Tips dan Trik

Selain Ban, Karet-Karet Mobil Ada Banyak dan Perlu Dirawat

Jakarta — Disadari atau tidak mobil memiliki komponen berbahan karet dengan jumlah yang cukup banyak. Bukan hanya ban, karet-karet mobil juga meliputi karet pintu, wiper, bushing, atau mounting yang ada karetnya. 

Sama seperti komponen kendaraan pada umumnya, karet-karet mobil juga perlu mendapatkan perhatian agar kondisinya terjaga.

Karet-Karet Mobil

Kasus yang tergolong sering terjadi karet pintu sobek lantaran tersangkut ketika pengendara atau penumpang keluar masuk mobil. (Foto: Carmudi)

Hal tersebut disampaikan Rifat Sungkar, pereli nasional sekaligus brand ambassador Mitsubishi Motors Indonesia dalam kegiatan jumpa virtual bersama wartawan, Selasa (21/12/2021).

Rubber itu menjadi penting karena menyangkut unsur safety dan kenyamanan berkendara,” kata Rifat. 

Perawatan Karet Wiper

Lebih lanjut ia memberi contoh perawatan karet wiper. Dalam hal ini Rifat pribadi memiliki kebiasaan untuk mengganti komponen penyeka kaca tersebut setiap satu musim hujan berlalu.

Harapannya dengan begitu wiper selalu dalam kondisi baik kapanpun saat dibutuhkan. 

Wiper walaupun jarang dipakai tetapi sekalinya dipakai tidak maksimal, itu sangat mengganggu. Jadi saya penganut orang yang suka mengganti karet wiper,” jelas Rifat.

Rifat menambahkan, pemilihan karet wiper bisa menggunakan bahan karet biasa atau silikon. Tapi yang perlu diketahui, karet wiper berbahan silikon memang menjanjikan sapuan yang lebih baik, tapi perawatannya lebih sulit. 

Ciri-ciri wiper mobil sudah rusak

Jangan tunggu kemunculan ciri-ciri wiper mobil rusak untuk melakukan penggantian. (Foto: Pexels)

Karet-Karet Mobil di Bagian Pintu

Karet-karet yang berada di sekeliling pintu mobil salah satu fungsinya ialah untuk menunjang kekedapan kabin. Tapi seiring penggunaan kendaraan ada kemungkinan kondisi karet-karet tersebut jadi menurun.

Kasus yang tergolong sering terjadi ialah karet pintu sobek lantaran tersangkut ketika pengendara atau penumpang keluar masuk mobil.

“Karet pintu ini sangat berguna juga untuk kekedapan suara, dan karet-karet pintu ini boleh dicek klem-klemannya,” kata Rifat.

“Karena Indonesia itu setir kanan, jadi sering banget di bagian kanan, di bagian supir itu karet pintunya suka melengkung-melengkung karena suka tergesek atau tersangkut sama kita. Biasakan untuk cek klem karet pintu untuk selalu mendapat optimalisasi kekedapan kabin,” sambungnya.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts