Home » Berita » Komersial » Semakin Canggih, Simak Fitur-Fitur Mitsubishi Fuso Canter Terbaru

Semakin Canggih, Simak Fitur-Fitur Mitsubishi Fuso Canter Terbaru

Mitsubishi Fuso Canter 2019. Foto/Ilustrasi

Jakarta – Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) telah memperkenalkan truk Fuso Canter terbaru pada awal 2019 lalu. Truk ringan yang masuk ke segmen light duty ini sudah disematkan berbagai fitur baru yang canggih dan mumpuni. Namun, kini truk tersebut baru dipasarkan di negara asalnya saja, Jepang.

Di sisi lain, Mitsubishi Fuso Canter terbaru menawarkan dua varian, yaitu Fuso Canter dengan bobot kendaraan kotor kurang dari 7,5 ton dan Fuso Canter dengan bobot lebih dari 7,5 ton.

Carmudi rangkum beberapa fitur terbaru yang disematkan pada truk ringan ini sebagai berikut.

Fitur Advanced Emergency Braking System (AEBS)

Fitur AEBS disematkan pada model Mitsubishi Fuso Canter terbaru yang memiliki bobot di atas 7.5 ton GVW (Gross Vehicle Weight/Berat Kotor). Fitur ini merupakan sistem pengereman darurat lanjut yang bekerja melalui radar gelombang millimeter. Radar tersebut disematkan di bumper bagian depan.

Saat ada kendaraan lain yang berhenti atau pejalan kaki sedang menyeberang jalan di depan truk ini, fitur AEBS akan memberikan sinyal peringatan pada pengemudi truk dengan mengerem secara otomatis. Sehingga, risiko tabrakan maupun kerusakan bisa dihindari.

Fitur Electronic Stability Program (ESP)

Sama seperti fitur sebelumnya, fitur ESP hanya disematkan pada model Fuso Canter terbaru dengan bobot di atas 7.5 ton GVW. Fitur ini adalah program stabilitas elektronik yang mendeteksi sikap truk tersebut melalui sensor secara konstan.

Fitur ESP mengendalikan tenaga pengereman atau tenaga mesin truk ini secara optimal. Sehingga, dapat menghindari risiko tergelincir atau truk terbalik.

Fitur Lane Departure Warning System (LDWS)

Fitur LDWS adalah sistem peringatan keberangkatan jalur dan khusus disematkan pada Fuso Canter terbaru dengan bobot di atas 7.5 ton GVW.

Fitur tersebut akan memberikan peringatan pada pengemudi truk melalui bel jika truknya berangkat dari jalur tanpa memberikan sinyal di jalan bebas hambatan. Fitur LDWS ini juga akan menampilkan pesan pada sistem multi-informasi Ivis dalam meter untuk memaksa pengemudi truk dapat berkendara dengan aman.

Fitur Electric Parking Brake (EPB)

Fitur yang disematkan pada Fuso Canter terbaru berbobot di atas 7.5 ton GVW ini merupakan rem parkir listrik. Dengan adanya bantuan motor listrik, fitur EPB dapat membantu pengemudi truk ini dalam mengoperasikan rem dengan kekuatan operasi ringan. Fitur tersebut juga membantu mempertahankan pengereman yang lebih stabil saat truk ini parkir di lereng curam.

Fitur Peningkatan Kinerja Emisi

Fitur peningkatan kinerja emisi terdapat di model Fuso Canter terbaru berbobot di bawah 7.5 ton GVW. Fitur ini berguna agar truk tersebut dapat mencapai rata-rata emisi NoX dari 0,7g/kWh menjadi 0,4g/kWh. Atau, batas atas 0,9g/kWh sampai 0,7g/kWh.

Dengan adanya perubahan pada perangkat lunak mesin, injektor mesin truk, kipas kopling, pendingin EGR, ini sejalan dengan peraturan pemerintah tahun 2016 lalu tentang rata-rata emisi truk.

Fitur Improved implementation of DUONIC 2.0 ECO Transmission Mode

Fitur peningkatan implementasi dengan mode transmisi DUONIC 2.0 ECO ini terdapat pada semua mode Mitsubishi Fuso Canter terbaru. Kini, mode ECO sudah diterapkan sebagai pengaturan pemetaan transmisi default setiap mesin truk ini dihidupkan. Sehingga, dapat membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit dan efisien.

Fitur Break Wear Indicator (BWI)

Fitur ini merupakan indikator kerusakan keausan dan terdapat pada semua model Fuso Canter terbaru, kecuali 4WD dan FGB70. Fitur tersebut bekerja melalui sensor yang disematkan di bantalan rem truk.

Jika satu atau lebih bantalan remnya mengalami aus, sensornya akan menyala untuk memberitahu pengemudi truk ini. Disarankan bagi pengemudi untuk memeriksa kondisi bantalan rem truknya secara langsung dan teratur.

Fitur Bluetooth Audio System

Fitur bluetooth audio system disematkan pada semua model Fuso Canter terbaru, kecuali truk sampah dengan pintu geser. Sistem audio di truk ini menawarkan koneksi ke telepon pintar dan perangkat lainnya secara nirkabel tidak hanya melalui bluetooth, tapi juga kabel USB.

Mengenal Mitsubishi Fuso Canter Indonesia

Mitsubishi Fuso Canter edisi terbatas. Foto/Carmudi.

Nama Mitsubishi Canter sudah tidak asing lagi di Indonesia. Truk besutan Mitsubishi ini memiliki ciri khas, yaitu kabinnya yang berwarna kuning.

Sebagai informasi, Mitsubishi Canter hadir di Tanah Air sejak 1970-an. PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) meluncurkan model Mitsubishi Colt T100 sebagai awal kehadiran truk Canter di Indonesia.

Mitsubishi Canter bisa dirakit untuk jenis angkutan apapun. Seperti mobil boks, bak terbuka, atau flat deck yang cocok bagi pengusaha beras maupun semen. Tidak hanya mudah dikendarai, truk ini juga memiliki performa yang sangat andal. Sehingga cocok dibawa berkendara di daerah pedalaman yang susah dijangkau, serta di jalanan pegunungan yang naik turun.

Tidak hanya itu saja, Mitsubishi Canter memiliki ketersediaan sparepart yang melimpah. Sehingga, banyak perusahaan jasa angkutan barang yang mengandalkan truk tersebut sebagai truk andalan mereka. Perawatan truk ini juga mudah. Pengguna Mitsubishi Canter tidak perlu kesulitan saat mencari bengkel jika terdapat masalah pada truknya.

Bertenaga Kuat dan Tangguh

Keunggulan lainnya pada Mitsubishi Canter terdapat pada performa akselerasinya dan kecepatan. Jika dibandingkan dengan para pesaingnya seperti Isuzu ELF NKR, Toyota Dyna, atau Hino Dutro, kemampuan Canter sebagai truk pasir kalah. Selain itu, truk ini juga kalah tangguh untuk beban berat atau medan terjal. Kedua hal tersebut sudah dimiliki truk ini sejak lama. Namun, truk Canter pastinya juga memiliki kelemahan di bagian tenaga.

Dilansir dari jurnal Carmudi, berdasarkan pengalaman para pengguna dan pengusaha truk di forum otomotif Seraya Motor, Mitsubishi Canter masih menjadi pilihan teratas untuk muatan ringan jarak jauh.

Secara spesifikasi, truk Canter memiliki tenaga melimpah pada putaran atas, kemampuan lari lincah, serta konsumsi bahan bakar yang efisien. Truk ini dapat memenuhi keinginan setiap pengusaha jasa angkutan yang membutuhkan truk bertenaga kuat dan lincah untuk melakukan pengiriman barang secara cepat dan aman.

Di sisi lain, PT Kramayudha Tiga Berlian (KTB) telah merilis Mitsubishi Colt Diesel FE SHD-X 6.666 bagi pengusaha yang membutuhkan truk tangguh yang bisa dibawa berkendara di jalanan tanjakan maupun medan jalan yang berat.

Memiliki Suspensi Nyaman dan Fitur Cukup Lengkap

Mitsubishi Canter ini memiliki desain yang sederhana, namun fitur dan suspensi yang dimiliki truk tersebut tidak main-main. Dari model bus mini hingga truk, Canter diklaim memiliki suspensi yang empuk bagi pengemudi agar tidak cepat lelah selama perjalanan. Untuk versi truknya sendiri, suspensinya masih dinilai nyaman saat kondisi tanpa muatan.

Di sisi lain, Mitsubishi Canter telah disematkan berbagai fitur cukup lengkap yang dapat memberikan kenyamanan maksimal bagi penggunanya. Seperti, terdapat seat adjuster pada Mitsubishi Colt Diesel Super Speed FE74S yang memberikan kemudahan untuk mengatur posisi duduk pengemudi truk agar lebih nyaman. Untuk fitur hiburannya, terdapat radio, CD, dan MP3. Truk yang diperuntukkan untuk jarak jauh ini juga telah disematkan power steering, tilt & telescopic steering serta tuas transmisi yang menyatu di dasbor.

Secara keseluruhan, Mitsubishi Canter memiliki suspensi yang nyaman dan fitur mumpuni agar pengemudi tetap merasa segar selama berkendara dengan truk ini.

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga:

Truk Bermesin Diesel Harus Euro4, Mitsubishi Fuso Siapkan Harga Jual Baru

Previous post
Kia Seltos Laku Keras di India, Belum Setahun Puluhan Ribu Terjual
Next post
Ditengah Pandemik Corona HASCAR Luncurkan All New Jeep Cherokee 2020