Home » Berita » Kupas Sejarah Yamaha Vixion, Motor Laki Pertama dengan Teknologi Injeksi

Kupas Sejarah Yamaha Vixion, Motor Laki Pertama dengan Teknologi Injeksi

Vixion Jadi Motor Yamaha Terlaris (Foto: Yamaha)

Jakarta – Segmen motor sport kini menjadi primadona selain motor matik. Motor ‘batangan’ baik naked atau ber-fairing memiliki kesan macho saat dikendarai. Salah satu motor sport terlaris dalam sejarah yang masih jadi favorit sampai saat ini adalah Yamaha Vixion.

Sejarah Yamaha Vixion pertama kali bermula pada 2007 dan kala itu menjadi sepeda motor laki pertama di Indonesia dengan menggunakan teknologi sistem injeksi bahan bakar. Vixion ini sebenarnya adalah versi pengembangan dari Jupiter MX. Sebab, konstruksi mesin yang digunakan secara umum mirip antara Vixion dengan Jupiter MX.

Sejak kali pertama dihadirkan, Yamaha V-Ixion hanya mengalami perubahan minor pada sisi desain. Sementara itu, sektor mekanis yang sama sekali tak pernah dijamah.  V-Ixion hanya mengandalkan tampilan desain bodi agar terlihat lebih dinamis, sporty, dan mencerminkan sebuah motor sport.

Untuk menggambarkan posisi Vixion, motor ini adalah model peralihan dari pengguna bebek (Yamaha Jupiter MX) yang ingin naik kelas memiliki Scorpio Z. Rancangan desain dan posisi berkendara pada Vixion juga diturunkan dari Scorpio Z yang terkenal nyaman.

Perjalanan Sejarah Yamaha Vixion di Indonesia

Yamaha Vixion Gen 1 dalam sejarahnya berhasil merajai penjualan

Yamaha Vixion ini termasuk sebagai model internasional karena dipasarkan di beberapa negara. Secara umum, nama resmi dari Vixion adalah MT-15 yang menjadi kode dari motor sport naked Yamaha. Tenaga dan kelincahan Vixion pun disukai semua kalangan baik dari anak muda atau pria dewasa.

Vixion generasi pertama hadir dengan konfigurasi 4 klep dengan camshaft/noken tunggal, bervolume silinder 149,8 cc dan bersistem injeksi bahan bakar. Teknologi injeksi pada Vixion meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator karena dapat mengontrol rasio pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih akurat.

Sejarah Yamaha Vixion terus berlanjut dengan penyegaran total pada 2012, di mana saat itu kubu ‘Garpu Tala’ berhasil mencatatkan penjualan Vixion sekitar 1 juta unit. Penyegaran ini dilakukan setelah selama lima tahun Vixion hanya melakukan beberapa perubahan warna maupun livery saja.

New V-Ixion Red Lightning

Yamaha V-Ixion ver 2.0 atau yang lebih dikenal sebagai New V-Ixion Lightining (NVL) diperkenalkan pada 15 Desember 2012 di Kota Bandung. Terdapat perubahan signifikan, di antaranya penambahan power mesin, penambahan rem cakram untuk roda belakang, suspensi baru yang lebih stabil, hingga mengubah desain secara keseluruhan.

Ubahan desain meliputi bentuk tangki bensin hingga ke bodi belakang, model lampu depan yang baru, hingga swing arm model baru dengan model kotak. Pada NVL ini punya sebutan yang cukup unik yaitu Vixion Shinchan karena desain headlamp yang cembung membulat mirip wajah tokoh kartun di film Crayon Shinchan.

Penggunaan roda depan ukuran 90/80 dan belakang 120/70 membuat penampilan NVL kian macho. Kemudian pada tahun 2015, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing merilis minor change yang dinamai New V-ixion Advance dengan 4 pilihan warna yaitu Putih, Hitam, Merah Hitam dan Hitam Merah.

Yamaha Vixion Generasi Ketiga

All New Vixion R Matte Red

Yamaha Vixion kembali diperbarui dengan hadirnya Yamaha All New Vixion dan Yamaha Vixion R bertepatan pada ajang IIMS 2017. Varian baru V-Ixion R menggunakan mesin serupa seperti yang digunakan All New R15. Lampu depan dan belakang berteknologi LED dengan model lampu yang agresif.

Kesan futuristik pun kian tampak begitu kuat dengan lekukan pada setiap sisi bodinya pun dirancang begitu tegas dan tajam. Tak kalah penting, mesin yang diusung Vixion R atau All New Vixion telah memenuhi standar Euro 3. Naked bike produksi Yamaha ini juga sudah dilengkapi dengan fitur canggih berupa lampu hazard untuk sinyal saat kondisi darurat.

Pada instrumen indikator LCD Yamaha Vixion terbaru sudah begitu canggih karena bisa menampilkan banyak informasi mengenai kondisi motor, antara lain seperti kecepatan yang dihitung rpm atau km/jam, indikator bahan bakar, posisi gigi/gir, dan jarak tempuh. Speedometer digital ini secara default punya sapaan humanis “HI BUDDY” yang dapat diubah sesuai nama pemilik.

Yamaha sangat serius menggarap motor sport terlaris mereka ini. Beberapa inovasi canggih ditanamkan pada All New Vixion dan Vixion R seperti fitur Assist & Slipper Clutch. Ini pertama kalinya dalam sejarah Yamaha Vixion dibekali slipper clutch yang bertujuan supaya pengoperasian kopling lebih ringan, perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi semakin cepat.

Sayangnya di saat pabrikan lain sudah bermain dengan mesin DOHC, Yamaha Vixion masih tetap mempertahankan mesin SOHC. Bagi sebagian orang, teknologi mesin Vixion dianggap ketinggalan zaman. Motor keluaran baru bermesin 150 cc sekarang ini umumnya telah memakai teknologi dua noken as untuk buka tutup katup.

Spesifikasi Mesin Vixion Generasi Ketiga

Berikut ini spesifikasi lengkap All New Vixion dan Vixion R:

  • Tipe Mesin 4 Langkah berpendingin cairan, SOHC
  • Jumlah/Posisi Silinder Silinder Tunggal/Tegak
  • Diameter x Langkah 0 x 58.7mm
  • Perbandingan Kompresi 10,4 : 1 (Vixion), 11.6:1 (Vixion R)
  • Daya Maksimum 12,2 kW / 8.500 rpm (Vixion), 14.2kW @ 10.000rpm (Vixion R)
  • Torsi Maksimum 14,5Nm @ 7.500rpm (Vixion), 14,7 Nm @ 8.500 rpm
  • Sistem Starter Elektrik starter & kickstarter
  • Sistem pelumasan Basah
  • Kapasitas Oli Mesin Total=1.15L; Berkala=0.95L; Ganti filter oli=1.00L
  • Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
  • Tipe Kopling Basah, Kopling Manual, Multiplat
  • Jenis Transmisi Manual 5-Percepatan (Vixion), Manual 6-Percepatan (Vixion R)

All New Vixion vs Vixion R

Yamaha Vixion Matte Black (Foto: Yamaha)

Yamaha melakukan inovasi sekaligus memisahkan tipe Vixion, yaitu dengan menambah varian Vixion R. Vixion R memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tipe standar seperti misalnya mesin 155 cc, 6 percepatan dengan teknologi VVA yang sudah digunakan pada motor sport New R15.

Vixion standar sendiri masih mengusung mesin 150 cc LC4V serupa Yamaha MX King. Untuk lebih memudahkan identifikasi dan menjadi ciri khas, Vixion R punya bentuk knalpot yang lebih pendek dari versi standar. Yamaha Vixion saat ini dipasarkan seharga Rp26,95 juta dan untuk tipe Vixion R dijual Rp30,5 juta on the road Jakarta.

Kaki-kaki
Tipe RangkaDeltabox
Suspensi DepanTeleskopic
Suspensi Belakang Swing Arm
Rem Depan Disc brake
Rem Belakang Disc brake
Ban Depan90/80-17M/C 46P Tubeless
Ban Belakang120/70-17M/C 58P Tubeless

Memasuki tahun 2019, Yamaha hanya melakukan update warna pada Vixion dan Vixion R. Yamaha sengaja menawarkan warna baru yang dibumbui oleh grafis sederhana pada Vixion R untuk menghadirkan nuansa sporty.

Varian Motor Livery Monster Energy Yamaha MotoGP 2019 Langsung Bisa Dibeli. Foto/ Carmudi

All New Vixion kini hadir dengan Matte Black, dengan Casting Wheel (pelek) berkelir emas, sama seperti yang terlihat di Yamaha Nmax. Untuk edisi khusus dengan livery Monster Energy Yamaha MotoGP Edition dijual seharga Rp27.650.000.

Sementara pada Vixion R, mendapat warna baru meliputi Matte Red dan Matte Grey dengan kombinasi stripping berbentuk huruf “R” pada bagian sisi kanan dan kiri tangki. Kemudian pada bagian pelek juga mendapat pin stripe bertuliskan Vixion R.

Yamaha Vixion Metallic Red (Foto: Yamaha)

Secara dimensi, Vixion R sedikit berbeda untuk mengejar performa. Dimensi panjang bodi Vixion standar yaitu 1.955 mm sedangkan All New Vixion R lebih pendek 5 mm yakni 1.950 mm. Selain itu, Vixion memiliki sumbu roda sepanjang 1.295 mm, dan Vixion R mencapai 1.320 mm.

Dimensi
Panjang x Lebar x Tinggi1955 x 720 x 1025 mm
Jarak Sumbu Roda1295 mm
Jarak Terendah165 mm
Tinggi Jok795 mm
Berat132 Kg

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Bukan Model Baru Apalagi Facelift, Yamaha Hanya Tawarkan Ini di Vixion

Previous post
Tanpa Seremonial, Suzuki NEX II Cross Resmi Dijual Rp16 Jutaan
BMW E90
Next post
5 Mobil BMW Pilihan Bekas, Harganya Bikin Kaget