Berita

Siapa Bilang Daihatsu Tak Punya Mesin Turbocharger? Ini Buktinya

Mesin Turbocharger Daihatsu

Daihatsu Rocky (Foto: Paultan)

Jakarta – Sebagian orang mungkin tidak tahu bahwa Daihatsu memiliki mesin berteknologi turbocharger. Ternyata, teknologi turbocharger sudah lama diadopsi oleh Daihatsu pada beberapa modelnya. Tetapi, untuk saat ini Daihatsu belum memasarkan mobil dengan mesin turbocharger di Indonesia.

Di Jepang, Daihatsu telah memasarkan beberapa model yang sudah dibekali teknologi turbocharger. Di antaranya, New Tanto, Rocky, dan New Taft. Umumnya, mobil Daihatsu yang telah mendapat turbocharger punya mesin berkapasitas kecil yaitu 660 cc.

Baca Juga:

Kendati mesinnya sangat kecil sekali, Daihatsu mengklaim berkat bantuan turbocharger performa rata-rata yang dihasilkan bertambah sekira 30% dari kemampuan kapasitas mesin aslinya.

Secara fungsi dan mekanis, komponen turbocharger pada mobil Daihatsu mengadaptasi sistem dengan cara mendorong induksi di dalam mesin mobil. Lalu, memanfaatkan gas buang dari mesin untuk menghasilkan udara dalam jumlah besar menuju silinder untuk pembakaran.

Hal tersebut karena turbocharger ini memanfaatkan aliran udara hasil pembakaran di saluran buang sebagai sumber energi.

Mesin Turbocharger Daihatsu

Daihatsu Taft concept pertama kali dipamerkan di ajang Tokyo Auto Salon 2020 (Foto: Dok. Daihatsu)

Di samping menambah tenaga mesin, penyematan mesin turbocharger menjadikan kendaraan Daihatsu lebih ramah lingkungan.

“Sebagai salah satu produsen mobil yang selalu berinovasi dalam mengembangkan setiap produknya, Daihatsu selalu berusaha memenuhi permintaan pelanggan. Terutama, bagi mereka yang menginginkan sebuah kendaraan dengan performa tinggi, dan lebih ramah lingkungan,” ujar Anjar Rosjadi, Head of Marketing Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam keterangan resminya, Rabu (24/2/2021).

Daihatsu Ayla Turbo

Sekira dua tahun lalu, PT ADM pernah memamerkan mobil konsep Ayla yang telah dibekali turbocharger. Tujuannya, untuk menunjukkan sisi lain dari tim Research and Development (RnD) ADM.

Mesin Turbocharger Daihatsu

Daihatsu Tanto (Foto: Carmudi)

Saat dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 banyak pengunjung GIIAS yang terpesona dengan tampang baru Ayla ini.

Pemilihan model Ayla untuk dimodifikasi bergaya racing dan ditambah turbocharger bukan tanpa alasan. Mobil perkotaan itu selalu indentik dengan kendaraan yang hanya dipakai untuk harian saja padahal mobil ini bisa dimodifikasi bergaya apapun termasuk racing.

Baca Juga:

Perbedaan utama dibanding Ayla standar terletak pada komponen turbo yang terpasang di mesin. Dalam keadaan standar pabrikan, Daihatsu Ayla dibekali mesin 3NR-VE,DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 86 Hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 108 pada 4.200 rpm.

Ketika Daihatsu Ayla dipasangi komponen turbocharger tenaga mesin mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Daihatsu Ayla Turbo

Desain Daihatsu Ayla Turbo berubah signifikan untuk kejar performa (Foto: Carmudi)

Berdasarkan test dyno, Daihatsu Ayla turbo mampu mengeluarkan tenaga sekuat 197 Hp dan torsi 242 Nm.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts