Berita

Siap-siap, Toyota Kijang Innova Hybrid Meluncur Tahun Depan

Jakarta – Toyota Kijang Innova Hybrid akan meluncur di Indonesia 2022. Kabar tersebut diketahui dari materi presentasi yang disampaikan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita baru-baru ini.

Toyota berkomitmen menambah investasi di Indonesia sebesar Rp28,3 triliun hingga 2024. Sebagian dari investasi tersebut akan digunakan untuk membangun fasilitas produksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat supaya bisa memproduksi mobil hybrid.

Toyota Kijang Innova Hybrid

Pabrik Perakitan Mobil Toyota (Foto: TMMIN)

Rencananya pabrik TMMIN akan mulai memproduksi mobil hybrid pada 2022. Pihak TMMIN sendiri sampai saat ini belum mau membocorkan nama mobil hybrid yang nanti diproduksinya.

“Pada 2022 kami akan mulai memproduksi model-model hybrid. Ada dua alternatif, kami membuat mobil model baru atau kami meng-hybrid-kan model yang sudah ada,” ungkap Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal PT TMMIN, Desember tahun lalu.

Setelah sekian lama menjadi teka-teki, akhirnya terungkap juga mobil hybrid yang akan diproduksi lokal oleh TMMIN.

Dalam materi presentasi yang disampaikan oleh Menperin Agus dibeberkan bahwa, Toyota berencana memproduksi sebanyak 10 mobil hybrid termasuk lima model Plug In Hybrid.

Dari beberapa mobil hybrid yang akan diproduksi lokal, satu di antaranya adalah Toyota Kijang Innova Hybrid. Rencananya mobil keluarga itu akan diluncurkan di Tanah Air tahun depan.

PPnBm Mobil 2.500 cc

Toyota Kijang Innova terbaru dibanderol mulai Rp339 jutaan (Foto: TAM)

“Salah satunya merek nasional Kijang Hybrid pada 2022,” demikian petikan materi presentasi Menperin.

Tak cuma mobil hybrid saja, rupanya divisi mobil mewah Toyota, yakni Lexus juga berencana mendatangkan model terbaru dari Lexus UX300e. Compact luxury crossover SUV satu ini merupakan mobil listrik murni pertama keluaran Lexus.

10 Mobil Listrik Toyota Akan Meluncur di Indonesia

Sebagai salah satu bentuk dukungan kepada pemerintah Indonesia dalam mempercepat pertumbuhan industri kendaraan listrik, Toyota telah menyampaikan niatnya untuk memproduksi mobil hybrid secara lokal.

Selain itu, prinsipal Toyota di Jepang juga telah menyiapkan 10 mobil listrik untuk dipasarkan di Indonesia. Rencana tersebut diungkapkan oleh Yoichi Miyazaki, Asia Region CEO TMC saat bertemu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, akhir tahun lalu.

Kendaraan Listrik Thailand

Lexus UX 300e jadi mobil listrik pertama dari Lexus (Foto: Toyota)

“Toyota berkomitmen penuh untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mengurangi emisi, dan juga mengurangi impor minyak bagi kendaraan bermotor. Setidaknya, dalam lima tahun ke depan, Toyota sudah menyiapkan 10 jenis kendaraan listrik bagi konsumen Indonesia,” papar Yoichi Miyazaki dalam keterangan resminya.

Sayangnya Yoichi Miyazaki tidak menyebutkan secara detail model mobil listrik yang akan masuk ke Indonesia.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts