Berita

Selama Periode Diskon PPnBM 100%, Varian Xpander Apa yang Paling Laris?

Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melalui produk unggulannya, Xpander kecipratan rezeki berkat insentif pajak atau diskon PPnBM tahap pertama sebesar 100%.

Sejak diskon PPnBM 100% digulirkan pemerintah pada awal Maret 2021, MMKSI mencatat terjadi peningkatan permintaan Xpander hingga dua kali lipat ketimbang Januari dan Februari.

Diskon PPnBM Xpander

Permintaan Mitsubishi Xpander naik berkat diskon PPnBM (Foto: Carmudi)

“Memang betul permintaan terhadap Xpander dan juga Xpander Cross meningkat, dari sebelumnya hanya 2.500 unit kini menjadi ke 5.000 unit per bulan,” ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Kamis (10/6/2021).

Antusiasme konsumen yang sangat tinggi terhadap Mitsubishi Xpander berimbas pada antrean inden yang panjang.

“Jadi memang di awal beberapa konsumen mengalami keterlambatan pengiriman mobil. Jadi dalam kesempatan ini kami juga menyampaikan permintaan maaf atas keterlambatan tersebut,” tutur Irwan.

Selama insentif PPnBM tahap pertama, MMKSI mencatat hampir seluruh varian Xpander maupun Xpander Cross diminati oleh konsumen. Namun, dari semuanya varian tertinggi yang paling laris dan banyak dipesan konsumen.

“Ya, kalau kami lihat hampir semua varian mengalami peningkatan permintaan. Tetapi yang paling tinggi, yaitu Xpander Ultimate dan Xpander Cross Premium,” kata Budi Daulay, Group Head of Regional Sales and Marketing Division PT MMKSI.

Aksesori Mobil Mitsubishi

Mitsubishi Xpander (Foto: MMKSI)

Untuk diketahui, Mitsubishi Xpander Ultimate A/T dijual dengan harga Rp278,9 juta, sedangkan Xpander Cross Premium Package A/T Rp299,5 juta. Harga tersebut berlaku untuk wilayah DKI Jakarta (OTR Jakarta) dan belum dipotong insentif PPnBM.

Daulay menyebutkan konsumen yang memanfaatkan keringanan pajak dari pemerintah dengan membeli Xpander tidak hanya berasal dari kota besar seperti Jabodetabek saja.

“Di beberapa daerah juga mengalami peningkatan cukup tinggi. Apalagi bersamaan dengan adanya periode kedua PPnBM ini, juga masih memberikan suatu minat kepada konsumen untuk memanfaatkan fasilitas PPnBM,” sambungnya.

Permintaan Mobil Masih Tinggi pada Tahap Kedua PPnBM

Terhitung mulai awal Juni, insentif PPnBM resmi memasuki tahap kedua. Di mana diskon pajak yang diberikan turun dari sebelumnya 100% kini hanya 50% persen saja.

Irwan memperkirakan, meski terjadi penurunan besaran diskon diperkirakan permintaan monbil baru khususnya Xpander masih akan tetap tinggi. Tetapi, secara jumlah tidak sama seperti tiga bulan sebelumnya, atau saat diskon PPnBM 100% berlaku.

Diskon PPnBM Xpander

Xpander dan Xpander Cross penyumbang tertinggi penjualan Mitsubishi (Foto: Carmudi/Santo)

“Memasuki periode kedua dengan insentif yang berkurang menjadi 50 persen, tentunya permintaan masih tinggi, tapi tidak akan tinggi seperti sebelumnya,” terang Irwan.

Walau begitu, tambah Irwan, pihaknya akan terus meningkatkan produksi mobil Xpander. Mengingat diskon PPnBM masih berlaku sampai akhir 2021.

“Kami akan meningkatkan dan mengoptimalkan produksi dan suplai. Jadi diharapkan pengiriman mobil ke tangan konsumen bisa lebih cepat ke depannya,” tutup Irwan.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts