Segmen LCGC, Toyota Calya Paling Laris dan Karimun Wagon Sepi Peminat
Jakarta – Seperti diberitakan sebelumnya hingga Agustus 2017 penjualan mobil di Indonesia mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya.
Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) wholesale (penjualan dari pabrik ke dealer) untuk roda empat naik 13,2%, dari 85.217 unit di Juli 2017 menjadi 96.461 unit pada Agustus 2017.
Pencapainan ini masih didominasi produsen asal Jepang dimana merek Toyota menjadi produsen paling banyak. Mampu menjual produknya dengan mencatatkan penjualan 34.690 unit.
Bila ditotal dihitung mulai awal Januarai hingga Agustus 2017 mobil baru yang yang terjual sebanyak 715.291.
Ya, dalam cacatan angka ini GAIKINDO hanya butuh angka sekitar 384.709 unit lagi untuk mencapai target 1,1 juta hingga akhir tahun. Bila kondisi ekonomi dan kondisi lainnya stabil, tak pelak target ini akan bisa di capai untuk kebutuhan lokal.
Kontribusi Penjualan Mobil LCGC
Penjualan mobil baru hingga Agustus 2017 mengalami peningkatan, termasuk dialami di segmen Low Cost Green Car (LCGC) yang juga sebagai salah satu kontributor penjualan. Mobil LCGC masih cukup banyak diminati konsumen karena terkait harganya yang tak terlalu mahal.
Namun bila berbicara merek apa yang paling laris, jawabannya sudah pasti yaitu Toyota Calya. Salah satu merek Jepang yang masih menjadi raja ini mampu membukukan penjualan Toyota Calya di Agustus 2017 sebanyak 5.992 unit.
Angka ini merupakan data wholesales dari GAIKINDO, dimana mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya yang hanya 5.572 unit dari semua varian.
Semetara di posisi ke dua masih dibayangi oleh rekan satu pabriknya yaitu Daihatsu Sigra. Dimana hanya mampu mencatat penjualan 5.473 unit.
Bila berbicara mobil LCGC sudah pasti Toyota juga mempunyai Agya yang kali ini membukukan penjualan sebanyak 3.303 unit. Sementara merek lain di segmen yang sama seperti Honda Brio Satya mampu membukukan 3.279 unit, Daihatsu Ayla 1.231 unit.
Sementara pencapaian di bawah 1.000 unit ada Datsun GO+ Panca 839 unit, Datsun GO Panca 301 unit, dan Suzuki Karimun Wagon R 222 unit. Rupanya LCGC dari Suzuki sudah kehilangan “tajinya” untuk menarik minat konsumen di segmen ini, solusinya harus berdandan lagi.