Mobil

Setelah New Hilux Ini Mobil Baru Toyota yang Akan Meluncur

Peluncuran Toyota New Hilux (Foto: TAM)

Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi memperkenalkan varian terbaru dari Toyota Hilux. New Toyota Hilux yang mengisi segmen mobil komersial yang ada di Tanah Air. Pembaruannya pun bisa dibilang cukup sedikit, alias minor change. Sekadar informasi, kenaikan harga untuk Toyota Hilux double cabin mencapai Rp8-11 juta. Sedangkan untuk single cabin kenaikannya mencapai Rp3-7 jutaan.

“New Toyota Hilux ini hadir dengan pengalaman panjang sebagai kendaraan komersial dan pemenang di ajang Dakar Rally. Mobil yang satu ini merupakan kendaraan komersial dengan wajah modern dan berkelas, dengan kemampuan terbaik untuk mendukung mobilitas bisnis,” ujar President Director PT TAM, Susumu Matsuda, saat peluncuran secara virtual, Kamis (27/8).

Toyota New Hilux (Foto: TAM)

Lantas, apa saja ubahan yang terjadi pada New Toyota Hilux yang baru saja meluncur ini? Bagaimana spesifikasinya pada model terbaru ini. Toyota memperkenalkan Hilux generasi terbaru ini dengan DNA reli Paris Dakkar. Tampilannya bisa dibilang memang terlihat lebih modern dan lebih stylish dibanding generasi kedelapan yang meluncur pada 2015 silam.

Ubahan Eksterior New Toyota Hilux Double Cabin

Bagian yang paling dapat dilihat ubahannya di depan adalah lampu. Lampu depan Hilux varian double cabin kini memakai model projector LED dengan DRL. Di bagian ujung terdapat tulisan Hilux yang membuat mobil pekerja ini menjadi lebih mewah. Lampu dengan fitur baru ini sayangnya hanya bisa ditemui pada tipe V saja, alias tipe tertinggi Hilux yang generasi terbaru yang baru dirilis.

Lampu depan baru, photo: Toyota

Lampu depan baru (Foto: TAM).

Lalu bagian gril dipermak dengan memakai gril model trapezoidal design yang jadi ciri khas Toyota beberapa tahun belakangan ini. Wajah baru dengan gril baru ini juga tersedia dalam tipe V dan G untuk model double cabin. Gril ini memakai warna hitam doff, dengan lubang sirkulasi udara yang cukup besar. Di bagian bawah, Toyota menanamkan fog lamp dengan LED untuk menambah visibilitas malam hari.

Foglamp di bagian bawah bumper depan ini sayangnya hanya tersedia dalam tipe V dan G double cabin saja. Bagian samping hampir tidak ada ubahan berarti, hanya terdapat di bagian belakang saja yang mendapat sentuhan baru. Bagian belakang kini memakai desain lampu yang baru dengan model seperti huruf B.

Gril memakai desain baru, photo: Toyota

Gril memakai desain baru (Foto: TAM).

Lampu belakang ini sudah memakai model LED, sehingga cukup kekinian walaupun dijadikan mobil pekerja keras. Agar tampilannya menjadi lebih tangguh dan menarik, TAM menempatkan velg berdesain baru. Velg desain baru ini memakai model palang 6 dengan desain yang baru berwarna hitam. Ukuran velgnya 17 inci dan hanya tersedia pada tipe V dan G saja.

Ubahan Interior New Toyota Hilux Double Cabin

Lalu di bagian dalam, Toyota menyadari jika mobil yang kerap digunakan untuk bekerja keras ini juga membutuhkan kenyamanan dalam kabin. Maka dari itu, desain interiornya pun juga mendapat sedikit nafas segar. Karena saat ini mobil double cabin tak hanya digunakan untuk keperluan bisnis atau komersial saja. Ada juga konsumen yang membeli double cabin sebagai mobil gaya.

Interior kini memakai bahan kulit, photo: Toyota

Interior kini memakai bahan kulit, (Foto: TAM).

Hal paling terasa saat masuk ke dalam kabin adalah jok. Joknya kini sudah dilapis dengan bahan kulit dengan material yang hampir serupa dengan Toyota Fortuner. Jok kulit ini hanya dapat ditemui di tipe V saja. Bagian dasbornya pun juga mendapat sentuhan, kini sudah memakai head unit layar sentuh. Di balik setir juga diberikan layar MID untuk mengetahui informasi mengenai mobil.

Lagi-lagi, hanya tipe V dan G saja yang sudah mendapatkan instrument cluster seperti Toyota Fortuner. Lalu head unit layar sentuh ini memakai ukuran 7 inci yang dapat memutar berbagai hiburan seperti Bluetooth, dvd, usb, radio dan lainnya. Setir yang digunakan juga memakai milik Toyota Fortuner, dengan penyematan tombol pengaturan yang ada di sisi kanan maupun kiri.

Head unit sudah memakai layar sentuh, photo: Toyota

Head unit sudah memakai layar sentuh (Foto: TAM).

Hal baru lainnya adalah ac kini sudah memakai pengaturan model digital. Ac model digital ini membuat pengalaman berkendara mobil komersial satu ini menjadi lebih mewah dan menyenangkan. Tapi tidak semua memakai ac model digital, hanya tipe V saja yang sudah memakai pengaturan model digital. Soal fitur, Hilux tipe tertinggi ditawarkan dalam transmisi otomatis 6 percepatan dengan sport sequential shiftmatic.

Fitur Keamanan New Toyota Hilux Double Cabin

Lalu, bagaimana soal keamanan dari mobil ini? Apakah menjadi lebih baik? Balon udara pengaman saat benturan tetap diberikan untuk perlindungan pengemudi dan penumpang di bagian depan pada tipe V. Agar mobil tidak bergerak liar saat berbelok, vehicle stability control pun dibenamkan sebagai peranti standard. Fitur ini bisa dinikmati pada New Toyota Hilux double cabin tipe V dan G saja.

Peluncuran Toyota New Hilux (Foto: TAM)

Peluncuran Toyota New Hilux (Foto: TAM)

Bagi mereka yang hendak membawa trailer atau gandengan di bagian belakang, Toyota Hilux terbaru ini juga memiliki fitur trailer sway control. Trailer sway control ini mampu memberikan stabilitas yang baik saat mobil menarik beban tambahan di bagian belakang. Fitur ini akan bekerjasama dengan VSC untuk membuat mobil tetap stabil saat sedang membawa barang di belakang.

Pengereman juga sudah dibekali dengan rem ABS, electronic brake distribution yang membuat saat bermaneuver menjadi lebih aman. Bagusnya, fitur ini sudah bersembunyi pada semua varian dan tipe New Toyota Hilux yang dijual di Indonesia. Salah satu lahan yang menjadi habitat mobil ini adalah pertambangan dan perkebunan.

Mesin masih memakai 2GD-FTV

Mesin masih memakai 2GD-FTV. (Foto: TAM)

Daerah tambang dan perkebunan biasanya punya kontur jalan menanjak dan cukup terjal. Toyota juga menambah fitur hill assist control agar mobil tidak mudah mundur saat sedang melahap tanjakan. Lalu, bagaimana dengan mesin? Lalu, apa saja yang baru dari mobil ini? Mesinnya masih memakai 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc, 4 silinder, DOHC, turbo.

Mesin ini dianggap sebagai salah satu mesin tangguh yang bisa mengeluarkan tenaga 149 ps dengan torsi 400 Nm. Untuk varian 4×4, tuas pemindah 4×4 sudah memakai model otomatis. Pengemudi hanya perlu memindahkan penggerak melalui tuas yang ada di kabin. Ada 3 pengaturan, mulai dari H2, H4 dan L yang menandakan transfercase (Low).

Setting Suspensi New Toyota Hilux Baru

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM menjelaskan jika New Toyota Hilux ini sudah dibekali dengan beberapa ubahan pada bagian setting suspensi. “Salah satu hal yang baru adalah tuning suspensi menjadi lebih baik. Suspensi keong bagian belakang diubah supaya lebih rigid, kemudian bagian samping ditambah beberapa tambahan komponen agar steering responsenya lebih baik,” ujarnya kepada media dalam konferensi pers, Kamis (27/8) siang.

Desain velg baru ukuran 17 inci, photo: Toyota

Desain velg baru ukuran 17 inci (Foto: TAM).

Harga New Toyota Hilux

Bagaimana dengan harganya? New Toyota Hilux ini terpantau mengalami kenaikan harga dibanding generasi sebelumnya. Untuk New Toyota Hilux 4×4 tipe V transmisi otomatis dijual dengan harga Rp492,8 jutaan. Lalu New Toyota Hilux 4×4 tipe G transmisi manual dijual dengan banderol Rp454,5 juta. Sedangkan New Toyota Hilux 4×4 tipe E transmisi manual ditawarkan dengan harga Rp429,7 juta. Dan varian terendah ada pada New Hilux Single cabin.

Untuk single cabin, harganya terdiri dari 3 macam. Yang pertama adalah tipe 2.0 L transmisi manual seharga Rp241,7 juta, 2.4 DSL transmisi manual seharga Rp259 juta dan 2.4 DSL 4X4 transmisi manual seharga Rp349 juta. Harga tersebut merupakan harga yang ditawarkan untuk OTR DKI Jakarta. Dengan harga tersebut, New Toyota Hilux siap dipinang untuk berbagai keperluan masyarakat Indonesia.

Lampu belakang berdesain baru, photo: Toyota

Lampu belakang berdesain baru (Foto: TAM).

Dengan harga tersebut, New Toyota Hilux ditargetkan akan terjual 600 unit setiap bulannya. Jika tahun lalu Hilux menempati posisi kedua di segmen komersial double cabin namun di tahun ini Toyota mengklaim jika Hilux sudah ada di posisi pertama. “Posisi Hilux 4×4 itu di tahun lalu kita di nomor dua. Tapi tahun ini di Hilux 4×4 kita sudah bisa berada di posisi satu. penjualan ritel hilux jan-juli 3.371 unit,” tegas Anton Jimmi.

Toyota Masih Akan Merilis Mobil Hingga Akhir Tahun

Toyota sendiri mengaku masih akan meluncurkan model-model lain hingga akhir tahun 2020 mendatang. Sebelum New Toyota Hilux, Toyota sempat merilis Corolla Cross yang sempat jadi perbincangan bagi pecinta otomotif nasional. Toyota Corolla Cross menjadi salah satu mobil yang diluncurkan oleh Toyota dalam beberapa waktu dekat kebelakang.

Toyota Corolla Cross adalah varian keempat dalam keluarga Corolla (Foto: TAM)

“Banyak sekali mobil baru, saya enggak bisa jelaskan apa dan kapan waktu peluncurannya. Tetapi tunggu saja tanggal mainnya. Ada banyak produk baru dan perubahan baru yang akan terjadi, tapi pastinya kami harus lihat kondisi market kemudian persiapan peluncuran dan lain-lain. Jadi karena kami belum putuskan kami belum bisa sampaikan mobil baru apa saja,” ungkap Anton Jimmi Suwandy.

Dimas Aska, Interactive Communication Department Head PT TAM mengatakan jika aka nada 3 sampai 4 model yang akan diluncurkan pada bulan Mei 2020 lalu. “Rencananya sih ada tiga sampai empat mobil baru. Tetapi belum tahu apakah semuanya akan diluncurkan sesuai jadwal atau tidak,” ujarnya April lalu. Jika dihitung, sudah ada 2 mobil yang diluncurkan yakni Corolla Cross dan Toyota Hilux.

Toyota Fortuner Facelift (Foto: Paultan)

2 Mobil Baru Toyota Siap Meluncur

Berarti, akan ada 2 mobil lagi yang akan segera diluncurkan oleh Toyota Indonesia hingga akhir tahun. Dari semua produk baru tersebut, sebagian di antaranya hanya akan mengalami penyegaran kecil, ada juga mobil yang benar-benar baru.

“Ada yang sekadar facelift, ada juga yang minor change, lengkap, lah. Ada yang rencananya juga untuk create pasar baru. Tetapi ya karena pasarnya sekarang ini agak terganggu dan kami belum tahu kondisi ke depannya seperti apa, ya balik lagi lihat pasar tahun ini,” pungkas Dimas.

Salah satu model yang akan dirilis adalah Toyota Fortuner generasi terbaru. Thailand dan Australia sudah merilis generasi terbaru dari Fortuner. Sayangnya, Indonesia belum kedapatan ingin merilis salah satu SUV yang laris ini. Saat dikonfirmasi Anton Jimmi pun mengelak jika Fortuner terbaru akan segera meluncur.

“Peluncuran Toyota Hilux ini bukan peluncuran model terakhir tahun ini. Karena akan ada launching berikutnya. Dan akan ada lagi launching lain-lainnya yang akan kami sampaikan. Tunggu undangannya saja,” tutup Anton sembari tersenyum.

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts

/