Home » Berita » Sempat Anjlok Parah, Penjualan Mobil Baru Mulai Merambat Naik

Sempat Anjlok Parah, Penjualan Mobil Baru Mulai Merambat Naik

https://www.carmudi.co.id/mobilbaru/
Daihatsu Xenia Sport di GIIAS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Industri otomotif Indonesia mengalami guncangan hebat di tengah wabah pandemi covid-19. Terhitung sejak April dan Mei 2020 penjualan mobil baru merosot tajam jika dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu. Memasuki Juni penjualan mobil merambat naik baik itu dari segi retail (distribusi mobil dari diler ke tangan konsumen) maupun wholesales (distribusi mobil dari pabrik ke diler).

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) penjualan mobil baru secara ritel sepanjang Juni 2020 tercatat sebanyak 29.862 unit. Angka ini naik sekira 74,8 persen bila dibandingkan dengan Mei. Meski mengalami kenaikan, namun angka penjualan mobil pada Juni masih jauh di bawah pencapaian bulan yang sama tahun lalu sebanyak 65.972 unit.

Penjualan mobil secara wholesales juga turut merambat naik. Masih dari sumber data yang sama, tercatat jumlah mobil baru yang didistibusikan dari pabrik ke diler selama Juni 2020 sebanyak 12.623 unit. Angka ini naik cukup signifikan dibanding bulan sebelumnya hanya sekira 3.551 unit. Sama seperti retail, meski angka wholesales Juni 2020 membaik tapi belum melampaui capaian di tahun sebelumnya sebanyak 59.831 unit.

Penjualan mobil pada Mei bisa anjlok dikarenakan adanya penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan oleh pemerintah daerah guna meminimalisir penyebaran virus corona. Kebijakan tersebut mengakibatkan operasional pabrik, diler dan bengkel ditutup sementara di beberapa wilayah. Ditambah lagi daya beli masyarakat terhadap mobil baru di bulan tersebut mengalami penurunan.

Sejak awal Juni, sejumlah wilayah di Indonesia telah mencabut kebijakan PSBB. Hampir semua aktivitas mulai kembali normal termasuk diler dan pabrik mobil. Dengan adanya kelonggaran tersebut di harapkan bisnis otomotif kembali merambat naik di bulan-bulan berikutnya seiring mulai bergerakknya perekonomian.

Penjualan mobil
Penjualan mobil beranjak naik dengan dibarengi pemberlakukan new normal. Foto: Ilustrasi.

Masih Dikuasai Toyota

Toyota masih duduk sebagai jawara di antara merek mobil lain sepanjang Juni 2020. Diikuti oleh merek mobil Jepang lainnya seperti Daihatsu, Suzuki, dan Honda.

Berikut daftar 10 merek mobil dengan penjualan terbanyak selama Juni 2020 berdasarkan data penjualan ritel:

  • Toyota 11.196 unit
  • Daihatsu 5.558 unit
  • Suzuki 4.206 unit
  • Honda 2.488 unit
  • Mitsubishi Motors 1.689 unit
  • Mitsubishi Fuso 1.591 unit
  • Isuzu 1.026 unit
  • Hino 708 unit
  • Wuling 302 unit
  • Nissan 276 unit.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Ketahui Kelemahan Immobilizer, Kunci Mobil Canggih Masa Kini
Next post
Daftar Harga Sepeda Motor Matik Baru di Bawah Rp19 Juta