Home » Berita » Siap-Siap, Honda Accord Turbo Segera Masuk Indonesia

Siap-Siap, Honda Accord Turbo Segera Masuk Indonesia

Honda Accord turbo (Foto: Paultan)

Jakarta – Indonesia akan kembali kedatangan mobil baru. Setelah Toyota Camry, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Wuling Almaz, diperkirakan dalam waktu dekat Honda juga akan mendatangkan Accord terbaru.

Mobil yang bermain di segmen sedan premiun satu ini bisa dikatakan sangat spesial. Sebab mengusung mesin lebih kecil dari yang sekarang masih dipasarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Meski mesin lebih kecil, tapi Accord terbaru sudah dibekali dengan turbocharger.

Kedatangan Honda Accord Turbo ke Indonesia sudah bisa dipastikan benar, terlebih belum lama ini HPM kedapatan telah mendaftarkan Honda Accord Turbo ke Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta.

Dari data BPRD, Honda telah mendaftarkan mobil barunya dengan kode ACCORD 1.5TC EL CVT.

Bila dijabarkan, angka 1.5 di kode tersebut menandakan kapasitas mesin yang diusung oleh mobil. Lalu ada kata TC di depannya, diperkirakan nama pendek dari turbocharger, sedangkan CVT adalah jenis transmisi otomatis. Dapat disimpulkan bahwa Honda akan membawa Accord turbo hanya satu varian mesin dan transmisi.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM enggan berkomentar banyak terkait kedatangan Honda Accord turbo ke Indonesia.

Interior Honda Accord turbo (Foto: Paultan)

“Belum bisa aku jawab, nanti ya kalau sudah saatnya,” kata Jonfis kepada Carmudi melalui pesan singkat.

Untuk diketahui saat ini Honda masih memasarkan Honda Accord dengan mesin berkapasitas 2.4L DOHC i-VTEC. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan daya 176 ps pada 6.200 rpm dan torsi puncak 225 Nm pada 4.000 rpm. Honda menjualnya dengan harga Rp664,5 juta.

Honda Accord Turbo Sudah Diperkenalkan di Thailand

Sebelum masuk Thailand, Honda Accord turbo lebih dahulu mendarat di Amerika Serikat pada 2017 lalu. Sedangkan di Thailand baru diperkenalkan pada November 2018 bersamaan dengan Thai Motor Expo di Bangkok.

Tidak ada bocoran spesifikasi yang disampaikan oleh Honda Thailand saat perkenalan Accord terbaru. Tapi diprediksi desain dan beberapa fiturnya akan sama seperti yang sudah lebih dahulu dipasarkan di Amerika Serikat.

Mesin Honda Accord turbo (Foto: Paultan)

Di Amerika Honda Accord terbaru dibekali dengan dua pilihan mesin. Di antaranya 2.0 litre turbocharged empat silinder yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal 252 hp dan torsi 370 Nm. Sedangkan mesin 1.5 litre turbocharged empat silinder bertenaga 192 hp pada 260 Nm.

Dua sedan tersebut ditawarkan dengan transmisi manual enam percepatan dan otomatis 10 percepatan.(dol)

Mitsubishi Fuso
Previous post
Mitsubishi Fuso Fighter Diuji di Sumatera Sebelum Meluncur
Next post
Segitiga Motor Bonyok, Penyebabnya Bukan Cuma Karena Nabrak