Home » Berita » Selain Wagon R, Ada Kemungkinan Suzuki Siapkan Ertiga Listrik

Selain Wagon R, Ada Kemungkinan Suzuki Siapkan Ertiga Listrik

Selain Wagon R, Ada Kemungkinan Suzuki Siapkan Ertiga Listrk (Foto: Gaadiwaadi)

Mumbai – Anak perusahaan Suzuki Motor Corporation (SMC) di India, Maruti Suzuki sepetinya mulai mengalihkan fokus pengembangan kendaraan ke arah mobil listrik. Sebelumnya Suzuki telah mengembangkan sekaligus melakukan tes jalan terhadap Wagon R electric vehicle (EV), namun mobil perkotaan itu batal diluncurkan karena infrastruktur pendukung untuk mobil listrik di India di nilai belum siap. Peluncuran di undur menjadi akhir 2020.

Tak berhenti sampai disitu, rupanya Suzuki tengah mempersiapkan satu produk lagi yang akan dijadikannya sebagai mobil ramah lingkungan. Sebagaimana diberitakan Gaadiwaadi, produk yang disiapkan Suzuki adalah Ertiga.

Pemilihan Ertiga menjadi mobil listrik bukan tanpa alasan, sebab mobil keluarga ini merupakan salah satu model Suzuki terlaris di segmen Low Multi Purpose Vehicle (MPV), sekaligus menjadi tulang punggung perusahaan.

Dengan begitu ada kemungkinan Suzuki Ertiga listrik menjadi model kedua dari jajaran produk milik Suzuki yang akan dialiri arus listrik. Diprediksi melalui kehadiran Wagon R listrik, dan Ertiga listrik dapat membantu perusahaan untuk semakin bersemangat membangun dan mengembangkan kendaraan listrik berikutnya.

Sementara ini detail mengenail Suzuki Ertiga listrik masih samar-samar. Ada rumor yang menyebutkan bila Suzuki akan memasarkan Ertiga listrik dengan merek baru. Strategi ini diambil untuk menciptakan indentitas baru di dunia mobil listrik.

Laporan baru juga menyatakan bahwa Suzuki telah mempelajari Ertiga dan Ciaz untuk mengetahui layak atau tidaknya menjadi mobil listrik.

Suzuki Wagon R dari Mesin Konvensional Menjadi Listrik

Suzuki Wagon R listrik merupakan hasil konversi dari sebelumnya menggunakan mesin konvensional menjadi motor listrik dan baterai. Mobil listrik ini sudah menjalani pengujian sejak tahun lalu. Suzuki Wagon R Listrik digadang-gadang akan menjai mobil listrik pertama Suzuki.

Suzuki Wagon R listrik disebut-sebut mampu menjelajah hingga 130 kilometer (km). Mobil perkotaan Ini juga akan dibekali dengan fitur pengisian cepat yang memungkinkan pengisian baterai dari kondisi kosong hingga 80% dalam 1 jam.

Pengisian daya menggunakan listrik rumahan bisa memakan waktu sekira 7 jam. Maruti Suzuki menyebar 50 prototipe Wagon R listrik di berbagai jalan utama untuk tujuan pengujian.

Saat ini Suzuki Wagon R diproduksi di pabrik Gurugram. Kemungkinan akan tetap berlanjut di sana meskipun produksi baterai dan komponen terpusat di Gujarat.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Jelang Akhir Tahun Daihatsu Ajak Konsumen Liburan ke Jepang Gratis
Xpander
Next post
Mitsubishi Umumkan Penarikan Xpander, Ini Masalahnya