Home » Berita » Sejak Dulu Suzuki Carry Pick-Up Anti “Bonyok” Hingga Sekarang

Sejak Dulu Suzuki Carry Pick-Up Anti “Bonyok” Hingga Sekarang

Jakarta – Bagi pelaku bisnis siapa yang tidak kenal dengan Suzuki Carry ? Mobil yang bisa disebut sang Legenda ini sempat merajai jalanan Indonesia di era 80 -90 an baik untuk kendaraan niaga maupun penumpang.  Bahkan Suzuki Carry yang “melegenda” ini masih bisa dijumpai di jalanan terutama dalam bentuk angkot , pick up dan minibus.

Ya, dikalangan pengusaha mobil ini dikenal anti “bonyok” dalam hal perawatan dan biayanya murah, ini yang menambah keuntungan. Suzuki Carry memang terkenal tak gampang rusak, adapun itu biasanya sparepartnya aus perlu diganti. Tak sulit untuk mendapatkan spare part Suzuki Carry dipasaran.

Pada jenis pick-up kendaraan komersil yang melegenda di Indonesia ini telah hadir sejak tahun 1976. Ini artinya sudah sekitar empat dekade, Suzuki Carry Pick Up menjadi andalan konsumen Indonesia.

Dalam perkembangannya, kini generasi baru Suzuki Carry pick-up berevolusi menjadi mitra usaha konsumen dengan tampilan dan fitur kekinian. Ya, pihak Suzuki menyematkan beberapa perubahan namun tampilan depannya masih mempertahankan kesederhanaan desain.

Desain Baru

Di ajang IIMS 2019, Suzuki resmi meluncurkan Carry pick-up terbaru dengan beberapa model. Pengunjung dapat melihat Carry baru ini dengan model ambulans, angkutan umum, mobil boks, hingga mobil toko (moko). Banyak perubahan dilakukan pihak Suzuki di Indonesia untuk generasi baru Carry Pick-up. Mulai dari desain, mesin hingga fitur baru yang diberikan.

Bila dilihat keseluruhan tampilan bodi generasi baru Suzuki Carry pick-up lebih besar dibanding model sebelumnya. Sementara pada bagian depan terlihat lebih lebar. Secara otomatis bak belakang akan lebih banyak memuat banyak barang, ini menjadi salah satu point penting bagi pengusaha.

Carry-Ambulan
Suzuki Carry yang dimanfaatkan untuk ambulan. Foto/Carmudi.

Masih bercirikan mobil komersial dengan lampu kotak pada bagian kanan dan kiri. Terdapat grill garis hitam tebal dan ditengahnya terpasang logo huruf S. Suzuki Carry pick-up generasi anyar mendapatkan mesin baru (K15B-C).  Mesin ini sudah Euro4, sedangkan dalam kabin sudah dilengkapi dengan penyejuk udara AC serta head unit single din.

Selain kabin lebih lebar, juga mempunyai tempat penyimpanan barang cukup banyak dengan penambahan kompartemen. Sistem pengemudinya sudah power steering membuat lebih nyaman.

Paling tak terduga adalah mobil Suzuki Carry pick-up generasi baru ini telah dilengkapi dengan immobilizer. Sangat jarang kendaraan pick up atau kendaraan komersial yang di jual di Indonesia mempunyai fitur ini. Ya, rupanya strategi Suzuki di segmen ini tidak main-main.

Melegenda dan Paling Diminati karena Perawatan Hemat

Seperti diketahui hingga saat ini Suzuki Carry pick-up mampu bertahan. Salah satu indikator masih diminati adalah biaya perawatan mobil niaga ringan ini terbilang terjangkau dan hemat.

Keunggulan ini menjadi nilai kepemilikian dengan harga jual tinggi, sehingga menjadikannya kendaraan usaha sekaligus investasi yang menguntungkan. Bagi para pelaku usaha yang memperhatikan segi ekonomis hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi konsumen dalam memaksimalkan kegiatan usaha.

Menurut pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) keseluruhan biaya perawatan berkala Carry Pick Up hingga 50.000 km hanya sekitar Rp2,3 juta. Ini sudah meliputi layanan jasa, suku cadang, dan Suzuki Genuine Oil (SGO). Pada jarak 1.000 km, perawatan berkala pertama tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.

Sedangkan biaya servis pada kelipatan 10.000 km dengan jarak mulai dari 10.000 km sampai 50.000 km, seluruh biaya jasa gratis. Pelanggan cukup membayar biaya perawatan yang hanya berkisar Rp300.000 hingga Rp900.000 tiap melakukan perawatan.

Harus diketahui biaya perawatan berkala ini tidak termasuk biaya operasional kendaraan sehari-hari dan biaya tidak terduga lainnya. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Hal di atas menjadi salah satu faktor kepercayaan pelanggan memilih Carry Pick Up sebagai kendaraan andalan. Semenjak peluncurannya di Indonesia, Carry Pick Up telah melewati perjalanan panjang dengan peningkatan kualitas performa dan fitur kendaraan mulai dari dimensi, wheelbase, ukuran bak, hingga kapasitas mesin. Bahkan penjualan mobil legendaris ini pun terus mencatatkan tren positif bagi pihak SIS setiap tahunnya.

Fakta Suzuki New Carry Pick Up

SPESIFIKASI UMUM SUZUKI NEW CARRY PICK UP
DESKRIPSISATUANNEW CARRY PICK UP
FLAT DECKFD AC/POWER STEERINGWIDE DECKWD AC/ POWER STEERING
Dimensi Kendaraan
Panjangmm4.1954.195
Lebarmm1.6751.765
Tinggimm1.8701.910
Jarak Poros Rodamm2.205
Radius putar minimummm4.375
Ukuran Ban165/80R13
Dimensi Bak Muatan
Panjangmm2.5052.505
Lebarmm1.6651.745
Tinggimm360425
Mesin
Tipe MesinK15B, DOHC 16 Valve
Kapasitas Mesincc1.462
TenagaPs @rpm97 @5.600
TorsiNm @rpm135 @4.400
Tipe Pengereman
Rem DepanDisc
Rem BelakangDrum
Tipe Suspensi
DepanMacpherson strut
BelakangLeaf Rigid Axle
Transmisi
Manual 5-percepatan
Varian Warna
·  Real Black

·  Superior White

·  Silky Silver

Perbandingan Spesifikasi

PERBANDINGAN FITUR SUZUKI NEW CARRY PICK UP
NOFITURNew Carry Pick UpCarry Pick Up (2017)Mega Carry PU (2017)
1Air Conditioner (AC)
2Power Steering (PS)
3Tempat Penyimpanan Barang·  6 item (AC)

·  10 item (non-AC)

5 item7 item
4Head Unit 1 Din
5Immobilizer
6Pengait Barang·  Flat Deck: 12 pengait (10 atas, 2 bawah)

·  Wide Deck: 22 pengait (12 atas, 10 bawah)

10 Atas·  10 Atas

·  8 Bawah

7Sliding Seat Pengemudi
8Jumlah Penumpang3 orang2 orang2 orang
9Posisi TransimisiDashboardSeatSeat
10Assist Grip222
Land Rover Discovery 5 terbaru
Previous post
Land Rover Discovery Incar Konsumen Usia Muda
Pemenang Kontes Legenda Carry
Next post
Berawal dari Suzuki Truntung menjadi New Carry Pick Up yang Tetap Laris