Home » Berita » Komersial » Setengah Abad Mitsubishi Fuso di Indonesia, Perkenalkan Truk Bertenaga Listrik

Setengah Abad Mitsubishi Fuso di Indonesia, Perkenalkan Truk Bertenaga Listrik

Mitsubishi Fuso eCanter akan tampil di ajang GIICOMVEC bulan depan

Jakarta – Merek Mitsubishi Fuso termasuk pemain lawas dalam dunia kendaraan niaga di Indonesia. Truk berlogo tiga berlian ini sudah hadir sejak 1970, itu artinya tahun ini menginjak usia 50 tahun. Untuk merayakan eksistensinya selama setengah abad, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) akan memperkenalkan truk listrik mereka yaitu eCanter di Indonesia.

Perkenalan ini juga menjadi momentum KTB untuk menunjukkan inovasi terbaik dari Mitsubishi Fuso. Nantinya, Mitsubishi Fuso eCanter akan dipamerkan pada ajang GIICOMVEC 5-8 Maret 2020 di Jakarta Convention Center. Fuso eCanter merupakan truk berjenis light duty (LDT) yang didukung tenaga listrik dari baterai.

“Kami akan senantiasa melakukan inovasi, untuk itu kami akan memperkenalkan truk masa depan eCanter. Ini adalah salah satu inovasi dari Fuso sebagai perusahaan terdepan dalam teknologi kendaraan niaga, di mana eCanter adalah 100% truk elektrik. Detail mengenai eCanter akan kami sampaikan pada ajang GIICOMVEC,” ujar Atsushi Kurita selaku President Director PT KTB saat Media Gathering beberapa waktu lalu.

Kiprah Mitsubishi dalam menyediakan kendaraan niaga di Tanah Air bermula pada 1970. Saat itu, Mitsubishi memperkenalkan Colt T 100 yang merupakan mobil bak terbuka alias pikap. Berselang tujuh tahun kemudian, atau tepatnya pada 1977, Mitsubishi lantas membawa truk besar di segmen medium duty truck (MDT) yaitu Fuso FM 215 F.

Mitsubishi terus melengkapi lini produknya di segmen kendaraan niaga dengan merilis Colt Diesel FE 119 pada 1990 yang mengisi segmen LCT. Model Colt Diesel ini juga populer disebut Canter berciri khas kepala kuning.

Canter hadir diawali dari model Mitsubishi Colt T100. Konsepnya mirip namun dengan ukuran yang lebih besar dari T100. Colt Diesel digunakan sebagai mobil angkutan barang di daerah pedalaman yang sulit dijangkau oleh kendaraan besar.

Ketersediaan sparepart yang melimpah dan perawatan mudah jadi alasan Colt Diesel jadi favorit. Pengemudi Colt Diesel atau Canter tidak kesulitan mencari suku cadang di bengkel resmi atau toko sparepart apabila mengalami masalah dalam perjalanan.

Eksistensi Mitsubishi Fuso di Milenium Ketiga

Mitsubishi Fuso Fighter (Foto: Santo/Carmudi)

Mitsubishi Fuso membuktikan diri mampu bertahan selama beberapa dekade. Kepala kuning (Colt Diesel) dan kepala oranye (Fuso) terus eksis hingga memasuki milenium ketiga. Pada 2007, Mitsubishi Fuso memasuki era standar emisi Euro II yang berlaku di Indonesia.

“Kami pada tahun 2017 lalu merayakan pencapaian 1 juta unit untuk Colt Diesel dan menjadi Absolute Market Leader. Pencapaian berikutnya di tahun 2019 dengan meluncurkan Fighter yang menandai era baru pada segmen medium duty truck. Di tahun 2020 ini kami memenuhi standar B30 dan akan menampilkan eCanter,” ucap Dony Hermawan, selaku Head of PR & CSR Departement PT KTB.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Pasar Kendaraan Niaga Lesu, Mitsubishi Fuso Coba Pertahankan Dominasi Truk

Previous post
Cara Daihatsu Meningkatkan Kemampuan Teknisi
Next post
Mobil Listrik Nissan Meluncur Tahun Ini, Edukasi Gencar Dilaksanakan