Sepeda motor

Sejarah, Review Spesifikasi, dan Harga Ninja 250 Terbaru 2020

Jakarta – PT Kawasaki Motor Indonesia telah resmi meluncurkan Kawasaki Ninja 250 terbaru dengan daftar harga yang baru pula.

Melihat sejarahya, motor sport ini dirilis pertama kali di Indonesia pada 2008. Kini, Ninja 250 terbaru mendapatkan penyegaran pada bagian desain, rangka, serta mesinnya.

Kubikasi mesin Kawasaki Ninja 250 memang masih tetap 250 cc, namun tenaganya diklaim lebih besar dibandingkan model keluaran sebelumnya.

Ninja 250 tahun 2017 memiliki tenaga sebesar 31 Hp pada 11.000 Rpm dan torsi 21,5 Nm pada 10.000 Rpm, sedangkan Ninja 250 terbaru memiliki tenaga sebesar 38 Hp pada 12.500 Rpm dan torsi 23,5 Nm pada 10.000 Rpm.

Carmudi rangkum spesifikasi lengkap dan harga Ninja Kawasaki 250 terbaru sebagai berikut.

Spesifikasi Ninja Kawasaki 250 Terbaru

Dimensi

new kawasaki ninja 250

Media Test Ride New Kawasaki Ninja 250 di Sentul, Jawa Barat. (Foto: Carmudi)

Dari segi dimensi, Kawasaki Ninja 250 terbaru memiliki ukuran panjang 1.990 mm, lebar 710 mm, dan tinggi 1.125 mm.

Selain itu, motor ini memiliki ground clearance (jarak bodi bagian bawah dengan jalan) setinggi 145 mm dan sumbu roda berjarak 1.370 mm.

Di sisi lain, Ninja 250 terbaru terasa ringan dibawa berkendara karena hanya memiliki bobot seberat 167 kg.

Mesin

Kawasaki Ninja 250 terbaru dibekali mesin jenis Liquid-cooled, 4 stroke Parallel Twin. Seperti diketahui sebelumnya, mesin motor ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 38 Hp pada 12.500 Rpm dan torsi 23,5 Nm pada 10.000 Rpm.

Di sisi lain, mesin Ninja 250 terbaru juga sudah dilengkapi sistem pembakaran full injeksi dengan katup throttle ganda.

Selain bahan bakarnya jadi irit, sistem tersebut juga membuat motor ini nyaman digunakan karena dapat melaju stabil dengan kecepatan di atas 100 km/jam.

Sistem transmisinya sendiri, terdapat 6 gigi yang sudah disematkan untuk membantu mesin dalam menghasilkan akselerasi sangat cepat.

Menariknya, Ninja 250 terbaru turut dibekali teknologi slipper clutch yang berfungsi untuk mencegah terjadinya engine brake atau ban belakang terkunci.

Tidak hanya itu, Ninja 250 terbaru juga sudah dibekali dengan sebuah tangki bahan bakar yang dapat menampung sebanyak 14 liter. Pengemudi motor ini pun tidak perlu khawatir saat berkendara jarak yang jauh.

Desain

Kawasaki Ninja 250 terbaru diklaim lebih aerodinamis dibandingkan dengan model sebelumnya. Motor ini sudah dilengkapi dengan lampu depan berdesain tajam dan full LED pada bagian depan dan belakang yang memberikan kesan moge alias motor gede.

Pada bagian buritan, desain mengadaptasi Kawasaki Ninja ZX-10R dengan tail light LED.

Selain itu, tangki bahan bakarnya dibuat lebih ramping dari model sebelumnya. Ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi agar posisi kakinya bisa lebih menjepit.

Jika sebelumnya Ninja 250 memiliki kapasitas bensin sebesar 17 liter, kini menjadi 14 liter. Namun, tetap irit bahan bakar dengan konsumsi 1:25.

Jika tangki bahan bakarnya penuh, motor ini diklaim dapat dibawa berkendara sejauh 400 km. Pada bagian jok motor dibuat lebih tebal agar pengemudi bisa duduk dengan nyaman selama berkendara.

Khusus varian Special Edition (SE), disematkan single seater yang membuat tampilan Ninja 250 terbaru semakin stylish dan sporty.

Tidak hanya itu, terdapat knalpot yang didesain baru dan dibuat menjulang ke atas sehingga memperkuat kesan racing pada motor ini.

Spidometer

Spidometer Ninja 250. (Foto: Carmudi)

Selain memiliki desain yang terlihat stylish dan sporty, Kawasaki Ninja 250 terbaru juga memiliki spidometer dengan berbagai panel sangat informatif.

Panel-panel tersebut antara lain penunjuk kecepatan, penunjuk rotasi mesin, indikator bahan bakar, indikator lampu jarak jauh (High Beam), indikator gigi, indikator fuel injection, dan indikator lampu sein.

Dengan adanya panel-panel tersebut, dapat memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk memantau kondisi motornya selama berkendara.

Desain spidometernya pun terlihat mewah dan modern sehingga semakin membuat kepercayaan diri pengemudi meningkat saat berkendara.

Rangka dan Kaki-Kaki

Pada bagian suspensi, Kawasaki Ninja 250 terbaru sudah disematkan suspensi yang andal dan mumpuni. Pada bagian depan, motor ini mengandalkan suspensi tipe Telescopic Fork berukuran 41 mm, serta suspensi Bottom-Link Uni-Trak, gas-charged shock with adjustable preload pada bagian belakang.

Suspensi di bagian belakang tersebut memiliki 5 tingkat penyetelan yang dapat diatur ketinggiannya sesuai keinginan pengemudi.

Dengan adanya kedua suspensi ini, dapat meredam setiap getaran saat melalui medan jalan yang berlubang atau bergeronjal sekali pun.

Di sisi lain, pada bagian kaki-kaki, Ninja 250 terbaru memiliki ban depan berukuran 110/70-17 M/C 54H dan ban belakang 140/70-17 M/C 66H.

Tidak ketinggalan, motor ini tentunya juga memiliki pengereman yang mumpuni. Ninja 250 terbaru menggunakan rem depan Single semi-floating 310 mm petal disc dan Single 220 mm pedal disc untuk rem belakang.

Dengan dibekali kedua sistem pengereman tersebut, motor ini dapat dibawa berkendara dengan sangat aman dan nyaman.

Fitur

Kawasaki Ninja 250 terbaru telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih. Motor ini telah dilengkapi dengan teknologi slipper clutch, yakni sebuah teknologi yang diadopsi dari ajang balapan dan sangat berguna untuk mengurangi back torque atau engine brake saat gigi motor diturunkan secara cepat atau mendadak.

Selain itu, teknologi tersebut juga dapat mencegah ban belakang selip. Di sisi lain, Ninja 250 terbaru dilengkapi sistem pembakaran full injeksi dengan sistem pengapian digital sehingga konsumsi bahan bakarnya jadi lebih irit, ramah lingkungan, dan efisien.

Harga Kawasaki Ninja 250 Terbaru 2020

Carmudi rangkum harga Kawasaki Ninja 250 terbaru On The Road (OTR) Jakarta sebagai berikut.

  • Ninja 250 KRT Edition Rp65,4 juta
  • Ninja 250 ABS SE Smart Key Rp76,6 juta
  • Ninja 250 ABS SE MDP Smart Key Rp77,1 juta

Sejarah Kawasaki Ninja 250

Kawasaki Ninja 250 memang sudah tidak diragukan lagi popularitasnya di Indonesia. Namun, belum banyak yang tahu bahwa motor ini sudah ada sejak 1983.

Ini dia rangkuman sejarah Kawasaki Ninja dari generasi ke generasi.

Kawasaki GPZ250 (EX250C) – 1983

Ninja 250 tahun 1983. (Foto: gridoto)

GPZ250 belum dikenal karena hanya diluncurkan di negara asalnya, Jepang. Untuk bagian mesin, motor ini masih berpendingin udara meski sudah 2 silinder. Tidak hanya itu, desainnya juga belum menggunakan fairing.

Kawasaki GPZ250R (EX250E) – 1986

Motor ini disebut-sebut sebagai leluhur asli dari seluruh generasi Kawasaki Ninja 250 karena memiliki mesin yang masih digunakan sampai sekarang, yaitu 250cc, 2 silinder, DOHC dengan pendingan air.

Dirilis pada 1986, mesinnya dapat mengeluarkan tenaga sebesar 37,4 Hp dengan torsi 24,5 Nm.

Menariknya, pelek yang digunakan berukuran 16 inci sehingga GPZ250R terlihat ‘kontet’. Tidak hanya itu, motor ini pun ditawarkan dalam 35 pilihan warna.

Kawasaki GPX250R (EX250F) – 1987

Ninja 250 generasi ini diklaim sangat terlihat seperti ninja. Desainnya terlihat mirip seperti Ninja GPZ900R yang merupakan motor Ninja pertama.

Dirilis pada 1987, mesin yang digunakan masih sama dengan mesin milik model sebelumnya sehingga performanya juga sama dengan tenaga maksimal 37,4 Hp dan torsi sebesar 24 Nm, serta top speed 141,3 km/jam.

GPX250R-II (EX250G) – 1988

Ninja 250 tahun 1988. (Foto: gridoto)

Jika dilihat secara sekilas, tidak kelihatan bedanya dengan GPX250R. Perbedaanya hanya pada warna knalpotnya yang berwarna hitam, serta memiliki dual disc brake pada bagian depan, dimana GPX250R hanya memiliki satu disc brake.

Selain itu, pelek dan ban motor ini berukuran lebih lebar dibandingkan milik GPX250R.

Ninja 250R (EX250J) – 2008

Ini merupakan generasi Ninja 250 yang bisa dibilang paling membekas bagi para konsumen di Indonesia. Alasannya, motor ini menjadi pionir motor 250cc dua silinder di Tanah Air. Suara dua silindernya pun terkenal khas.

Namun untuk bagian mesin, motor ini memiliki performa yang lebih rendah jika dibandingkan dengan performa model-model sebelumnya.

Mesinnya hanya dapat mengeluarkan tenaga sebesar 30 Hp dan torsi 20 Nm.

Ninja 250 Fi (EX250L – EX250M) – 2013

Generasi Ninja 250 mulai dilengkapi dengan sistem pengabutan injeksi di tahun 2013. Desainnya pun diubah; mengikuti garis desain ZX Series, ZX-6R 636.

Model motor ini dinilai semakin memantapkan nama Ninja 250 di Indonesia. Menariknya, penjualan Ninja 250 Fi naik berkat salah satu film di sebuah televisi nasional dan jadi banyak diminati oleh para kawula muda.

New Ninja 250 (EX250) – 2017

Ninja 250 tahun 2017. (Foto: gridoto)

Motor ini mengalami penyegaran, khususnya pada bagian muka yang sudah mengadopsi lampu LED.

Selain itu, performanya mengalami peningkatan dengan memiliki tenaga mesin sebesar 38,4 Hp untuk mengalahkan rival terberatnya, Honda CBR250RR yang memiliki tenaga mesin 38,1 Hp.

Tidak hanya itu, mesinnya sudah menggunakan throttle body down draft dengan diameter 32 mm, serta air box yang lebih besar.

Di sisi lain, area kopling motor ini dilengkapi dengan assist dan slipper clutch, serta sasis yang didesain mirip H2 dan swing arm yang ringan.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga: Nih, Cara Gampang Upgrade Performa Kawasaki Ninja ZX-25R

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts