Home » Mobil » Sejarah Panjang Range Rover, SUV Tangguh Andalan Kerajaan Inggris

Sejarah Panjang Range Rover, SUV Tangguh Andalan Kerajaan Inggris

Sosok Range Rover dalam sejarahnya hadir untuk memenuhi hasrat kemewahan (Foto: Carmudi)

Jakarta – Kalian semua mungkin ada yang tidak kenal Range Rover. Wajar saja, sebab merek asal Inggris ini hanya menyediakan mobil mewah dari jenis SUV. Dalam sejarah, Range Rover sebenarnya hadir untuk kalangan petani dan pekerja di kawasan Britania Raya.

Terakhir, Range Rover memperkenalkan model terbarunya di Indonesia yaitu Range Rover Evoque pada tahun lalu dengan banderol Rp 1,7 miliar. Lantas, apa istimewanya mobil asal kampung halaman David Beckham tersebut?

Sudah sejak lama, Land Rover selaku perusahaan induk Range Rover piawai dalam membangun mobil SUV tangguh. Ciri khas pabrikan asal Solihull, Inggris, tersebut ialah produk dengan kemampuan offroad mumpuni, dengan penggerak 4X4. Tidak cuma tangguh, lini produknya juga harus serba guna.

Pada awalnya, Land Rover hanya menyediakan kendaraan offroad serba guna yang juga digunakan oleh kalangan militer. Pada perkembangannya, masyarakat Inggris butuh kendaraan yang lebih baik untuk mendukung aktivitas keluarga. Kebutuhan akan SUV yang mewah dan nyaman menjadi alasan dibalik lahirnya Range Rover pada tahun 1970.

Range Rover didesain oleh Gordon Bashford dan Spen King. Sosoknya yang dinamis dan multifungsi membuat Range Rover digemari di penjuru Britania Raya. Dari mulai kendaraan pribadi, hingga kendaraan kalangan Kerajaan di Inggris saat itu banyak menggunakan Range Rover Classic.

Eksistensi Range Rover Classic bertahan cukup lama, yakni dari tahun 1970-1996. Memasuki era 90an, gempuran teknologi yang menjangkiti dunia otomotif membuat Range Rover pun berbenah. Alhasil pada tahun 1994, Range Rover hadir dengan generasi terbaru. Lini produknya pun kian variatif mengikuti kebutuhan kalangan menengah atas di Eropa.

Dengan teknologi dan sistem dapur pacu yang diturunkan dari BMW, Range Rover langsung melesat menjadi salah satu SUV mewah terbaik di dunia. Range Rover pun terbagi lagi dalam beberapa model dan varian seperti Range Rover Sport, Range Rover Vogue, Range Rover Velar, atau Range Rover Evoque.

Range Rover, Mobil Andalan Ratu Inggris

Ratu Elizabeth II sejak lama jadi penghobi Range Rover (foto: Pinterest)

Dengan karakternya yang nyaman, mewah, namun tetap tangguh, Range Rover dipercaya sebagai mobil pribadi pucuk pimpinan Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II memiliki Range Rover untuk menunjang mobilitas pribadi mereka kala waktu luang.

Sekalipun usianya sudah nyaris satu abad, baik Ratu Elizabeth II atau Pangeran Philips masih gemar mengendarai mobil sendiri. Sedikit berbeda dengan Ratu Elizabeth II, Pangeran Philips memilih produk Land Rover untuk aktivitas harian.

Pangeran Philips, sebagaimana dikutip BBC pada awal 2019 lalu sempat mengalami kecelakaan saat mengemudikan Land Rover Freelander 2. Pria berusia 97 tahun itu bertabrakan dengan mobil Kia yang ditumpangi dua perempuan. Pria bergelar Duke of Edinburgh dilaporkan tidak mengalami cidera atau luka sekalipun Range Rover miliknya ringsek dan terbalik.

Sudah sejak lama, Elizabeth II menggemari produk keluaran Land Rover, termasuk juga Range Rover. Menurut sejarah, kecintaannya terhadap Range Rover diawali dengan kegemarannya terhadap produk Land Rover yang diturunkan oleh King Edward, Raja Inggris saat itu. Ratu Inggris ini bahkan sering menikmati waktu luang dengan berkendara di kawasan Sandringham atau Balmoral.

Ratu Elizabeth II Gemar Mengemudi Range Rover Sendirian

Range Rover Landaulet, mobil kenegaraaan Ratu Inggris (foto: Pinterest)

Adapun Ratu Elizabeth memiliki beberapa unit Range Range Rover yang berbeda variannya. Ada yang digunakan untuk kendaraan pribadi dan ada yang diciptakan khusus untuk upacara kenegaraan. Untuk upacara kenegaraan, Jaguar Land Rover pada 2015 membuat Range Rover Landaulet, yaitu mobil dengan atap yang bisa terbuka.

Sama seperti mobil parade kenegaraan lain, atap ini sengaja dibuat bisa terbuka agar Ratu bisa berdiri dan melambaikan tangan ke kerumunan. Selama parade, Ratu Elizabeth II berdiri didampingi oleh dua orang pengawal.

Range Rover menjadi mobil dengan sejarah panjang bagi Ratu Inggris (Foto: Pinterest)

Penguasa tertinggi Inggris Raya terakhir kali kedapatan menyetir mobil sendiri yaitu pada Januari lalu. Elizabeth II dengan wajah muram tertangkap kamera menyetir Range Rover berkelir hitam. Di saat yang sama, Ratu Elizabeth II muncul di hadapan publik untuk pertama kalinya sejak pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan mundur dari keluarga kerajaan.

(Foto: Pinterest)

Selama mengemudi, Ratu Elizabeth II terlihat menunjukkan ekspresi wajah yang muram dan hanya ditemani seekor anjing di jok belakang mobil. Perempuan 93 tahun itu memiliki kebiasaan sesekali mengemudi mobil sendiri di jalan umum dengan pengawalan.

Sebagai penguasa Inggris Raya, Ratu Elizabeth II malah tidak memiliki SIM. Menurut hukum Inggris, semua SIM yang dikeluarkan atas namanya, jadi dia tidak membutuhkannya. Elizabeth II memiliki wewenang diskresi yang mengecualikannya dari peraturan dan hukum yang mengatur jalan.

Lini Produk Range Rover di Indonesia

Sebagai merek premium, Range Rover sebenarnya bukan pemain baru di Indonesia. Land Rover sebagai perusahaan induknya bahkan sudah lama masuk ke Tanah Air melalui bendera Java Motors sejak 1949. PT Java Motors saat itu ditunjuk oleh The Rover Company Ltd, England sebagai Sole Distributor kendaraan dan suku cadang Land Rover di Indonesia.

Range Rover LWB Vogue SE
Range Rover LWB Vogue SE (foto: Google)

Sejarah model Range Rover dimulai pada 2002 dan terus berlanjut hingga saat ini. Range Rover kini menyediakan empat lini produk di Indonesia, antara lain:

  • Land Rover Range Rover
  • Range Rover Evoque
  • Land Rover Range Rover Velar
  • Land Rover Range Rover Sport

Sejarah Range Rover

Sebagai salah satu simbol mahakarya otomotif Britania Raya, Land Rover terus menunjukkan diri sebagai salah satu SUV terbaik di dunia. Tak hanya mengandalkan ketangguhan di segala medan, Land Rover juga memiliki salah satu lini produk yang dibuat dengan sentuhan kemewahan terbaik di dunia. Ya, lini tersebut adalah Range Rover.

Berdasarkan catatan sejarah, SUV ini hadir pertama kali pada 1970 yang didesain oleh Gordon Bashford dan Spen King. Range Rover hadir untuk memenuhi kebutuhan SUV yang mewah dan nyaman. Setelah sekian lama, Range Rover baru masuk ke Indonesia pada 2002.

Range Rover pada generasi ini menjadi salah satu mobil SUV yang populer di Indonesia. Terlebih, nuansa kemewahan yang tersaji pada SUV ini semakin meningkat dari generasi kedua. Alhasil, mobil ini menjadi langganan kaum jetset di Tanah Air.

Setelah merilis Range Rover, Land Rover kemudian merilis versi Sport dari SUV ini pada 2005. Range Rover Sport adalah versi sporty, versi kompak dari Land Rover Range Rover dengan performa yang lebih tinggi. Meskipun keduanya hadir sebagai SUV premium, tapi kesan tangguh dan sanggup menjelajah medan-medan offroad tetap dipertahankan Land Rover selaku produsen.

Dengan harga yang lebih terjangkau, masyarakat bisa merasakan teknologi offroad terbaik dari Range Rover serta nuansa sporty yang terpancar dari performa mesin yang lebih impresif. Baik Range Rover maupun Range Rover Sport sama-sama mendapat sambutan baik, tak hanya di dunia tapi juga di Indonesia.

Generasi Terkini Line Up Range Rover di Indonesia

Penjualan mobil Range Rover kini ditangani oleh PT Wahana Auto Ekamarga. Distributor tersebut menyediakan empat model Range Rover, termasuk di antaranya Velar dan Evoque. Agar tidak bingung, yuk kita intip versi terbaru dari masing-masing model.

Range Rover

Range Rover (foto: Land Rover Indonesia)

Lini tertua keluarga Range Rover yaitu belum ada embel-embel di belakangnya, namanya hanya ‘Range Rover’. Range Rover generasi terbaru diperkenalkan pada 2018 lalu dalam varian Short Wheelbase (SWB) dan Long Wheelbase (LWB) dengan mesin 3.0 liter. Versi 3.0 LWB hadir dengan kabin lega yang mempengaruhi aspek kenyamanan penumpang.

Range Rover hadir dengan Full Sheet Aluminium Iconic Clam Shell Bonet, desain gril termasuk bumper baru dan penggunaan lampu Matrix LED. Kursinya dapat dibaringkan hingga 40 derajat, sehingga bisa lebih rebah dan santai. Selain itu, ruang kaki juga bertambah 186 mm menjadi 1,206 mm untuk model LWB.

Adanya fitur Terrain Response milik Land Rover memberikan pilihan mudah bagi pengemudi dalam menghadapi rintangan di berbagai permukaan jalan.

Range Rover Sport

Range Rover Sport (foto: Land Rover Indonesia)

Model yang satu ini hadir dengan karakter yang lebih agresif dari Range Rover biasa, namun dengan harga yang lebih murah. Sekalipun pakai embel-embel “Sport”, namun mobil ini tetaplah SUV sejati dengan ground clearance tinggi dan penggerak 4X4. Penampilannya terkesan sporty karena pelek berdiameter besar dan desain apron di bumper depan.

Demi mendukung kinerja di medan offroad, mobil ini juga memiliki sensor Wade Sensing yang akan memberikan informasi kedalaman air yang Anda lewati. Range Rover Sport tentunya mumpuni di medan offroad terjal karena telah didukung fitur Brake Control, Stability Control, dan Hill Descent Control.

Range Rover Velar

Range Rover Velar (foto: Land Rover Indonesia)

Bila kita ingin melihat versi racing dari Range Rover Sport, bisa melihat sosok Range Rover Velar. Velar hadir pada 2017 lalu dengan desain sudut pilar C lebih membulat dan headlamp bergaya sipit. Kesan sporty diperkuat dengan gril bergaya honeycomb dan pelek berdiameter besar.

Secara posisi, Velar berada di antara Range Rover Evoque dan Range Rover Sport. Land Rover selaku produsen spesialis SUV tentunya tetap mempersiapkan mobil yang kokoh.

Range Rover Velar didukung fitur Touch Pro Dual Display hingga fitur keselamatan Stability Control. Fitur Front Impact Beam yang canggih membuat Velar mendapatkan hasil yang memuaskan dalam uji tabrak.

Range Rover Evoque

All New Range Rover Evoque. (Foto: Carmudi/Santo)

Model terakhir Range Rover yang tak kalah menarik untuk dibahas yaitu Evoque. PT WAE meluncurkan SUV kompak ini pada 2019 lalu. All New Range Rover Evoque merupakan generasi kedua yang sudah dibekali oleh berbagai spesifikasi jempolan.

Evoque mengusung desain yang bersih dan minimalis dipadukan dengan Flush Deployable Door Handle. Ciri khas desain coupe tetap dipertahankan dengan garis atap menurun. Atapnya bergaya floating roof dan sentuhan warna hitam.

interior dari All New Range Rover Evoque tampil lebih menawan menggunakan material Eucalyptus Textile and Ultrafabrics serta Kvadrat Premium Textile and Dinamica Suedecloth.

Nah, sudah tahu kan mengapa Range Rover harganya bisa mahal? Sejarah mobil ini sebagai andalan keluarga Kerajaan Inggris serta teknologi canggih membuatnya patut dimiliki kalangan atas.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Simak 7 Aksesoris Menarik yang Bisa Dipasang di Mobil Jeep

Previous post
Ini Alasan Honda Putuskan Stop Produksi BR-V
Next post
Tidak Banyak yang Tahu, Berikut 6 Hal Unik pada Toyota Agya Terbaru