Tips dan Trik

Selalu Waspada, Ini Kiat Aman Berkendara Saat Sedang Berpuasa

Berkendara sepeda motor maupun mobil saat sedang berpuasa bisa membuat konsentrasi menjadi berkurang, sehingga berpotensi menurunkan tingkat keamanan. Oleh karena itu pengendara dituntut lebih waspada di jalan dan jangan memaksakan diri apabila kondisi fisik mulai lemah.

“Mengemudi saat menjalankan puasa seringkali mempengaruhi fungsi kognitif dan memberikan efek pada pengemudi seperti lelah dan mengantuk. Sehingga dapat mengurangi konsentrasi,” ungkap Hariadi, Asst. to 4W, 2W & Marine Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam keterangan resminya, Jumat (16/4/2021).

Berkendara saat berpuasa

Berkendara saat sedang berpuasa harus lebih waspada (Foto: SIS)

Ada banyak hal yang perlu menjadi perhatian pengendara sepeda motor dan mobil agar selalu aman dan nyaman saat berkendara, meski dalam kondisi menahan lapar dan dahaga.

Hariadi punya lima kiat aman berkendara saat sedang berpuasa yang bisa menjadi pegangan Anda selama beberapa minggu kedepan.

Persiapan Sebelum Berkendara

Sebelum berkendara sebaiknya persiapkan terlebih dahulu kebutuhan yang diperlukan saat sedang berada di jalan.

Misalnya makanan atau minuman berbuka puasa. Ini penting supaya Anda tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi atau berkendara secara buru-buru, karena ingin mengejar buka puasa di rumah atau tempat lain.

Hindari Kantuk

Selain lelah, puasa juga dapat membuat sesorang mudah mengantuk. Untuk menghindarinya, di sarankan tidak menyetel suhu AC terlalu dingin bagi Anda yang mengunakan mobil. Sebab, udara dingin dapat menambah rasa kantuk.

Hal lain yang bisa mengurangi rasa kantuk adalah dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur.

Berkendara saat berpuasa

Hindari kantuk selama berkendara saat berpuasa dengan mengecilkan level penyejuk udara di kabin mobil (Foto: Goggle)

Konsentrasi

Konsentrasi sangat penting dalam berkendara. Salah satu yang dapat menurunkan konsentrasi adalah rasa kantuk. Apabila rasa kantuk mulai muncul, sebaiknya berhentilah berkendara, jangan memaksakan diri. Segera menepi dan beristirahat sampai rasa kantuk benar-benar hilang.

Mengendalikan Diri

Kemacetan dan kesemrawutan jalan raya terutama saat jam pulang kantor bisa memengaruhi konsentrasi dan mudah emosi. Jadi penting bagi pengendara untuk selalu mengendalikan diri dan tidak mudah terpancing emosi ketika dihadapkan dengan pengendara lain yang tak tertib saat jalanan macet.

Pengendara sering naik trotoar saat macet (Foto: WordPress)

Manfaatkan Peta Digital

Manfaatkan peta digital untuk mencari jalan alternatif supaya terhindar dari macet. Selain itu, untuk mencari rute tercepat ke tempat tujuan. Deangan begitu, tenaga dan pikiran tidak terkuras.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts