Mobil

Sejarah Alfa Romeo, Produsen Mobil dengan Hasrat Balap yang Kental

Mendengar sejarah merek otomotif asal Italia, Alfa Romeo, pasti sudah tak asing lagi bagi para petrol head di seluruh dunia. Yang terlintas di benak para penggila otomotif pasti tentang desain yang klasik. Tak hanya itu, sejarah Alfa Romeo di dunia balap juga dibilang cukup cemerlang. Nah, kali ini kami akan sedikit menceritakan sejarah Alfa Romeo untuk kalian semua.

Tulisan pena sejarah Alfa Romeo tersebut dimulai pada 24 Juni tahun 1910 silam. Alexandre Darracq, seorang pria berkebangsaan Prancis yang pertama kali mendirikan perusahaan bernama Società Anonima Italiana Darracq (SAID) tahun 1906. Darracq tidak sendirian, ia dibantu dengan beberapa aristokrat berkebangsaan Italia dalam mendirikan perusahaan ini. Salah satunya adalah Cavaliere Ugo Stella yang berasal dari Milan, Italia.

Tiga tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1909, Darracq menjalin kerjasama dengan Giuseppe Merosi untuk mendesain sebuah mobil baru. Setelah berdiskusi secara detil, mereka pun sepakat menggunakan nama Anonima Lombarda Fabbrica Automobili (A.L.F.A) pada perusahaannya ini. Roda pun terus berjalan, waktu juga semakin cepat berlalu hingga akhirnya mereka berdua menciptakan mobil perdana mereka dengan nama 1910 24 HP yang didesain secara langsung oleh Merosi.

Sejarah Alfa Romeo

Agar nama ALFA semakin terkenal dan diketahui oleh masyarakat luas, mereka pun sepakat untuk menerjunkan merek ini ke dunia balap. Kendaraan 24 HP ini menjadi kendaraan perdana yang digunakan oleh perusahaan untuk terjun di ajang balap. Kala itu ALFA memproduksi 24 HP dengan spesifikasi mesin 4 silinder, DOHC, empat katup per silinder dengan pengapian kembar yang digunakan. Namun sayang, perang Dunia pertama membuat perusahaan ini untuk menghentikan aktifitasnya sementara.

Asal Nama Romeo

Kala itu, ajang yang menjadi balapan perdana diikuti oleh ALFA adalah Targa Florio dengan pembalapnya Franchini dan Ronzoni pada tahun 1911. Empat tahun berselang, di bulan Agustus 1915, perusahaan tersebut akhirnya berkembang di bawah asuhan oleh Nicola Romeo. Romeo mengubah pabrik yang semula memproduksi kebutuhan perangkat keras menjadi pabrik militer untuk upaya perang Italia dan sekutu.

Secara de facto, perusahaan ini resmi membuat mobil pada tahun 1920. Kala itu Giuseppe Merosi mendesain mobil perdana bernama Torpede 20-30 Hp. Di tahun ini juga perusahaan ALFA resmi mengganti nama menjadi Alfa Romeo. Mobil yang didesain oleh Merosi diikutsertakan di ajang balap Targa Florio dengan pembalap muda yang kini namanya harum menjadi sejarah dan legenda dari merek Ferrari, Enzo Ferrari.

Sejarah Alfa Romeo

Enzo tidak turun sendirian, ia ditemani dengan Giuseppe Campari. Atas keberhasilan tersebut Merosi terus dijadikan sebagai Kepala Desain dari perusahaan dan terus memproduksi mobil balap yang cukup sukses. Di tahun 1923, Vittorio Jano ditarik dari Fiat atas dorongan dari Enzo Ferrari untuk menggantikan Merosi sebagai Kepala Desain dari Alfa Romeo.

Mobil pertama yang diciptakan oleh Jano adalah P2 Grand Prix yang mencetak sejarah sebagai mobil pertama Alfa Romeo yang menjadi juara di kejuaraan dunia untuk mobil Grand Prix pada tahun 1925.

Desain konstruksi yang dibuat oleh Jano terbukti handal dan kuat di trek balap. Enzo Ferrari yang kala itu menjabat sebagai manajer tim mengatakan jika tim ini memang lebih baik dibandingkan dengan pembalapnya sendiri.

Ketika tim balap dari pabrik mulai bersifat privat atau perorangan, Enzo pun meninggalkan Alfa Romeo dan mendirikan tim balap bernama Scuderia Ferrari dan melanjutkan untuk membangun sebuah merk mobilnya sendiri dengan nama Ferrari.

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts

/