Home » Berita » Siap-Siap, Mobil Listrik Pertama Jaguar Segera Masuk Indonesia

Siap-Siap, Mobil Listrik Pertama Jaguar Segera Masuk Indonesia

Jaguar I-pace. (Foto: Jaguar)

Jakarta – Sejumlah produsen mobil di Tanah Air telah menyatakan sikap bahwa akan memasarkan mobil listrik. Termasuk PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) Authorized Distributor Jaguar Land Rover di Indonesia yang berencana membawa masuk Jaguar I-pace. Menyambut kedatangan mobil listrik pertama Jaguar ke Indonesia, WAE telah melakukan berbagai persiapan.

“Untuk Indonesia kami mempersiapkan hal ini tentunya sebagai pioner dan salah satunya yang sedang kami pertimbangkan untuk membawa ke Indonesia adalah Jaguar I-pace. Persiapan yang telah kami lakukan mulai dari training mekanik, infrastuktur dan bengkel. Ini kami lakukan supaya dapat melayani secara baik dan menyeluruh untuk mobil-mobil listrik dari jajaran Jaguar Land Rover,” ujar Jentri Izhar, Brand Director Jaguar Land Rover, pekan lalu di Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Menyoal waktu peluncuran Jaguar I-pace, Jentri belum bisa memastikannya. Sebab masih menunggu terbitnya regulasi kendaraan listrik. Akan tetapi pihaknya berharap jika tidak ada kendala maka mobil tanpa emisi itu bisa masuk tahun ini.

Jaguar I-pace. (Foto: Jaguar)

“Memang Jaguar I-pace sedang kami pelajari untuk kami bawa. Tentunya targetnya kapan harus meluncur belum bisa saya sampaikan, kalau bisa syukur-syukur tahun ini. Tapi tentunya kami sudah mulai pelajari I-pace. Jadi tunggu tanggal mainnnya,” papar dia.

Sumber Tenaga Jaguar I-pace

Jaguar I-pace pertama kali diperkenalkan di Los Angeles Auto Show di Amerika Serikat (AS) pada November 2016 lalu. Saat itu crossover listrik ini masih dalam bentuk konsep. Versi produksi massal resmi meluncur pada 2018 di Inggris.

Mobil ini dibekali dengan dua motor listrik yang dipasangkan di masing-masing as roda. Sumber tenaga Jaguar I-pace berasal dari baterai berdaya 90 kWh dengan kemampuan menghasilkan tenaga 394 hp. Dalam kondisi baterai terisi penuh Jaguar I-pace mampu menempuh perjalanan sejauh 500 kilometer dan mampu melaju dari posisi diam sampai 100 kilometer per jam dalam waktu 4 detik serta kecepatan tertinggi 124 mph.

Jaguar I-pace. (Foto: Jaguar)

Pesiang terdekat Tesla Model X ini dikabarkan punya teknologi fast charging. Dalam waktu 45 menit baterai yang tadinya kosong bisa terisi hingga 80 persen. Itu jika menggunakan daya pengisi 100 kW, jika hanya 50 kW kira-kira waktu yang dibutuhkan sekira 90 menit.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Ingat, Mobil LCGC Bukan untuk Jarak Jauh
Next post
Jadi Kiblat Baru Modifikator, Malang Buka Black Auto Battle Warm Up 2019