BeritaSepeda motor

Pemesanan Sepeda Motor Listrik GESITS Tembus 30 Ribu Unit, Mulai Produksi 2019

sepeda motor listrik gesits

Tampak samping motor listrik GESITS (Foto: Carmudi)

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Sepeda motor listrik GESITS hasil kolaborasi Garansindo Group bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Jawa Timur sudah bisa dipesan sejak Mei 2016.

PT GESITS Technologies Indo (GTI) selaku anak perusahaan dari Garansindo Group membuka pemesanan melalui sistem online. Jika dihitung sejak pertama kali dibuka sampai saat ini, total pemesanan sepeda motor yang mengusung konsep skuter matik (skutik) itu sudah lebih dari 30 ribu unit.

“Kalau yang pesan sudah 30 ribuan unit dari sejak awal,” ujar Andre, Deputy Director PT GTI, di Jakarta, baru-baru ini.

Meski sudah terkumpul banyak, PT GTI baru memulai produksi GESITS awal tahun depan. Proses produksinya akan dilakukan di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat tepatnya di salah satu fasilitas milik PT Wijaya Karya Industri Konstruksi (WIKA). Kerja sama antara PT WIKA dengan (GTI) sudah dilakukan pada Agustus 2017.

“Januari kami baru produksi di WIKA. Kalau kapasitas produksi itu 4.000 unit perbulan. Kalau awal-awal produksi kami lihat dulu kondisinya bisa saja awal itu 1.500 ribu, 2.000 sampai 4.000 unit semuanya bertahap,” kata Andre.

Ia menambahkan, sebagai awal, sepeda motor listrik GESITS akan disalurkan terlebih dulu untuk kantor pemerintahan. Setelah semua sudah terpenuhi, maka tahap berikutnya dikirim ke konsumen individu.

“Ke Badan usaha milik negara (BUMN) dulu. Kalau ke BUMN dikirim sekira 15 ribuan sampai 20 ribuan unit. Fokus ke situ dulu baru ke masyarakat,” tutur dia.

Sepeda motor listrik GESITS dengan lampu LED (Foto: Carmudi)

Presiden Jokowi Pesan 100 Sepeda Motor Listrik GESITS

Awal November tahun ini, GTI sempat bertandang ke Istana Merdeka, Jakarta untuk memperkenalkan langsung sepeda motor listrik GESITS ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menariknya Jokowi sempat mengendarai motor di sekitar halaman Istana Merdeka. Jokowi tampak terkesan melihat sepeda motor listrik berkelir merah itu. Presiden pun mengaku senang dengan sepeda motor listrik GESITS karena tidak punya knalpot dan tanpa suara seperti sepeda motor konvensional.

“Tadi saya coba karena enggak ada suara knalpotnya saya senang yang greng greng greng tadi. Enggak ada suara. Jadi agak bingung menyesuaikan enggak ada knalpotnya enggak ada suara greng-grengnya halus sekali dan sangat ramah lingkungan,” kata Jokowi kepada wartawan.

Tidak cuma terkesan dan senang, mantan gubernur DKI Jakarta itu pun kepincut dan berencana untuk membelinya jika sudah mulai diproduksi dan unitnya tersedia. “Ini (GESITS) kalau sudah diproduksi saya pembeli pertama. Saya akan beli 100 unit,” ungkapnya dengan nada serius. (dna)

Kaki-kaki sepeda motor listrik GESITS (Foto: Carmudi)

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: [email protected]
Follow Me:

Related Posts