BeritaMobilSumber informasi

Sigra Masih Jadi Primadona Bagi Daihatsu

Penulis : Santo Evren

Sigra

Sigra menjadi model primadona Daihatsu dengan angka pengiriman tertinggi diantara seluruh model Daihatsu lainnya (Carmudi Indonesia/Zainal)

Jakarta – Sejak pertama kali hadir pada Agustus 2016, Daihatsu Sigra digadang-gadang akan menjadi primadona terbaru setelah Xenia.

Benar saja, data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) dan retailsales (pabrik ke konsumen) menunjukkan bahwa Sigra selalu menjadi penyumbang terbesar penjualan penjualan Daihatsu secara nasional.

Pada penjualan wholesales Januari-Oktober, Sigra berada di posisi puncak dengan raihan angka penjualan sebesar 36.722 unit pada atau menyumbang 23 persen dari total penjualan.

Kontribusi terbesar lainnya datang dari Gran Max (PU) dengan jumlah unit yang didistribusikan sebanyak 34.667 unit (22%), kemudian disusul oleh Xenia sebanyak 31.743 unit (20%).

Model Daihatsu lainnnya yang juga memberikan kontribusi yang positif selama 10 bulan yaitu Ayla menyumbang 25.946 unit (17%), Gran Max (MB) 12.209 unit (8%), dan Daihatsu Terios 9.873 unit (6%).

Sedangkan Daihatsu Luxio, Sirion, Hi-Max, dan Copen mencetak angka penjualan total sebesar 5.833 unit (4%).

Sigra Kuasai Retailsales Daihatsu

Sementara itu bila mengacu pada data retailsales, Sigra tetap menduduki posisi puncak dengan jumlah penjualan sebanyak 38.166 unit pada periode yang sama atau 25% dari total penjualan.

Lalu disusul dengan Gran Max Pick Up (PU) yang berkontribusi sebanyak 32.867 unit (22%), dan Xenia sebesar 29.490 unit (20%).

Kemudian model lainnya yang juga berkontribusi positif terhadap penjualan Daihatsu selama 10 bulan yaitu Ayla dengan torehan 22.373 unit (15%), Gran Max Mini Bus (MB) 10.815 unit (7%), serta Terios 9.560 (6%).

Daihatsu lainnya (Luxio, Sirion, Hi-Max dan Copen) ikut menyumbang hasil yang cukup baik dengan total 6.581 unit (5%).

Market Share Daihatsu Meningkat

Walaupun pasar otomotif secara nasional masih cenderung stagnan, namun Daihatsu mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan. Adapun jumlah total penjualan wholesales Daihatsu berada di angka 156.993 unit pada Januari-Oktober, sementara total retailsales mencapai 149.852 unit.

Daihatsu juga mengalami peningkatan market share yang baik dengan 17,7 persen untuk wholesales, dan 17,8 persen dari retail sales.

“Saat ini pasar otomotif cenderung stagnan. Dengan raihan market share hingga 17,8 persen, membuktikan bahwa Daihatsu tetap menjadi pilihan di hati masyarakat. Kami berharap, pencapaian ini dapat terus tumbuh sejalan dengan peningkatan pelayanan purnajual Daihatsu,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts