Home » Berita » Selain Thailand dan Indonesia, Toyota Corolla Cross Juga Dijual di Filipina

Selain Thailand dan Indonesia, Toyota Corolla Cross Juga Dijual di Filipina

Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Jakarta – Toyota Motor Corporation (TMC) secara resmi meluncurkan Corolla Cross untuk pertama kalinya di dunia pada 9 Juli 2020 di Thailand. Model global satu ini juga akan meluncur di Indonesia pada 6 Agustus 2020 mendatang. Setelah Indonesia, Corolla Cross juga bakal dijual di pasar ASEAN lain seperti Filipina.

Rencana kedatangan Toyota Corolla Cross sebenarnya sudah tercium sejak Februari lalu, jauh sebelum premier dunia pada awal Juli. Salah seorang sumber telah memberitahu bahwa Toyota Motor Philippines sudah memasukkan Corolla Cross sebagai mobil baru yang akan diluncurkan di Filipina tahun ini.

Sebagaimana diberitakan Autoindustriya Selasa (4/8/2020), ada kemungkinan Toyota Corolla Cross meluncur pertengahan Agustus atau awal September 2020. Menurut laporan terbaru, saat ini karyawan diler sedang menjalani pelatihan untuk model baru.

Adapun spesifikasi dan harga Corolla Cross belum diketahui. Toyota Motor Philippines sangat berharap banyak pada SUV baru ini dan mampu menyumbang angka penjualan yang positif. Mengingat pesaing di model ini cukup banyak.

Kedatangan Toyota Corolla Cross ke Filipina akan bersaing dengan model-model sekelasnya seperti Honda HR-V, Subaru XV, dan lain-lain.

Peluncuran Toyota Corolla Cross Dilakukan Secara Digital

Mengingat kondisi sekarang ini masih diselimuti oleh wabah virus corona (covid-19), PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia memilih untuk meluncurkan Corolla Cross secara digital. Sebelumnya TAM juga melakukan proses peluncuran yang serupa saat memperkenalkan New Agya pada pertengahan Maret lalu.

Lewat undangan resmi yang masuk ke redaksi Carmudi, Toyota Corolla Cross akan meluncur Kamis, 6 Agustus 2020. Waktu pelaksanannya pada pukul 11:00 WIB, disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Toyota Indonesia.

Menurut informasi dari Anton Jimmi Suwandy Marketing Director PT TAM, Corolla Cross yang akan dipasarkan di Indonesia ada dua versi yaitu mesin konvensional dan hybrid.

“Betul TAM akan meluncurkan Corolla Cross dan ada yang hybrid-nya juga,” kata Anton, melalui pesan singkat kepada Carmudi, Jumat (10/7/2020).

Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Sejauh ini TAM belum mempublikasikan spesifikasi resmi Toyota Corolla Cross. Namun sebagai gambaran bisa merujuk ke spesifikasi Corolla Cross yang telah lebih dahulu diniagakan di Thailand.

Di pasar Thailand, Toyota Corolla Cross ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Pilihan pertama mesin bensin tipe 2ZR-FBE berkapasitas 1,8 liter empat silinder. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 138 hp pada 6.000 rpm dan torsi 177 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi Super CVT-i.

Pilihan kedua ada versi hybrid bermesin tipe 2ZR-FXE 1.8 litre yang dikawinkan dengan transimsi e-CVT sehingga menghasilkan tenaga 98 hp pada 5.200 rpm dan 142 Nm pada 3.600 rpm. Mesin dipasangkan dengan baterai untuk menggerakkan motor listrik dengan tenaga 71 hp dan torsi 163 Nm. Jika keduanya bekerja secara bersamaan maka total tenaga yang dihasilkan mencapai 120 hp.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Berkenalan dengan Toyota RAV4 Hybrid Black Edition
SPBU Pertamina
Next post
Ini Alasan Mengapa Kita Dilarang Gunakan Ponsel di SPBU