Reviews

Sensasi Mengendarai Mobil Listrik Toyota Coms

Jakarta — Pada Maret 2021 PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan mobil listrik Toyota Coms dan C+Pod di Indonesia.

Bukan untuk dijual, keduanya hadir sebagai bagian dari studi EV Smart Mobility yang dilakukan oleh Toyota di kawasan Nusa Dua, Bali.

Mobil Listrik Toyota Coms

Mobil listrik Toyota Coms melaju di kawasan Nusa Dua, Bali. (Foto: Carmudi)

Memiliki wujud mungil, kedua mobil listrik tersebut tampak unik dan memancing rasa penasaran untuk dicoba.

Kesempatan itu pun datang pekan lalu, (7-9/12/2021) di sela kegiatan test drive All New Avanza dan All New Veloz di Pulau Dewata.

Khusus Toyota Coms, saat masuk ke dalam interiornya tampak hanya ada satu bangku yang tersedia.

Fitur pada model ini bisa dibilang sangat terbatas. Interiornya bahkan tidak dilengkapi dengan AC. Sebagai gantinya adalah dua buah kipas angin yang diletakkan di atas dasbor.

Pengoperasiannya cukup sederhana. Rem tangan berada di sebelah kanan bangku dan tuas transmisi bisa ditemui di sebelah kiri lingkar kemudi.

Tinggal geser tuas transmisi ke posisi “D” lalu injak pedal gas maka mobil ini pun siap membawa pengendaranya ke tempat tujuan.

Interior Mobil Listrik Toyota Coms

Interior Toyota Coms menggunakan kipas angin yang ditaruh di atas dasbor. (Foto: Carmudi)

Penelusuran Carmudi, mobil listrik Toyota Coms memiliki jarak tempuh maksimum sekitar 50 km dari satu kali pengisian baterai sampai penuh.

Sementara itu kecepatan puncaknya dibatasi 60 km/jam. Adapun yang menjadi sumber tenaganya berupa motor listrik dengan tenaga puncak 6,7 hp dan torsi tertinggi 40 Nm.

Kenyamanan Bukan yang Terbaik

Satu hal yang mengusik kenyamanan saat mengendarai mobil ini ialah bantingan suspensinya yang keras.

Diduga, suspensi dengan karakteristik demikian memang dibutuhkan untuk membuat mobil lebih stabil. Terutama saat melahap tikungan mengingat bentuknya yang ramping tapi tinggi.

Lagi pula mobil ini juga dirancang untuk penggunaan dalam kota yang diasumsikan memiliki jalanan dengan permukaan aspal mulus.

Cara Sewa Mobil Listrik

Cara sewa mobil listrik Toyota bisa lewat aplikasi (Foto: TAM)

Terkait pengendalian, putaran setir mobil ini belum bisa dikatakan presisi. Tapi hal tersebut bukan masalah sebab penggunaannya akan lebih banyak pada kecepatan rendah.

Hal yang patut diapresiasi, Toyota tak melupakan aspek akomodasi untuk produk dengan dimensi sekecil ini dengan adanya bagasi di bagian belakang mobil.

Bagi Carmudian yang kini tengah berada di Bali bisa langsung menyewa mobil listrik Toyota ini.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]a.com

Related Posts