan yang dilakukan oleh Japan New Car Assessment Program (JNCAP).

Setidaknya ada tiga aspek utama yang menjadi penilaian JNCAP meliputi perlindungan terhadap penumpang, perlindungan bagi pejalan kaki, dan pengingat sabuk pengaman.

Daihatsu Rocky dibangun menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), dan telah dilengkapi dengan teknologi keamanan terkini untuk menghindari tabrakan yaitu Smart Assist System. Teknologi ini pula lah yang menjadikan Rocky sebagai kendaraan dengan tingkat keselamatan tertinggi.

Selain itu, Rocky juga memiliki desain yang tangguh, kabin interior luas, kemampuan manuver yang handal, sehingga mobil ini cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Dengan capaian positif dari Rocky ini, Daihatsu telah mendapat rating bintang 5 sebagai mobil teraman untuk kedua kalinya. Sebelumnya mobil kompak Daihatsu Boon telah meraih rating serupa pada 2016 lalu.

Meluncur di Indonesia Tahun Depan

Tak cuma diperuntukkan bagi pasar Jepang saja, Daihatsu Rocky juga bakal diluncurkan di Indonesia. Peluncurannya akan dilakukan tahun depan.

“Daihatsu Rocky produk kedua dari DNGA yang akan disebut Rocky A-SUV, direncanakan akan diperkenalkan di Indonesia pada 2021,” ungkap Ashitani dalam kata sambutannya di acara Daihatsu National Technical Skill Contest 2020 beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, Daihatsu Rocky punya tiga fitur utama dan paling baru yang dimiliki oleh Daihatsu.

Interior Daihatsu Rocky (Foto: Daihatsu)

“Pertama, platform DNGA, hal yang baru untuk pasar luar negeri kami. Kedua, transmisi D-CVT, CVT yang digerakkan oleh sabuk dan roda gigi pertama di dunia, dan ketiga teknologi keselamatan yang canggih,” terangya.

Seperti diketahui, Daihatsu Rocky merupakan proyek kerjasama dengan Toyota. Di kubu Toyota mobil tersebut diberinama Toyota Raize.

Daihatsu Rocky memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm dengan wheelbase 2.525 mm.

Mobil ini dibekali mesin 1.0 liter berkonfigurasi tiga silinder segaris DOHC, intercooler turbo. Tenaga yang dihasilkan sebesar 96 Hp pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada 4.000 Rpm.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Saat Masa New Normal, Lamborghini Huracan Evo Meluncur di Indonesia

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts