Modifikasi

Serba-serbi Enkei RPF1, Pelek Mobil Keren Legendaris

Sulit disangkal Enkei RPF1 adalah salah satu pelek mobil keren dan legendaris. Sebab pelek ini bisa dibilang cocok untuk menempel di segala jenis kendaraan. Mulai dari sportscar harga miliaran sampai mobil harian yang biasa Anda gunakan.

Desainnya boleh jadi cukup sederhana. Tapi justru tampangnya yang simpel itu menjadi daya tarik tersendiri.

Pelek Mobil Keren Enkei RPF1

Enkei RPF1 (Foto: Enkei)

Dilihat sekilas Enkei RPF1 punya enam palang yang didesain dengan gaya twin spokes. Sebagian orang terutama yang doyan balap Formula 1 mungkin tak asing dengan desain demikian.

Hal itu dikarenakan pengembangan pelek ini memang berangkat dari sana. Lebih tepatnya saat Enkei menjadi penyuplai resmi pelek untuk tim balap McLaren Honda.

Enkei RPF1 bukan hanya dikenal sebagai pelek mobil keren dan legendaris. Tapi juga memiliki kualitas jempolan.

Menurut situs web resmi Enkei, desain twin spokes yang digunakan pelek ini menawarkan beberapa keuntungan.

Di antaranya pelek lebih kuat menghadapi stress saat mobil diajak menikung dalam kecepatan tinggi, pengereman mendadak, dan situasi balap ekstrem secara keseluruhan.

Enkei sendiri punya beberapa kategori untuk pelek-peleknya. Nah, RPF1 ini masuk dalam kelompok Racing Wheels yang artinya memang sudah terbukti layak untuk digunakan balapan serius sekalipun.

Menurut beberapa literatur, kategori Racing Wheels punya kasta paling tinggi. Berada di atas kategori lainnya, yakni Tuning Wheels, Performance Wheels, Classic Wheels, Luxury Wheels, dan Truck/SUV Wheels.

Enkei RPF1 2021

Opsi warna Enkei RPF1 2021 (Foto: Enkei)

Soal kualitas, Enkei RPF1 memenuhi segala kriteria Spec-E. Hal ini mungkin terdengar agak janggal, tapi standar tersebut sebenarnya dibuat oleh Enkei sendiri.

Bukan untuk mengada-ada. Enkei menciptakannya guna memastikan pelek-peleknya tembus standar Japan Light Alloy Wheel (JWL). Caranya ya dengan melakukan serangkaian pengujian yang lebih berat.

Harga Enkei RPF1, Pelek Mobil Keren Memang Enggak Murah

Ada harga ada rupa. Harga pelek Enkei RPF1 original buatan Jepang dalam kondisi baru terpantau ada di kisaran Rp29 juta sampai Rp35 jutaan.

Terdengar mahal? Tunggu dulu. Angka tersebut cukup wajar untuk pelek sekelasnya. Kecuali kalau dibandingkan dengan produk kloningan yang sudah bisa dibawa pulang dengan harga Rp5 juta sampai Rp7 jutaan.

Salah satu hal yang menarik, pelek ini tersedia dalam banyak ukuran mulai dari 14, 15, 16, 17, sampai 18. Variasi ukuran ini juga yang mungkin membuat orang memilih Enkei RPF1 sebagai pelek untuk mobil kesayangannya.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts