Reviews

Shiver 900, Pilihan Motor Aprilia 2021 di Indonesia

Jakarta – Shiver 900 menjadi model tunggal motor Aprilia 2021 dijual di Indonesia. Setidaknya sampai artikel diturunkan. Kebetulan, Carmudi mendapat kesempatan mencobanya baru-baru ini.

Carmudian yang berencana meminang motor gede (moge) pesaing Kawasaki Z900 atau Yamaha MT-09 tersebut bisa simak ulasan Shiver 900 berikut ini.

Harga Motor Aprilia 2021 Indonesia

Aprilia Shiver 900 (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Sejak lama Aprilia yang berada di bawah naungan PT Piaggio Indonesia (PID) sangat selektif untuk produk yang dibawanya ke Tanah Air.

Pada 2015 lalu mereka sempat menghadirkan motor sport fairing RSV4. Model ini cukup lama sendirian mengisi line up motor baru Aprilia.

Kemudian mereka melakukan penyegaran jajaran produk pada 2019. Aprilia RSV4 tak lagi ditemui di dalam katalog, posisinya kemudian digantikan oleh naked bike Aprilia Shiver 900.

Sampai 2021 ini, Shiver 900 pun menjadi produk tunggal yang dimiliki Aprilia untuk pasar Indonesia.

Kehadiran model ini sebenarnya cukup menarik karena bisa jadi pilihan baru segmen moge yang mayoritas diisi produk sport fairing.

Apalagi motor ini punya banyak tawaran yang bisa memikat calon konsumen.

Walaupun, untuk motor dengan harga Rp500 juta lebih ada beberapa aspek yang rasanya masih bisa ditingkatkan.

Buat Carmudian yang ingin langsung melihat harga dan cicilan Shiver 900 sebagai model tunggal motor Aprilia 2021 di Indonesia bisa langsung menuju akhir artikel.

Tapi untuk memahami seluk beluk motor ini, ada baiknya simak dulu pelan-pelan.

Motor Aprilia 2021 Indonesia

Shiver 900 punya proporsi tampilan yang pas. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Desain Aprilia Shiver 900

Urusan desain memang sangat tergantung selera masing-masing orang yang melihat. Tapi kalau boleh dibilang, Shiver 900 punya proporsi tampilan yang pas alias tidak terlalu agresif tapi masih terlihat keren.

Karena kalau melihat kompetitornya seperti Kawasaki Z900, Yamaha MT-09, atau BMW F 900 R maka kita akan disuguhkan penampilan yang sangat tajam. 

Aprilia berhasil meracik desain yang seimbang. Ukuran dan bentuk headlamp, tangki bahan bakar, shroud, sampai ke bodi belakang tampil selaras.

Headlamp sudah menggunakan model diamond cut jadi terkesan modern. Tapi tampilannya dijamin bisa tambah keren kalau saja pencahayaan sudah menggunakan LED.

Kemudian di bagian sampingnya, bentuk shroud menyerupai air scoop bisa ditemui mengapit kedua sisi tangki bahan bakar.

Tapi asyiknya, walau tangki tersebut sangat besar tapi bagian bawahnya dibuat lebih ramping. Jadi rider bisa tetap nyaman saat berkendara.

Sisi lain yang tak kalah menarik dari motor ini adalah posisi knalpot yang berada di tengah. Lebih tepatnya di bawah stoplamp

Desain semacamnya ini tampaknya sudah menjadi ciri khas Aprilia Shiver karena juga bisa ditemui pada model Shiver 700. Tapi untuk Shiver 900 bentuknya cenderung lebih membulat.

Kalau dilihat dari belakang, lubang knalpot seperti ditutup plat berbentuk lonjong. Nah, lubang pembuangan yang sebenarnya dibuat tersembunyi dan diarahkan ke samping luar.

Tujuannya agar pengendara lain di belakang tidak terganggu semburannya. Keren!

Kesan lain yang juga tercermin dari tampilan motor ini adalah gagah atau berotot. Hal ini tak lepas dari penggunaan kaki-kaki yang sangat besar.

Di bagian depan  motor ini pakai suspensi upside down dengan diameter 41 mm. Lalu bannya punya ukuran 120/70 17.

Tampilan jadi semakin berisi dengan penggunaan cakram ganda model floating berukuran 320 mm.

Ban belakangnya jauh lebih besar lagi dengan ukuran 180/55 17. Menariknya, suspensi belakang menggunakan model monoshock yang posisinya ditaruh di sebelah kanan bodi motor. 

Aprilia Shiver 900 Review

Aprilia Shiver 900 menggunakan mesin konfigurasi V-Twin dengan sudut kemiringan 90 derajat. (Foto: PID)

Mesin dan Fitur Aprilia 900

Aprilia Shiver 900 menggunakan mesin konfigurasi V-Twin dengan sudut kemiringan 90 derajat. Dengan kapasitas 896 cc, mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga sampai 95 Hp dan torsi 90 Nm.

Sebagai gambaran, itu artinya tenaga motor ini setara dengan output yang dimiliki Honda Brio

Carmudi mencoba motor ini di lalu lintas Jakarta yang terkenal padat. Performa mesin di atas jelas lebih dari cukup untuk melibas medan tersebut. 

Kami beberapa kali menghadapi kemacetan. Pada kecepatan rendah, tenaga mesin cukup mudah diatur dengan ikut memainkan tuas kopling yang tergolong ringan.

Hanya saja rider mesti pintar-pintar menjaga keseimbangan karena bobot kering motor ini saja sampai 199 kg. 

Ketika bertemu jalanan yang relatif kosong, kami coba buka gas lebih besar. Di sini potensinya mesin benar-benar terasa galak. 

Padahal mode berkendara ditaruh pada pilihan Tour yang karakternya bisa dibilang cukup halus. Di samping itu, Aprilia Shiver 900 masih punya opsi berkendara Sport buat mengeluarkan potensi mesin sepenuhnya. Kemudian opsi Rain yang penggunaannya disesuaikan dengan namanya.

Tarikan yang galak itu adalah buah dari torsi motor ini yang dapat dikatakan cukup besar di kelasnya.

Dengan mesin yang bertenaga maka sudah sepatutnya motor ini juga dibekali fitur keselamatan yang mumpuni.

Untuk hal itu rider tak perlu khawatir lantaran ada fitur kontrol traksi dengan tiga tingkat sensitivitas. Sehingga ban belakang akan selalu mendapat cengkeraman yang dibutuhkan dan tidak mengalami selip.

Semua pengaturan fitur-fitur yang telah disebutkan bisa dilakukan lewat layar TFT berukuran 4,3 inci. Perangkat ini pun tak main-main karena punya kecanggihan yang patut diacungi jempol.

Salah satunya ialah on board navigation dan sudah mendukung koneksi Bluetooth ke helm atau smartphone dengan memanfaatkan aplikasi Aprilia Mia.

Layar TFT Aprilia Shiver 900

Semua pengaturan fitur-fitur yang telah disebutkan bisa dilakukan lewat layar TFT berukuran 4,3 inci. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Riding Position Nyaman

Faktor lain yang membuat kami menyukai motor ini adalah posisi berkendara yang tergolong nyaman.

Di atas kertas, tinggi jok Aprilia Shiver 900 adalah 810 mm. Ukuran tersebut terasa masih ideal karena kaki bisa menapak sempurna ke permukaan aspal.

Setidaknya untuk test rider dengan tinggi badan 179 cm.

Kemudian stang juga bisa dijangkau dengan mudah sehingga posisi berkendara tidak terlalu menunduk. Tapi kalau Carmudian mau melakukannya juga bisa saja. Karena tangkinya berukuran besar sehingga terasa mantap ketika dipeluk.

Faktanya, kami selalu mengambil posisi seperti itu ketika berakselerasi dengan motor ini. Lantaran terasa lebih nyaman dibanding harus melawan ‘jambakan’ ke belakang.

Secara keseluruhan pengendalian Aprilia Shiver 900 pun tergolong asyik. Teras mantap ketika berbelok dan stabil saat lurus.

Hanya saja mesti hati-hati saat bertemu putar balik karena radius putarnya terbatas. 

Kemudian, faktor kenyamanan itu juga tak lepas dari joknya yang lebar untuk bagian depan. Joknya itu sendiri menggunakan model yang menyatu dari depan sampai belakang.

Hal ini memang sudah menjadi ciri khas dari sebuah naked bike.

Aprilia Shiver 900

Faktor lain yang membuat kami menyukai motor ini adalah posisi berkendara yang tergolong nyaman. (Foto: PID)

Harga Motor Aprilia 2021 di Indonesia: Shiver 900

Dibanding para rivalnya, Aprilia Shiver punya harga lebih tinggi. Menurut daftar harga motor Aprilia 2021 yang diterima Carmudi, PT PID selaku distributor resmi memasarkannya dengan harga Rp555 juta (On The Road DKI Jakarta).

Harga yang tinggi itu bisa dimaklumi mengingat ini adalah motor Eropa. Selain faktor teknis, tingkat prestisenya juga berbeda.

PT PID menyediakan beberapa penawaran yang bisa dinikmati konsumen. Sebut saja bunga cicilan nol persen untuk dua tahun awal.

Kemudian ada paket aksesori yang terdiri dari knalpot Akrapovic, spion aluminium, cover tangki dan tabung pelumas kopling, sepatbor depan karbon, dan engine guard.

Tenor Bunga Cicilan DP Cicilan
12 0% Rp212.959.500 Rp30.063.000
24 0% Rp236.490.500 Rp14.454.000
36 1,7% Rp260.790.500 Rp9.699.000

Informasi cicilan di atas tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Angka Down Payment (DP) sudah termasuk asuransi.

Baca Juga: 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts