Berita Sepeda motor Sumber informasi

Sepeda Motor Suzuki Buatan Indonesia Bakal Masuk Korea Selatan

Suzuki Nex II

Suzuki Nex II (Foto: Carmudi)

Jakarta – Suzuki meraih torehan yang positif dalam penjualan sepeda motor di Tanah Air tahun lalu. Dari segi ekspor Suzuki pun meraih hasil  sangat positif, bahkan meningkat cukup signifikan dibanding 2018.

Raihan positif penjualan sepeda motor Suzuki terutama untuk pasar ekspor meningkat dibanding pencapaian sebelumnya.  PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) selaku produsen Suzuki berencana membidik Korea Selatan, sebagai satu dari dua negara tujuan ekspor terbaru.

“Di 2019 ada penambahan pasar baru kalau untuk ekspor sepeda motor. Yaitu ada Korea Selatan dan Bangladesh,” ujar Departement Head of Export PT SIM, Hady Surjono Halim di Jakarta belum lama ini.

Ditambahkannya, Suzuki menargetkan total ekspor sepeda motor tahun ini sebanyak 200 ribu unit. Baik itu yang dikirim secara utuh atau Complete Built Up (CBU) maupun terurai Complete Knocked Down (CKD).

Ekspor Makin Melesat

Sepeda motor Suzuki buatan Indonesia diekspor ke 41 negara. Tahun lalu tercatat sebanyak 183.434 unit kendaraan telah dikapalkan dalam bentuk utuh dan terurai (CBU dan CKD).

Angka total ekspor sepeda motor di 2018 meningkat sekira 62 persen bila dibandingkan dengan capaian di 2017. Hingga akhir 2018, Suzuki telah mengekspor 52.634 unit sepeda motor dalam bentuk CBU, capaian ini naik signifikan dibandingkan 2017 sebanyak 25.586 unit.

Sementara dalam bentuk CKD, Suzuki telah mengapalkan 130.800 unit, naik pesat dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 87.600 unit.

Kontribusi terbesar ekspor sepeda motor Suzuki disumbang oleh GSX Series, dengan jumlah 20.548 unit. Hasil ini melonjak tajam 55,2 persen dibanding 2017. Model lain yaitu Address turut menyumbang 16.386 unit, dan NEX II yang baru diperkenalkan pada April 2018 lalu di Indonesia telah berkontribusi positif dalam ekspor dengan jumlah 10.413 unit sepanjang 2018.

Kinerja Layanan Purnajual dan Suku Cadang

Suzuki juga mencatat pertumbuhan positif dari kinerja layanan purnajual. Hal ini dapat dilihat dari jumlah unit intake servis sepeda motor yang meningkat sepanjang 2018 sebanyak 671.192 unit. Hasil ini diperoleh berkat beberapa program khusus yang diadakan Suzuki sepanjang 2018 seperti peningkatan kualitas layanan dan kenyamanan konsumen di bengkel resmi Suzuki.

Penjualan domestik suku cadang sepeda motor selama 2018 baik penjualan Suzuki Genuine Part (SGP), Suzuki Genuine Oil (SGO) dan Suzuki Genuine Accessories (SGA) mencapai jumlah pendapatan sebesar Rp570 miliar, dengan penjualan SGP sebesar Rp381 miliar.

Sedangkan Rp20 miliar untuk SGA, dan Rp168 miliar untuk SGO. Dari sisi ekspor, pertumbuhan ekspor sepeda motor Suzuki memberikan dampak langsung terhadap suku cadang. Secara keseluruhan, pendapatan ekspor suku cadang (Suzuki Genuine Parts, Suzuki Genuine Oil, dan Suzuki Genuine Accessories) berhasil tumbuh hingga 12,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts