Home » Mobil » Simak 6 Kelebihan yang Dimiliki Daihatsu Sigra Terbaru

Simak 6 Kelebihan yang Dimiliki Daihatsu Sigra Terbaru

Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat. (Foto: Carmudi)

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah resmi meluncurkan Daihatsu Sigra terbaru pada 2019 lalu. Mobil ini mendapatkan penyegaran baik pada sisi eksterior maupun interiornya. Bagi Carmudian yang tertarik untuk membeli Daihatsu Sigra terbaru ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih dulu beberapa kelebihan yang dimiliki mobil tersebut.

Daihatsu Sigra terbaru hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan para konsumen yang membutuhkan mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang dengan harga terjangkau. Tampilan mobil ini kini terlihat lebih menarik dengan disematkan lampu depan LED, pelek 14 inci desain baru, dan garnish. Ditambah, spion mobilnya sudah bisa dilipat secara elektrik.

Sedangkan pada sisi interior Daihatsu Sigra terbaru, hanya mendapatkan sedikit pembaruan pada bagian head unit di dasbor. Kini, mobil tersebut sudah mengusung head unit dengan layar sentuh atau touch screen 2 DIN.

Dengan tampilan lebih menarik serta interior yang modern dan dibekali beberapa fitur canggih, tidak heran jika Daihatsu Sigra terbaru dinilai dapat membuat banyak konsumen tertarik untuk membeli mobil ini.

Kelebihan Daihatsu Sigra Terbaru

Carmudi akan membahas beberapa kelebihan yang dimiliki Daihatsu Sigra terbaru sebagai berikut.

Mengandalkan Mesin Dual VVT-i

Pihak Daihatsu telah membenamkan mesin yang handal dan mumpuni pada mobilnya ini, yaitu mesin berteknologi dual VVT-I dengan rasio kompresi yang besar. Dengan mesin tersebut, Daihatsu Sigra terbaru diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan efisien meskipun performanya tidak terlalu besar. Sebagai informasi, Sigra terbaru memiliki rata-rata konsumsi bahan bakar 13 kilometer per liter di jalanan perkotaan.

Suspensi Keras, Namun Tetap Nyaman

Dilansir dari jurnal Carmudi, Daihatsu Sigra terbaru telah mengandalkan suspensi yang lebih keras dibandingkan dengan model sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk memberikan handling yang lebih baik  saat mobil dibawa berkendara dalam kecepatan tinggi ataupun di jalanan tikungan. Sigra terbaru memiliki suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan Semi Independent Torsion Axle Beam pada bagian belakang.

Memiliki Fitur One Touch Tumble

Fitur one touch tumble disematkan pada Daihatsu Sigra terbaru untuk memberikan kemudahan pada pengguna jika ingin melipat kursi di baris kedua. Cara menggunakan fitur ini cukup mudah, yaitu cukup menekan tombol yang ada di kursi baris kedua. Kursinya akan terlipat secara otomatis

Selain itu, fitur one touch tumble ini juga memudahkan penumpang yang duduk paling belakang jika ingin keluar dari mobil.

Memiliki Fitur Bluetooth Audio

Meskipun termasuk salah satu mobil LCGC (Low Cost Green Car), fitur bluetooth audio turut disematkan pada Daihatsu Sigra terbaru dalam memberikan kenyamanan secara lebih bagi pengguna selama perjalanan.

Fitur-fitur hiburan yang disematkan pada mobil ini bisa terkoneksi dengan ponsel pengguna melalui bluetooth. Perlu diketahui, tidak banyak mobil LCGC yang memiliki fitur bluetooth audio ini.

Wiper Mobil Dapat Menyala Otomatis

Mobil yang disebut-sebut sebagai kembaran Toyota Calya ini sudah dilengkapi dengan fitur yang tidak banyak orang ketahui. Salah satunya, wiper di bagian belakang yang bisa nyala secara otomatis jika cuaca hujan.

Sebelumnya, pengguna mobil ini harus mengaktifkan wiper depan terlebih dahulu serta posisi transmisi mobil berada di R atau mundur.

Tidak Menggunakan AC Double Blower

Kelebihan lainnya yang dimiliki Daihatsu Sigra terbaru adalah sudah tidak mengandalkan AC double blower. Ini bertujuan untuk mengurangi kinerja mesin mobil yang berlebihan. Sigra terbaru telah menggunakan air circulator yang tidak membutuhkan kompresor untuk mendinginkan suhu dalam ruang kabin mobil ini. Fungsi air circulator sendiri adalah menghisap dan menghembuskan udara dari bagian depan hingga belakang mobil.

Spesifikasi Daihatsu Sigra Terbaru

Eksterior Elegan

New Daihatsu Sigra 2019. (Foto: Carmudi/Rizen)

Daihatsu Sigra terbaru mengusung konsep desain modern dan elegan pada sisi eksteriornya. Dari segi dimensi, mobil ini memiliki ukuran panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm, dan wheelbase 2.525 mm.

Di bagian depan, terdapat headlamps dan lampu sein, serta bumper depan yang didesain sporty. Bumper tersebut dikolaborasikan dengan gril trapezoidal bergaya modern dengan adanya aksen garnish krom di bagian fog lamp atau lampu kabut horizontal.

Sedangkan pada sisi samping mobil, terlihat adanya garis dan lekukan halus yang membuat Sigra terbaru terlihat lebih stylish. Di bagian buritan, disematkan lampu dengan model huruf L terbalik dan dikombinasikan dengan reflektor horizontal yang terpasang di pintu bagasi mobil.

Di sisi lain, terdapat logo dual VVT-I di sudut kiri atas pintu bagasi sebagai petunjuk teknologi mesin yang digunakan oleh Daihatsu Sigra terbaru ini. Tidak hanya itu saja, terdapat juga logo Astra Daihatsu Motor (ADM) yang dipasang di sudut kiri bawah pintu bagasi dan logo nama Sigra di sudut kanan bawah pintu bagasi mobil ini.

Interior Sederhana, Namun Futuristik

Desain dashboard New Daihatsu Sigra
Desain dasbor New Daihatsu Sigra. (Foto: Ilustrasi)

Seperti diketahui, Daihatsu Sigra terbaru dapat menampung hingga 7 orang penumpang. Mobil ini memiliki ruang kabin yang luas, serta volume bagasi yang mencapai hingga 263 liter. Ini sebanding dengan membawa air galon sebesar 19 liter.

Di sisi lain, interior Sigra terbaru memiliki dasbor yang didesain sederhana, namun terlihat modern dan futuristik. Selain itu, posisi tuas transmisi mobil ini dibuat menempel dengan dasbor. Di bagian tengah dasbornya sendiri, terdapat beberapa tombol pengatur AC serta layar Multi Information Display (MID) yang terpasang dan tertata rapi di panel instrumennya.

Khusus Daihatsu Sigra terbaru varian tertinggi, terlihat desain dasbornya sudah mengusung gaya akses two one dan dilengkapi dengan fitur hiburan 2DIN yang diapit oleh kisi-kisi AC mobil. Di sisi lain, jok kursi di baris pertama mengusung konsep kursi menyatu dengan head rest yang merupakan salah satu ciri khas mobil LCGC.

Menariknya, tidak ada konsol di antara kedua bangku depan yang dapat memberikan kemudahan pada penumpang depan untuk bergeser. Sedangkan pada kursi baris kedua, Sigra terbaru sudah dilengkapi dengan head rest yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna mobil ini.

Terdapat juga tuas one touch tumble seperti yang sudah disebutkan di atas. Fitur tersebut memudahkan untuk melipat kursi dan memberikan akses mudah bagi penumpang yang duduk di kursi baris ketiga. Selain itu, leg room atau ruang kaki di baris ketiga cukup luas.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Cukup Canggih

Fitur keselamatan dan keamanan menjadi fitur yang diutamakan Daihatsu Sigra terbaru ini. Pihak Daihatsu telah melengkapi mobilnya ini dengan berbagai fitur keselamatan cukup canggih dan mumpuni. Antara lain, fitur ABS, airbags, brake assist, crash sensor, dan fitur keselamatan lainnya.

Sedangkan untuk fitur keamanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan alarm anti maling dan centra lock. Tidak hanya itu saja, dalam memberikan kenyamanan yang sempuna pada pengemudi dan para pengemudi mobil, Sigra terbaru telah disematkan berbagai fitur hiburan cukup lengkap. Seperti, power steering, audio 2DIN, port soket USB, audio visual, serta bluetooth.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Previous post
Etika Memakai Lampu Jauh, Sering Diabaikan Pengendara Motor
Next post
Hari Pertama Penerapan PSBB, Kendaraan Menuju Depok Masih Padat