Berita

Segera Meluncur, Ini 5 Fakta Menarik Nissan Leaf yang Perlu Diketahui

JakartaNissan Leaf segera meluncur di Indonesia, hal ini ditandai dengan dibukanya keran pemesanan mobil listrik ini melalui jaringan diler yang ada di wilayah Jakarta dan Bekasi.

Leaf menjadi salah satu bukti keseriusan Nissan dalam menghadirkan mobilitas ramah lingkungan, sekaligus mendukung program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang digulirkan oleh pemerintah Indonesia sejak 2019 lalu.

Nissan Leaf Segera Meluncur

Nissan Leaf segera meluncur di Indonesia dalam waktu dekat (Foto: NMI)

Salah satu mobil listrik terlaris di dunia ini, tidak hanya menawarkan zero emission, tapi juga menghadirkan teknologi canggih yang mampu memberikan pengalaman berkendara menyenangkan.

Sambil menunggu kepastian jadwal peluncuran di Indonesia, simak dahulu 5 fakta menarik Nissan Leaf yang wajib Carmudian ketahui.

Baterai

Mobil listrik Nissan Leaf yang akan dipasarkan di Indonesia menggunakan baterai lithium-ion 40 kWh.

Hasil tes New European Driving Cycle (NEDC) menunjukkan baterai tersebut mampu membawa Leaf berjelajah hingga 311 km hanya dalam sekali pengisian daya.

Jarak tempuh yang cukup panjang tentunya memberikan kesenangan dalam berkendara.

Mobil ini dibekali pula motor listrik sebagai penggerak roda yang menyuguhkan tenaga sekuat 147 hp dan torsi maksimal 320 Nm.

Nissan Leaf Segera Meluncur

Segera meluncur, Nissan sudah buka keran pemesanan Leaf (Foto: Carmudi)

Satu Pedal

Umumnya mobil memiliki dua atau tiga pedal, tapi di Nissan Leaf hanya ada satu pedal saja, mereka memberinya nama e-Pedal.

Lewat penggunaan e-Pedal memungkinkan pengemudi melakukan akselerasi, deselerasi, dan berhenti menggunakan satu pedal saja.

Cara kerjanya cukup sederhana, ketika pengemudi ingin menambah kecepatan laju kendaraan injak atau tekan pedal secara perlahan. Sebaliknya, jika ingin memperlambat laju kendaraan atau berhenti lepaskan kaki dari pedal secara perlahan.

Saat tekanan kaki ke pedal berkurang, maka rem regeneratif dan friksi akan bekerja secara otomatis, membuat mobil berhenti total.

Teknologi Keselamatan Canggih

Sama seperti mobil baru Nissan lainnya, Leaf juga telah dibekali serangkaian teknologi keselamatan canggih yang dinamai Nissan Safety Shield.

Adapun teknologi keselamatan yang terdapat di Leaf, antara lain Forward Collision Warning, Forward Emergency Braking, Intelligent Around View Monitor dengan Moving Object Detection, dan Driver Alert Assist.

Motor dan Mobil Listrik

2050, Indonesia menargetkan hanya menjual sepeda motor dan mobil listrik (Foto: Carmudi)

Desain Eksterior

Desain eksterior Nissan Leaf punya tampilan yang menawan berkat penyematan lampu utama berbentuk bumerang serta gril V-motion.

Menambah cantik bagian luar mobil, Nissan menghadirkan warna biru jernih pada bagian gril dan bumper belakang.

Dua Tipe

Nissan Leaf untuk pasar Indonesia tersedia dalam dua pilihan tipe. Keduanya hanya dibedakan berdasarkan pilihan warna saja dan harganya pun berbeda.

Khusus Leaf tipe one tone dibanderol Rp649 juta, sedangkan Leaf dual tone seharga Rp651 juta on the road (OTR) Jakarta.

Konsumen sudah bisa memesan pesaing Hyundai Ioniq Electric ini di diler tertentu, seperti diler Nissan MT. Haryono, Nissan TB Simatupang, Nissan Puri Indah, Nissan Roxy, dan Nissan Bekasi Barat.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts