Berita

Sejak Satu Dekade Lalu, Isuzu Telah Penuhi Standar Emisi Euro 4

TANGERANG – Penerapan kebijakan pemerintah tentang standar emisi Euro 4, ternyata ditanggapi pabrikan Isuzu secara tenang.

Hal itu dilatari dengan kepercayaan diri, PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) selaku pemegang merek Isuzu di Indonesia dengan semua jajaran produknya yang pasti bisa lewati tes emisi Euro 4.

Tidak hanya itu, produk Isuzu Indonesia yakni mesin commonrail sudah ada sejak 10 tahun silam. Persisnya pada peluncuran truk dari Isuzu yang bernama Giga pada tahun 2011 silam.

Hal itu dikatakan Product Development Division Head PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) Tonton Eko dalam diskusi bertajuk “Isuzu Euro 4 Ready: Kesiapan Bahan Bakar Dalam Implementasi Kebijakan Euro 4 Pada Mesin Diesel” di booth Isuzu pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Jumat (12/11).

Mesin Commonrail Isuzu

Uji emisi Isuzu

Layanan Bengkel Resmi Astra Isuzu yang melayani Uji Emisi (Foto: Astra Isuzu)

Lebih lanjut Tonton menjelaskan, mesin commonrail Isuzu ini juga dipakai untuk Isuzu Elf NMR 81 pada tahun 2018 silam. Lalu juga tetap dipakai untuk model Isuzu Traga yang akan diekspor ke Filipina pada 2019 lalu.

Tonton menyimpulkankan, bahwa teknologi atau DNA Isuzu yang irit bahan bakar. Hal itu diyakini mapu membuat biaya operasional pemilik kendaraan Isuzu akan semakin dapat ditekan.

Terbukti dari sisi tes performa yang menunjukkan bahwa konsumsi bahan bakar unit Euro 4 pada kendaraan Isuzu lebih irit, ketimbang unit Euro 2 Isuzu.

Namun, dalam penggunaan aktual di konsumen, mungkin hasil bisa berbeda karena dipengaruhi cara berkendara, berat muatan, jenis jalan, dan medan.

“Pengalaman Isuzu 10 tahun dengan mesin commonrail membuktikan kalau produk Isuzu diterima dengan baik oleh masyarakat dan mekanik Isuzu juga sudah lebih siap. Begitu juga dengan penyediaan suku cadang,” jelas Tonton.

Isuzu Siap Bantu Pemerintah

Dalam kesempatan terpisah, Vice President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Jap Ernando Demily mengatakan, Isuzu selalu siap bekerja sama dengan pemerintah.

Bentuk partisipasinya dengan cara mendukung implementasi peraturan atau regulasi. Termasuk implementasi standar Euro 4. Jap Ernando juga memastikan, mulai April 2022, seluruh pabrik Isuzu di Indonesia akan memproduksi mesin sesuai standar Euro 4.

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts