Home » Sumber informasi » Sempat Berjaya, 10 Mobil Jadul Ini Dikenal dengan Nama Unik

Sempat Berjaya, 10 Mobil Jadul Ini Dikenal dengan Nama Unik

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki beragam budaya dan bahasa. Dengan keberagaman tersebut, Indonesia menjadi salah satu negara yang unik. Karena memiliki berbagai macam bahasa, masyarakat Indonesia sering menamai banyak hal dengan nama unik tapi menyeleneh, termasuk memberi nama unik pada mobil sejak zaman dulu atau jadul. Nama unik pada mobil jadul ini pun diketahui banyak orang hingga sekarang.

Julukan ini kadang diberikan oleh orang yang melihat mobil tersebut saat berlalu-lalang di jalanan. Banyaknya mobil keluaran baru yang memiliki konsep desain lebih stylish dan mesin lebih mumpuni membuat sebutan tadi menjadi identitas mobil lawas.

Seiring waktu, banyak mobil jadul yang tidak lolos uji kelayakan sehingga berakhir di tangan para kolektor mobil. Tidak dipungkiri kalau mobil tersebut sudah berada di tangan kolektor, harga jualnya akan sangat tinggi.

Membahas mobil-mobil zaman dulu selalu membuat ingatan melayang pada masa dimana mobil-mobil tersebut pernah berjaya. Salah satu hal menarik dari mobil-mobil yang pernah berjaya di Tanah Air adalah sebutan khasnya.

10 Nama Unik Mobil Jadul

Tidak pernah ada yang tahu siapa yang pertama mempopulerkan sebutan untuk mobil-mobil tersebut, tapi namanya terdengar familiar bagi masyarakat Indonesia. Carmudi rangkum beberapa nama julukan khusus untuk mobil-mobil lawas sebagai berikut.

Suzuki Carry ST20 – Suzuki Truntung

Suzuki ST20 dikenal sebagai Suzuki Truntung.

Pada dasarnya, mobil keluaran Suzuki di tahun 1977 sampai 1983 ini adalah mobil yang diperuntukan sebagai mobil niaga atau mobil dengan tujuan untuk mengangkut banyak orang atau barang. Sekarang ini, Suzuki Truntung bisa dikatakan menjadi mobil yang sangat langka dan kebanyakan pemiliknya merupakan kolektor mobil antik.

Mobil keluaran Suzuki ini terkenal pada tahun 1980-an dan menjadi salah satu mobil pick-up yang berjaya di eranya. Mengapa mobil Suzuki ini disebut Truntung? Kata Truntung datang dari suaranya yang selalu terdengar seperti ‘Truntung.. Tung.. Tung..’

Suara truntung tersebut terdengar keras sehingga menjadi julukan khusus pada mobil ini yang memiliki mesin 550 cc. Dengan konfigurasi mesin yang masih sangat sederhana, ditambah memiliki silinder yang hanya terdiri dari dua unit, Suzuki Truntung ini terkenal berisik, tapi tenaganya cukup handal.

Daihatsu S78 – Daihatsu Tuyul

Mobil Daihatsu ini dikenal sebagai mobil Tuyul.

Daihatsu S78 ini disebut sebagai Daihatsu Tuyul karena memiliki lampu depan yang menggunakan model lawas dengan bentuknya bulat serta ornamen polos dan minimalis. Selain itu, terdapat juga lekukan tajam pada bagian kepala mobil Daihatsu, sehingga mirip dengan Tuyul yang plontos.

Di Indonesia, istilah tuyul dikenal dengan salah satu jenis mahluk halus yang identik dengan anak kecil berkepala pelontos alias tanpa rambut.

Datsun 120Y – Datsun Curut

Datsun Curut yang memiliki kesamaan dengan tikus curut.

Datsun 120Y ini menggunakan gabungan angka dan huruf yang membuat masyarakat di Tanah Air sulit mengingatnya. Oleh karena itu, mereka menyebut mobil ini dengan nama yang unik. Mobil Datsun 120Y memiliki model moncong depan mungil, mata bulat, dan bentuk bodi yang melandai seperti tikus curut sehingga dinamai dengan Datsun Curut. Aneh bukan?

Toyota Crown MS60 & MS65 – Toyota Lele

Toyota Lele.

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dijadikan lauk makanan lezat di Indonesia. Namun siapa sangka, hewan yang bentuknya aneh dan berbahaya jika dipegang dengan tangan telanjang itu diidentikkan seperti bentuk mobil?

Toyota Crown MS60 dan MS65 ini menjadi mobil sedan favorit di Tanah Air. Sedan Toyota ini mendapat sebutan ‘lele’ karena memiliki spion utama yang letaknya bukan di tempat biasa, melainkan di ujung moncong kap mobil. Dengan diletakkan di tempat tersebut, mobil Toyota ini mirip seperti ikan lele dengan kumisnya.

Toyota Kijang – Kijang Buaya

Kijang Buaya
Kijang buaya.

Mobil Toyota generasi pertama ini diluncurkan pada tahun 1977 dan menjadi mobil berbentuk kotak yang dipanggil dengan nama unik, yaitu Kijang Buaya. Pasalnya, mobil ini memiliki kap mesin yang jika dibuka, mirip seperti mulut buaya.

Suzuki Jimny – Jimny Jangkrik

Suzuki Jimny disebut sebagai Jimny Jangkrik. Foto/Ist

Mobil Suzuki satu ini menjadi salah satu primadona di tahun 1970-an karena memiliki harga yang murah dengan mesin sebesar 1.000 cc. Nama jangkrik menjadi sebutan mobil ini karena bentuknya yang terlihat mungil, tapi memiliki daya jelajah yang handal dan mumpuni.

Daihatsu Taft – Taft Kebo

Taft Kebo. Foto/Ist

Mobil Daihatsu ini merupakan lawan dari Jimny Jangkrik dan dikenal sebagai Taft Kebo karena memiliki bentuk kaki yang kekar. Selain itu, ketika dibawa berkendara di jalan raya, Taft Kebo ini juga memiliki kecepatan yang tinggi.

Mercedes-Benz W116 – Mercy Barong

Mercy Barong. Foto/Ist

Mercedes Benz W116 ini memiliki ukuran badan yang besar dan lebar. Di sisi lain, mobil ini juga memiliki kaca depan yang berukuran lebar. Bentuk ini pun disamakan oleh orang-orang sebagai barong asal Bali. Maka dari itu, mobil ini disebut Mercy Barong. Aneh bukan?

Mercedes-Benz W111 – Mercy Batman

Mercy Batman. Foto/Ist.

Mobil Mercedes Benz W111 mirip dengan kendaraan yang dimiliki oleh salah satu karakter pahlawan yang disukai anak-anak, yaitu Batman. Karakter dari komik DC ini sempat menggunakan mobil Mercy W111 sebagai kendaraan utama dalam filmnya. Sejak saat itu, Mercedes Benz ini dikenal sebagai mobil Batman di Tanah Air.

Volkswagen Beetle – Mobil Kodok

Volkswagen kodok. Foto/Ist.

Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil jadul yang paling dikenal banyak orang. Mobil VW yang sempat merajai pasar mobil ini disebut sebagai mobil kodok karena memiliki konsep desain unik dan lucu. Bentuk mobilnya mirip lekukan tubuh kodok membuat VW Beetle disebut hewan amfibi tersebut.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Previous post
Jajal Jadi Penumpang di Toyota Prius PHEV
Next post
Patut di Contoh, 15 Komunitas Sepeda Motor yang Aktif Sebarkan Virus Road Safety

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *