HomeBeritaSepanjang Tahun Ini Toyota Sudah Luncurkan Dua Mobil Hybrid

Sepanjang Tahun Ini Toyota Sudah Luncurkan Dua Mobil Hybrid

Toyota Prius PHEV menjadi salah satu mobil hybrid yang diluncurkan TAM di 2020
Toyota Prius PHEV menjadi salah satu mobil hybrid yang diluncurkan TAM di 2020 (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Menambah jajaran kendaraan listrik (elektrifikasi) di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah meluncurkan dua mobil hybrid sepanjang tahun ini.

Diawali dengan Toyota Prius Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang diluncurkan pada Maret 2020 dan disusul Corolla Cross hybrid pada Agustus kemarin.

“Toyota berkomitmen terhadap elektrifikasi. Tahun ini kami ada dua produk yaitu Corolla Cross hybrid dan Prius PHEV yang memang sampai saat ini kami masih menjual untuk konsumen fleet atau pembeli borongan. Mudah-mudahan produk ini bisa membantu pengembangan dari elektrifikasi di Indonesia,” ungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy saat diskusi virtual bersama Astra, Selasa (29/9/2020).

Kemunculan Prius PHEV dan Corolla Cross hybrid merupakan langkah lanjutan dari Toyota sebagai upaya menunjukkan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai teknologi masa depan.

Jauh sebelum Peraturan Presiden (Perpres) tentang mobil listrik diterbitkan, TAM sudah memberanikan diri memasarkan kendaraan listrik berbasis baterai lewat Toyota Prius hybrid pada 2009.

Seiring berkembangnya teknologi sekaligus mengikuti tren global, Toyota secara perlahan-lahan menambah jajaran kendaraan ramah lingkungan.

Setidaknya ada empat model hybrid lain yang sudah diluncurkan TAM di pasar Indonesia. Seperti Camry hybrid, Alphard hybrid, C-HR hybrid, dan Corolla Altis hybrid.

Semua mobil hybrid yang dijual mendapatkan sambutan yang cukup hangat dari konsumen.

Toyota Corolla Cross
Toyota Corolla Cross meluncur di Indonesia Agustus 2020 (Foto: TAM)

“Sampai saat ini kami sudah menjual lebih dari 3.000 unit produk-produk elektrifikasi baik hybrid maupun PHEV. Ke depan, Toyota berkomitmen bagaimana mengembangkan produk-produk elektrifikasi termasuk industri elektrifikasi di Indonesia,” tutur Anton.

Toyota Berencana Produksi Mobil Hybrid di Indonesia

Komitmen Toyota dalam mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia tidak hanya sebatas mendatangkan model hybrid saja.

Pihaknya, lewat PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berencana memproduksi mobil hybrid secara lokal.

Tidak diketahui pasti berapa besar investasi yang akan digelontorkan, namun pastinya digunakan untuk mempersiapkan fasilitas produksi di pabrik supaya dapat membuat mobil model hybrid.

Toyota berencana memulai produksi lokal mobil hybrid pada 2022. Nantinya hasil produksi tidak hanya diperuntukkan bagi pasar domestik saja, tapi juga ekspor.

Toyota berkomitmen untuk menyebarluaskan kendaraan listrik seperti BEV, PHEV, dan HEV. Termasuk di dalamnya rantai suplai dari komponen-komponen utama kendaraan listrik yang sesuai dengan kondisi di Indonesia.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Pemesanan Toyota Corolla Cross Tembus Lebih dari 500 Unit

Suzuki Karimun Wagon R Edisi Terbatas Meluncur Oktober 2020
Previous post
50 Tahun di Indonesia, Suzuki Siapkan Karimun Wagon R Edisi Terbatas
Next post
Ayo Ingat Lagi, Garansi Motor Honda BeAT Hilang karena Modifikasi Ini