Sumber informasi

Serba-serbi Katalis Konverter pada Knalpot Mobil yang Wajib Diketahui

Pada knalpot mobil terdapat komponen katalis konverter yang memiliki peran sangat penting, terutama pada gas buang yang dihasilkan oleh mobil.

Sayangnya tidak banyak pemilik mobil yang mengetahui manfaat dari katalis konverter pada knalpot. Tanpa adanya katalis di bagian knalpot mobil, bisa dipastikan akan terjadi pencemaran udara yang sangat signifikan.

Pengertian Katalis Konverter Knalpot Mobil

Mengapa komponen satu ini bisa berfungsi untuk mencegah terjadinya polusi udara? Sebab di dalam katalis knalpot mobil terdapat rongga yang berbentuk seperti sisir atau sarang lebah.

Rongga tersebut terbuat dari bahan campuran antara logam platina dan rhodium. Ketika gas buang yang dihasilkan mesin menyentuh bagian rongga, maka akan terjadi reaksi kimia.

katalis konverter knalpot mobil

Dalam reaksi tersebut akan terjadi penghilangan zat berbahaya seperti gas CO, NO, dan reaksi gas antara NO2 dengan hidrokarbon. Gas tersebut jika terhirup oleh makhluk hidup bisa menyebabkan gangguan kesehatan dan meracuni makhluk hidup yang menghirupnya.

Pada gas CO bisa meracuni kandungan darah pada manusia. Sementara gas lainnya bisa merusak lapisan ozon yang ada di bumi serta menghasilkan hujan asam yang berbahaya jika terkena kulit.

Harus diketahui juga jika reaksi kimia tersebut bisa terjadi pada suhu yang tinggi atau saat kerja mesin ideal.

Fungsi Katalis Konverter Mobil

Fungsi utama katalis konverter pada mobil adalah menyaring gas beracun yang dihasilkan oleh mesin sehingga bisa menghasilkan emisi yang lebih ramah lingkungan.

Dalam riset yang dilakukan oleh para ahli, katalis konverter umumnya dikhususkan untuk mobil yang tidak memakai bensin bertimbal atau bensin dengan kebutuhan research octane number (RON) yang tinggi.

Jenis Katalis Konverter Mobil

  • Three Way Catalyst (TWC)

Jenis katalis konverter pada knalpot mobil yang pertama adalah three way catalyst. Jenis katalis ini paling lumrah dan banyak digunakan pada hampir setiap jenis mobil.

katalis konverter knalpot mobil

Secara fungsi, katalis jenis ini memiliki cara kerja yang lebih baik dibanding katalis lainnya. TWC bisa membuang gas berbahaya untuk dikonversi menjadi gas yang tidak berbahaya dan aman.

Mobil yang menggunakan TWC umumnya menghasilkan emisi CO, HC, dan NOx yang lebih baik. Proses NO dan O2 akan dijadikan sebagai komponen yang bisa terbakar atau oksidasi.

  • Oxidation Catalyst (OC)

Kemudian jenis katalis pada knalpot mobil kedua ada oxidation catalyst. Katalis jenis ini memiliki sedikit perbedaan dengan model TWC.

Pada oxidation catalyst cara kerjanya sedikit berbeda, yakni dengan melakukan reaksi CO dan HC supaya gas buang yang dihasilkan bisa membentuk CO2 dan H2O. Pada bagian exhaust manifold harus ada udara murni.

Gas buang yang akan dihasilkan nantinya akan disirkulasikan kembali pada komponen bernama EGR agar tidak menghasilkan NOx terlalu banyak.

katalis konverter knalpot mobil

  • Three Way & Oxidation Catalyst (TWC-OC)

Kemudian jenis lainnya ada model campuran antara three way catalyst dengan oxidation catalyst. Jenis ini sering disebut sebagai TWC-OC.

Tipe ini bertujuan untuk mengurangi polusi lebih banyak dibanding kedua jenis di atas. Kombinasi ini biasanya digunakan pada mobil-mobil dengan emisi Euro yang tinggi.

Sejarah Katalis Konverter

Komponen katalis konverter pun punya sejarah yang bermula pada abad ke-19 di Prancis ketika jumlah mobil belum sebanyak saat ini.

Eugene Houdry lah yang merancang katalis konverter untuk dipatenkan. Pria asal Prancis tersebut sempat tinggal di Amerika Serikat pada 1930-an dan merasa prihatin dengan polusi yang dihasilkan kendaraan.

Ia pun melakukan studi agar bisa mengurangi polusi tersebut dan mendirikan perusahaan bernama Oxy-Catalyst. Houdry pertama kali mendesain katalis konverter untuk cerobong asap yang ia sebut sebagai ‘cats’.

Di pertengahan 1950-an, ia mulai mengembangkan katalis untuk kendaraan mesin bensin yang digunakan di AS. Atas langkahnya tersebut, ia pun dianugerahi gelar paten.

Kemudian oleh para insinyur bernama Carl D Keith, John J Mooney, Antonio Eleazar, dan Phillip Messina di Engelhard Corporation mengembangkan katalis agar menjadi lebih sempurna. Hingga suatu saat di tahun 1973 katalis konverter pertama akhirnya diproduksi secara masal.

Di tahun 1975, seluruh kendaraan di AS pun diwajibkan menggunakan katalis konverter.

Hingga saat ini, katalis konverter telah berkembang pesat menjadi lebih sempurna dan menghasilkan emisi yang sangat rendah.

Ciri Katalis Konverter Rusak

Seiring pemakaian, katalis ini juga bisa rusak. Jika sudah rusak, ada beberapa ciri yang bisa dirasakan oleh para pemilik kendaraan.

Katalis termasuk ke dalam komponen yang sensitif. Jika kendaraan menggunakan BBM tidak sesuai spesifikasi yang dibutuhkan lama-kelamaan akan cepat rusak.

Emisi yang dihasilkan juga akan lebih banyak menimbulkan kerak. Kerak inilah yang akan membuat bagian dalam dari katalis menjadi tersumbat oleh banyaknya kotoran.

  • Boros BBM

Ciri pertama yang bisa dirasakan ketika katalis mulai rusak adalah konsumsi BBM mobil yang menjadi lebih boros. Biasanya hal tersebut dikarenakan akselerasi mobil menjadi terhambat akibat gas buang tersumbat kotoran.

  • Knalpot Bau

Katalis yang sudah banyak tersumbat kotoran akan kurang maksimal menghilangkan bau. Sehingga ketika mesin dinyalakan maka akan ada bau tak sedap yang akan tercium.

Knalpot racing biasa digunakan pada mobil harian, photo: Spoon

Knalpot racing biasa digunakan pada mobil harian, photo: Spoon

Biasanya bau tersebut lebih memiliki aroma seperti belerang dan asap knalpot juga akan lebih hitam dibandingkan biasanya.

  • Bagian Bawah Mobil Panas

Ciri terakhir yang bisa dirasakan jika katalis konverter rusak adalah bagian bawah mobil biasanya akan terasa lebih panas. Hal tersebut dikarenakan adanya kebocoran katup yang ada di bagian katalis.

Udara yang dihasilkan oleh mesin keluar lewat celah bocor tersebut. Jika bagian bawah mobil Carmudian terasa lebih panas, coba cek dulu ke bengkel spesialis knalpot.

Harga Katalis Mahal

Salah satu fakta unik dari katalis konverter yang ada di mobil adalah harganya ternyata cukup mahal. Sering ditemui kasus jika beberapa mobil ada yang dicuri bagian katalisnya saja.

Tindakan pencurian katalis ini sering ditemui di Indonesia, bahkan di beberapa negara juga seringkali ditemukan kasus serupa.

Salah satu alasan harga katalis konverter mahal adalah komponen yang ada di dalamnya. Menurut Oklahoma APEX, komponen palladium yang ada di katalis memiliki harga Rp1,1 juta per gram.

Rhodium yang terkandung memiliki harga Rp2,9 juta per gram, dan Platinum seharga Rp500 ribuan per gram. Logam yang ada di dalam komponen tersebut memiliki jumlah yang sangat terbatas.

Sehingga jika ditambang, lama kelamaan akan habis. Sebagai pencegahan, banyak produsen katalis melakukan program daur ulang agar bahan tambang tidak cepat habis.

>>>> Ayo cek mobil baru maupun bekas terbaik untuk Anda di sini!

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts