Mobil

Simak 5 Keunggulan Aion Y Plus, Cocok untuk Masyarakat Indonesia

Aion Y Plus mempunyai berbagai keunggulan. Berkaca dari hal tersebut mobil listrik ini diklaim sangat cocok untuk masyarakat Indonesia, terlebih harganya yang tak sampai Rp500 juta.

Aion Y Plus merupakan produk mobil listrik pertama dari PT Indomobil Energi Baru (IEB) selaku Agen Pemegang Merek (APM) GAC Aion untuk pasar Indonesia.

Baca Juga: Harga GAC Aion Y Plus Rp400 Jutaan, Bulan Depan Dikirim ke Konsumen

Harga Aion Y Plus

Aion Y Plus resmi meluncur (Foto: Santo/Carmudi)

Mobil listrik untuk keluarga ini dihadirkan sebagai bentuk komitmen GAC Aion dalam menyediakan pilihan transportasi rendah emisi dan ramah lingkungan

President GAC AION South East Asia, Ocean Ma mengatakan bahwa GAC Aion melihat potensi besar di industri otomotif Indonesia.

“Sebagai pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara, kami melihat Indonesia sebagai mitra strategis dalam memenuhi tujuan ekspansi bisnis GAC Aion di luar China. Kami juga berkomitmen untuk membawa produk energi baru kelas dunia kepada konsumen global dan bersama memulai gaya hidup dengan kendaraan energi baru yang cerdas,” kata Ocean Ma.

Sementara Andry Ciu, Chief Executive Officer (CEO) GAC Aion Indonesia mengatakan pihaknya sengaja mendatangkan Aion Y Plus sebagai produk pertama dari GAC Aion untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang semakin beragam.

Keunggulan Aion Y Plus

Aion Y Plus vitality green (Foto: Santo/Carmudi)

“Kami dengan bangga memperkenalkan Aion Y Plus, solusi berkendara yang tepat bagi keluarga muda dan individu dengan mobilitas tinggi. Inovasi yang ditawarkan oleh Aion Y Plus menggabungkan inovasi, kecerdasan, keunikan serta keselamatan, dan memberikan sarana bagi konsumen untuk secara aktif berkontribusi pada pembangunan sosial-ekonomi dan keberlanjutan lingkungan,” ungkap Andry Ciu.

Mobil listrik pendatang baru asal China ini dijual dalam dua pilihan varian, yaitu Exclusive dengan harga Rp415 juta dan Premium Rp475 juta On The Road (OTR) Jakarta.

Dijual dengan harga yang cukup terjangkau, Aion Y Plus membawa berbagai keunggulan yang bisa membuat berkendara menjadi lebih menyenangkan.

Baca Juga: Aion Y Plus Mau Dirakit Lokal, Bagaimana dengan Harganya?

Keunggulan Aion Y Plus

Bagian belakang Aion Y Plus (Foto: Santo/Carmudi)

Lima Keunggulan Aion Y Plus

Aion Y Plus varian Exclusive dan Premium sama-sama menawarkan fitur cerdas, interior luas, sistem keselamatan canggih, dan kenyamanan terbaik sehingga sangat cocok untuk masyarakat Indonesia.

“Aion Y plus ini sangat cocok dengan masyarakat Indonesia, kenapa? selain membawa power dan performa yang memadai, Aion Y Plus menyediakan luasan space (ruang) di dalam kabin baik di row atau bangku baris pertama maupun row kedua yang cukup memadai untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat Indonesia,” terang Andry Ciu.

Dirinya menambahkan, terdapat lima keunggulan yang dimiliki oleh Aion Y plus, yakni Unlimit Your Journey, Unlimit Your Assurance, Unlimit Your Comfort, Unlimit Your Innovation, dan Unlimit Your Expression.

Keunggulan Aion Y Plus

Bagian samping Aion Y Plus vitality green (Foto: Santo/Carmudi)

“Unlimit Your Journey dengan long baterai dan Unlimit Your Assurance dengan menstandar baru keamanan dari baterai Electric Vehicle (EV). Unlimit Your Comfort dengan menyiapkan space yang cukup luas yang membuat standar baru untuk kategori jenis mobil ini. Unlimit Your Innovation dengan menyiapkan teknologi yang memadai dalam berkendara dan juga Unlimit Your Expression dengan menyiapkan keleluasaan untuk berekspresi,” sambungnya.

Unlimit Your Journey

Aion Y Plus varian Exclusive dan Premium menggendong tipe baterai yang sama tapi dengan kapasitas yang berbeda. Untuk varian Exclusive kapasitas baterainya 50,6 kWh dengan kemampuan jarak tempuh maksimal 410 km, sedangkan baterai pada varian Premium berkapasitas 63,2 kWh punya daya jelajah hingga 490 km.

Khusus varian Premium dengan baterai yang mempunyai daya jelajah tersebut diklaim sanggup untuk berkendara dari Jakarta ke Bandung dan kembali ke Jakarta tanpa perlu melakukan pengecasan daya baterai di tengah perjalanan.

Konsumsi energi pada baterai saat mobil bergerak berdasarkan klaim perusahaan, yakni sekitar 13,9 kWh per 100 km.

Baca Juga: Aion Y Plus Segera Meluncur, Inilah Beberapa Hal yang Perlu Diketahui

Keunggulan Aion Y Plus

Keunggulan Aion Y Plus punya colokan casan menggunakan tipe CCS2 (Foto: Santo/Carmudi)

Mobil ini sudah dilengkapi dengan teknologi i-pedal single pedal yang artinya dengan menggunakan satu pedal bisa untuk akselerasi dan deselerasi yang menghasilkan 92 persen driving efisiensi.

Demi mempermudah pengguna Aion Y Plus dalam melakukan pengisian ulang daya baterai, GAC Aion telah membekalinya dengan charger tipe CCS2 sehingga bisa melakukan pengecasan di seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Unlimit Your Assurance

Aion Y Plus dibekali dengan teknologi baterai canggih, mereka menyebutnya Magazine Battery.

Lewat teknologi tersebut akan melindungi pengguna dengan keselamatan superior yang mendefinisikan standar baru keamanan baterai.

“Teknologi Magazine Battery ini telah menyiapkan insulasi yang mampu menahan panas 1.400 derajat Celsius dan setiap sel dari baterai ini memberikan 30 persen efisiensi yang lebih tinggi dalam menahan panas dan juga dengan sistem level safety battery ini menjamin keamanannya dari segi cell, module, dan pack-nya,” jelas Andry Ciu.

Keunggulan Aion Y Plus

Di bawah kap depan Aion Y Plus terdapat komponen penting untuk tenaga listrik (Foto: Santo/Carmudi)

Unlimit Your Comfort

Interior dari mobil listrik ini dirancang sedemikian rupa sehingga menghasilkan ruang kabin yang lega dan bisa membuat pengemudi maupun penumpang merasa nyaman.

Joknya terutama yang ada di baris depan bisa direbahkan hingga rata dengan jok di baris kedua.

“Tentunya hal ini sangat berguna bagi para pengguna Aion Y Plus apabila butuh istirahat dalam perjalanan yang jauh,” tutur dia.

Menariknya lagi jarak jok baris pertama dengan kedua sangat luas membuat ruang kaki menjadi lega dan pintu yang mampu di buka hampir 90 derajat serta memiliki lantai datar sehingga mempermudah penumpang untuk masuk dan keluar dari kendaraan tanpa mengalami hambatan apa pun.

Baca Juga: Mobil Listrik GAC Aion Bakal Dirakit Lokal di Cikampek

Baris pertama Aion Y Plus (Foto: Santo/Carmudi)

Sementara itu, apabila pengguna Aion Y Plus membutuhkan ruang bagasi yang luas, jok di baris kedua bisa dilipat.

“Ini bisa memberikan kapasitas bagasi 1.200 liter. Dengan kapasitas ini tentu bisa memadai kebutuhan masyarakat Indonesia akan bagasi yang lapang,” terang Andry Ciu.

Unlimit Your Innovation

Keunggulan berikutnya, yaitu Aion Y Plus telah dilengkapi dengan fitur dan teknologi komprehensif, termasuk sistem sensor Integrated Body Control Module (IBCM) dan sistem kamera panorama 360 derajat. Fitur dan teknologi tersebut memungkinkan penggunanya berkendara dengan kendali lebih nyaman, halus tanpa guncangan, serta elegan seperti mengendarai mobil mewah.

Selain itu, terdapat pula fitur keyless start, Intelligent voice control (perintah suara) dan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Keunggulan Aion Y Plus

Kabin Aion Y Plus (Foto: Santo/Carmudi)

Pada teknologi ADAS yang dimilikinya terdapat beberapa fitur keselamatan di dalamnya. Berikut ini daftar fiturnya:

  • Adaptive Cruise Control with Stop and Go (ACC S&G)
  • Traffic Jam Assist (TJA)
  • Intelligent Cruise Assist (ICA)
  • Forward Collision Warning (FCW)
  • Automatic Emergency Braking (AEB)
  • Lane Departure Warning (LDW)
  • Lane Keeping Assist (LKA).

Unlimit Your Expression

Aion Y Plus punya desain lampu depan Angel’s Wing yang stylish dan modern, menciptakan pola pencahayaan vertikal futuristik. Lampu belakangnya berkonsep Skyline Through-Type memberikan kesan desain yang minimalis, dan estetis.

Pintu bisa dibuka hampir 90 derajat (Foto: Santo/Carmudi)

Mobil yang bakal dirakit lokal ini juga dilengkapi dengan 32 warna pencahayaan dan delapan tingkat kecerahan untuk menciptakan suasana kabin yang sempurna.

“Cahaya di kabin bisa berubah-ubah mengikuti irama lagu yang sedang dinyalakan di dalam mobil tersebut,” kata Andry Ciu.

GAC Aion juga turut menawarkan tujuh pilihan warna eksterior, lima di antaranya one tone color (vitality green, rose gold, elegant grey, pure white dan glamour black) dan dua two tone color (vitality green with black roof dan pure white with black roof).

Pada interior ada dua pilihan warna, yaitu fairy wonderland dan enchanted forest.

“Pembeli Aion Y plus dapat memilih kombinasi dari warna tersebut sesuai dengan ekspresi pembeli di Indonesia,” pungkas dia.

Harga Aion Y Plus

Bagian Samping Aion Y Plus (Foto: Santo/Carmudi)

Baca Juga: Masuk Indonesia, GAC Aion Jalin Kerja Sama dengan Indomobil

Konsumen sudah bisa melakukan pemesanan Aion Y Plus di seluruh diler resmi yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Pengiriman unit ke tangan konsumen akan dilakukan pada Juli atau Agustus tahun ini.

Penulis: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts