Berita Mobil Sumber informasi Tips dan Trik

Setir Mobil Goyang, Mungkin Bagian Kaki-kaki Berikut Harus Diganti

bengkel kaki kaki

Bengkel spesialis kaki-kaki mobil. (Foto: Carmudi/Rizen)

=======—- – Pernah mengalami gejala setir mobil goyang cukup liar saat dikendarai? Hal tersebut tentunya sangat mengurangi kenyamanan di jalan raya. Selain merasa risih atas buruknya komunikasi setir, hal tersebut juga dirasa berbahaya. Jika mobil Carmudian mengalami hal tersebut, ada baiknya beberapa hal di bagian kaki-kaki mobil wajib diganti.

Setir mobil yang goyang cukup liar biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah rusaknya beberapa komponen yang ada di bagian kaki-kaki. Ade, mekanik di bengkel spesialis kaki-kaki YPS Puja, Depok, Jawa Barat mengatakan hal yang sama. Ia menyarankan agar mobil sebaiknya diperiksa secara detail.

“Kalau setir terasa liar saat dikendarai itu bisa disebabkan komponen kaki-kaki sudah umur, harus diganti. Biasanya sih diganti satu set sudah normal lagi dan langsung lurus dan enak,” buka Ade kepada Carmudi, Rabu (10/07/2019) di Jl Nusantara Raya, Depok.

Komponen yang diganti terdiri dari steering rack, bushing arm, ball joint, tierod, long tierod, dan komponen kaki-kaki lainnya. Ade mengatakan bahwa semua komponen kaki-kaki tersebut sebaiknya dilakukan pengecekan setiap enam bulan sekali. Tapi kalau mobil jarang dipakai, bisa dilakukan pengecekan setahun sekali untuk menjaga performa kaki-kaki agar tetap oke.

“Idealnya sih sebenarnya enam bulan sekali. Tapi, banyak orang yang biasanya membawa mobil kalau sudah rusak. Ini sih sebenarnya kebiasaan yang kurang bagus. Karena sebetulnya merawat mobil itu lebih baik melakukan perbaikan sebelum benar-benar rusak. Kalau sudah benar-benar rusak, biaya yang harus keluar lebih banyak,” tambahnya.

Harga Perbaikan Kaki-Kaki Mobil

bengkel kaki kaki mobil

Proses perbaikan kaki-kaki mobil. (Foto: Carmudi/Rizen)

Bengkel yang sudah berdiri sejak 2013 ini dinilai tidak mematok harga yang mahal. Sebagai gambaran, bengkel YPS Puja juga menyediakan jasa refurbish atau perbaikan komponen kaki-kaki. Di bengkel ini Carmudian bisa juga hanya menggunakan dan membayar jasanya saja. Jadi pelanggan bisa membawa spare part kaki-kaki mobilnya sendiri. Di sini menerima berbagai layanan demi memberikan kepuasan pelanggan.

“Yang beli atau ganti kaki-kaki disini banyak, yang bawa sendiri spare part-nya juga banyak. Biasanya yang bawa sendiri itu mobil yang agak jarang spare part-nya. Karena mungkin spare part-nya juga jarang yang jual, makanya beberapa konsumen bawa sendiri,” lanjut Ade.

Ia menyarankan setir mobil goyang bisa dihindari dengan memeriksa kaki-kaki secara rutin. Kebiasaan melibas jalanan rusak tanpa mengurangi kecepatan juga menjadi salah satu faktor kaki-kaki menjadi cepat rusak.

“Jalan rusak dihantam saja, itu bisa cepat rusak juga kaki-kaki. Sebaiknya kalau ada jalan rusak pelan saja. Ada lubang dihindari. Lebih sayang mobil, lah,” pungkasnya.

Sebagai gambaran, ongkos jasa yang dipatok di bengkel ini berkisar Rp300 ribu hingga Rp1 juta untuk empat ban. Mobil-mobil yang paling laris di pasaran memang memiliki ongkos jasa yang cukup murah. Namun, untuk beberapa mobil Eropa seperti BMW, Mercedes-Benz, Peugeot, atau FIAT memiliki biaya jasa yang cukup mahal. (dms)

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts