Home » Berita » Selama Work From Home Konsumen BBM Pertamina Menurun

Selama Work From Home Konsumen BBM Pertamina Menurun

SPBU Pertamina
Beberapa SPBU Pertamina yang sudah beroperasi di jalur tol trans Jawa. Foto/Ist.

Jakarta – Status Work From Home (WFH) untuk karyawan atau pekerja sudah diberlakukan oleh banyak perusahaan terutama yang berada di Jakarta sejak pertengahan Maret lalu. Kebijakan ini merupakan respons atas imbauan pemerintah daerah maupun pusat supaya bekerja, belajar, dan ibadah di rumah. Langkah ini diambil untuk mempersempit penyebaran virus corona (Covid-19).

Efek dari WFH membuat sebagian kendaraan yang biasanya digunakan untuk menuju ke tempat kerja atau berpergian, kini hanya terparkir di garasi. Tak heran jika konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina mengalami penurunan.

“Terjadi penurunan konsumsi harian BBM secara nasional sebesar 16% menjadi 113 juta liter dari rata rata konsumsi normal harian sebesar 134 juta liter,” kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Fajriyah Usman, dalam keterangan resminya.

Kendati demikian, pihak Pertamina akan tetap menjaga stok BBM pada level aman. Supaya ke depannya kebutuhan konsumen tetap terpenuhi dan tidak kekurangan. Saat ini, pasokan BBM jenis bensin Premium, Pertalite, dan Pertamax berada pada level aman di atas 22 hari, bahkan pasokan produk Pertamax Turbo mencapai 42 hari. Adapun produk jenis Solar dan Dexlite dapat memenuhi ketersediaan di atas 24 hari. Sedangkan pasokan untuk produk Pertamina Dex secara nasional mencapai 53 hari.

“Kami tetap menjaga stok BBM nasional di atas 22 hari meski selama masa aktivitas bekerja dari rumah (work from home),” sambung Fajriyah.

Layanan Antar BBM

Dalam rangka mendukung sistem WFH dan jaga jarak, Pertamina memberikan kemudahan bagi pemilik kendaraan bermotor yang hendak melakukan pengisian BBM. Pertamina melalui program khusus antar BBM mengerahkan sejumlah tim untuk melayani pelanggan hingga ke rumah.

“Konsumen bisa menelpon ke call center 135. Nantinya mereka bisa memesan produk yang diinginkan. Bisa mengantar BBM dalam kemasan dirigen dengan minimal pembelian 20 liter dan maksimal 30 liter,” tutur Dewi Sri Utami, Unit Manager Communication Relation & CSR Marketing Operation Region 3.

Pertamina berikan layanan antar ke rumah
Pertamina berikan layanan antar ke rumah (Foto: Pertamina)

Program antar BBM ini hanya tersedia untuk kawasan Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Pemesanan BBM bisa dilakukan sejak pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Pengiriman BBM akan dilakukan di hari yang sama saat pelanggan melakukan pemesanan, Maksimal pengantaran pukul 20.00 WIB. Harga BBM sama dengan yang tertera pada SPBU, tetapi pelanggan dikenakan biaya pengiriman sebesar Rp20 ribu.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Kini Pelanggan Bisa Pesan dan Servis Mobil Wuling di Rumah

Previous post
Puasa Produksi Supercar, Kini Lamborghini Membuat Masker
Next post
Pemilik Mobil Daihatsu Kini Bisa Servis di Rumah