Home » Mobil » Simak 7 Aksesoris Menarik yang Bisa Dipasang di Mobil Jeep

Simak 7 Aksesoris Menarik yang Bisa Dipasang di Mobil Jeep

Modifikasi Jeep, photo:carid.com
Modifikasi Jeep. (Foto: carid.com)

JakartaMobil Jeep bisa dibilang merupakan salah satu merek legendaris asal Amerika Serikat. Merek yang sudah eksis sejak 1941 ini pun kemudian menjadi bagian Chrysler sejak tahun 1987. Di Indonesia, merek Jeep ini dinilai punya desain macho dan cocok dengan karakter jalanan di sini sehingga mobil Jeep keluaran tua hingga muda hampir mudah ditemukan.

Biasanya para pemilik Jeep melakukan modifikasi juga kepada mobil kesayangannya ini. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan aksesoris fungsional atau sekadar gaya saja.

Kira-kira, aksesoris apa saja ya yang bisa digunakan untuk membuat mobil Jeep ini agar lebih keren? Jika Carmudian memiliki Jeep di rumah, bisa memasangkan beberapa aksesoris tambahan berikut.

Deretan Aksesoris Mobil Jeep

  • Bumper Custom

Sebagai sebuah SUV, rasanya akan kurang pas jika belum mengganti bumper standar dengan bumper custom berbahan besi atau aluminium. Dengan melakukan modifikasi bumper ini, kamu sudah bisa mengubah tampilan mobil hampir 100% menjadi jauh lebih keren dan stylish. Bumper yang bisa kamu gunakan pun sebenarnya bisa dipilih, mau yang custom alias menyesuaikan model dan selera atau membelinya secara utuh dari merek aftermarket.

Jika ingin memasang bumper custom, kamu bisa memilih desain, bahan bumper, ketebalan bumper dan tentunya harganya juga akan berbeda dibanding bumper buatan aftermarket. Kelebihan dari bumper custom sendiri adalah pada desainnya yang pasti berbeda dengan milik orang lain. Selain itu, pembuat bumper juga akan menghitung secara detail agar bumper bisa terlihat cocok dan multifungsi dari segi kekuatan.

Bumper custom untuk Jeep
Bumper custom untuk Jeep. (Foto: Genright Off Road)

Pasalnya, membuat bumper custom sebenarnya tidak boleh sembarangan. Jika terlalu berat akan membuat kerja mesin menjadi jauh lebih ekstra juga. Namun jika pengerjaannya salah, pada saat digunakan offroad bisa saja bumper ini menjadi lepas akibat pengelasan yang tidak sempurna. Maka dari itu, untuk membuat bumper custom biasanya para pemilik SUV akan mendatangi rumah modifikasi yang sudah biasa memproduksi bumper custom.

Jika ingin membeli buatan aftermarket, kamu bisa mendatangi toko aksesoris khusus offroad yang ada di kotamu. Cara ini menjadi cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menambah tampilan mobil Jeep agar menjadi lebih keren.

  • Winch

Aksesoris kedua yang bisa digunakan untuk membuat tampilan mobil Jeep menjadi keren adalah winch. Winch ini merupakan motor yang berguna untuk menarik beban. Biasanya motor ini dipasang di bagian depan dan belakang pada mobil. Winch juga sangat membantu pada saat dipakai bermain offroad. Jika mobil tersangkut dan tidak bisa melaju, winch akan menjadi penyelamat untuk menarik mobil agar bisa melewati rintangan yang sangat menyulitkan.

aksesoris mobil jeep
Aksesoris winch pada Jeep. (Foto: atvillustrated.com)

Untuk memasang winch, biasanya bumper standar pada mobil harus diganti dengan bumper custom atau bumper buatan aftermarket. Namun, ada juga yang tetap mempertahankan bumper standarnya dengan memodifikasi letak winch. Winch yang ada di pasaran pun terdiri dari berbagai macam. Mulai dari kapasitas penarik dengan beban yang kecil, hingga penarik beban yang sangat besar hingga belasan ton. Untuk itu, pemasangan winch biasanya harus disesuaikan dengan modifikasi dari mobil Jeep sang pemilik.

Jika modifikasi yang dilakukan cukup banyak dan membuat beban mobil menjadi sangat berat, otomatis winch yang digunakan juga harus memakai tipe untuk beban berat. Jika menggunakan kapasitas beban yang kecil, maka winch bisa dipastikan tidak akan bisa menarik mobil dengan beban yang berat tersebut.

Harga yang ditawarkan untuk winch ini pun bervariasi. Mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah tergantung merek dan spesifikasi yang ditawarkan. Tapi dengan memasang winch ini, tampilan mobil Jeep kamu akan jauh menjadi lebih keren dan sangar!

  • Foot Step atau Pijakan Kaki

Aksesoris foot step. (Foto: Quadratec)

Foot step atau pijakan kaki pada mobil Jeep biasanya menjadi aksesoris yang juga cukup sering mendapatkan modifikasi. Pada umumnya, mobil Jeep tidak dibekali dengan pijakan kaki di bagian samping. Padahal, foot step atau pijakan kaki mobil Jeep ini sangat membantu agar penumpang maupun pengemudi bisa naik ke dalam mobil dengan mudah karena ground clearance mobil yang cukup tinggi.

Ada berbagai macam pilihan yang bisa dipilih oleh pemilik mobil Jeep. Bisa membuat pijakan kaki secara custom atau bisa juga memakai buatan aftermarket. Opsi lain yang bisa dipakai adalah menggunakan pijakan kaki dari varian Jeep lain. Dengan menambahkan pijakan kaki di bagian samping, tampilan mobil Jeep kamu sudah pasti akan menjadi lebih keren dan pastinya fungsional.

  • Pelek

Poin keempat sepertinya jadi aksesoris yang paling sering diganti oleh para pemilik mobil di seluruh dunia. Yap, mengganti pelek juga bisa mengubah tampilan mobil menjadi 100% lebih keren dan bergaya. Para pemilik mobil Jeep ini kerap mengganti pelek bawaan pabrik dengan pelek-pelek yang keren untuk mengubah tampilan mobil. Ada yang memperkecil ukurannya, ada juga yang memperbesar ukuran pelek tergantung dengan konsep modifikasi yang diambil oleh para pemilik mobil.

Penggantian velg pada Jeep, avantgardewheels.com
Modifikasi pelek juga masuk aksesoris pada Jeep. (Foto: avantgardewheels.com)

Jika ingin memperkecil ukuran pelek, biasanya ban yang akan digunakan akan menggunakan ukuran yang jauh lebih besar. Hal ini bertujuan untuk memberikan kekuatan dan mendapatkan traksi di medan offroad agar menjadi lebih baik. Jika ukuran pelek akan diperbesar, biasanya ban yang akan digunakan akan terlihat lebih tipis. Kembali ke konsep modifikasi yang diusung oleh sang pemilik mobil Jeep tersebut. Mau pilih gaya offroad, agresif, atau sport.

  • Fog lamp

Foglamp atau foglight. (Foto: Ebay)

Lampu kabut atau fog lamp juga menjadi aksesoris yang tak kalah penting untuk dipasang di mobil Jeep. Aksesoris yang satu ini bisa memiliki banyak fungsi, terutama bagi mereka yang hendak bermain offroad baik ringan maupun berat. Biasanya lampu kabut Jeep ini dipasang di beberapa bagian. Seperti di bagian depan, belakang, dan juga atas. Posisi-posisi tersebut diharapkan dapat menjadi titik penerangan yang maksimal untuk menerjang gelapnya malam.

Lampu kabut yang ditawarkan pun juga sangat banyak modelnya. Pemilik mobil Jeep bisa menyesuaikan dengan selera masing-masing pada saat memasang lampu ini. Ada yang terdiri dari lampu LED dan juga bohlam. Ukuran yang ada juga sangat bervariasi. Ada yang berukuran kotak kecil, persegi panjang, hingga ukuran panjang di atas 50 cm yang dapat membentang di bagian atas mobil. Lampu kabut ini benar-benar menjadi aksesoris yang cukup penting.

  • Over fender

Pemasangan over fender. (Foto: Dv8)

Bagi pecinta SUV, over fender atau sepatbor samping rasanya tak asing didengar. Aksesoris ini juga menjadi aksesoris yang kerap dipasang oleh para pemilik mobil Jeep. Over fender yang digunakan juga dikembalikan kepada konsep modifikasi yang diambil. Biasanya, over fender ini menyesuaikan dengan ukuran dan lebar ban yang akan dipakai.

Semakin lebar ban yang digunakan, maka akan semakin lebar juga over fender yang dipakai. Aksesoris ini sebenarnya memiliki fungsi agar melindungi bodi mobil dari cipratan lumpur di jalanan basah. Namun, selain melindungi dengan memasang over fender juga mampu membuat tampilan mobil menjadi jauh lebih keren dan gagah. Lihat saja berbagai over fender yang kerap digunakan oleh para pemilik SUV ini, terlihat kokoh dan tangguh.

Untuk bahannya sendiri, biasanya over fender terbuat dari bahan plastik atau karet dengan warna hitam doff. Namun, ada juga yang membuat over fender dari bahan pelat galvanis yang di cat senada bodi. Semua itu tentunya dikembalikan kepada pemilik mobil, mau pilih yang mana.

  • Snorkel

Aksesoris snorkel pada mobil Jeep. (Foto: justjeep.com)

Para pemilik mobil Jeep biasanya berlomba-lomba untuk membuat mobilnya menjadi terlihat jauh lebih gagah dan sangar. Salah satu aksesoris yang bisa menambah kesan tersebut adalah pemasangan snorkel atau lubang hisap yang terletak di bagian kap mesin dan menjulur ke atas. Snorkel ini sebenarnya aksesoris yang ditujukan bagi mereka yang kerap melakukan offroad kelas berat. Karena snorkel ini fungsi utamanya adalah memberikan pasokan udara bagi mobil yang masuk ke dalam air.

Snorkel ini dipasang dengan cara melubangi sisi samping kap mesin dan disalurkan ke bagian intake udara yang akan masuk ke dalam mesin. Namun, ada juga yang memasang snorkel ini hanya sebagai hiasan pemanis saja. Agar mobil Jeep terkesan lebih gagah dan siap diajak untuk menyelam ke dalam air. Bagi mereka yang sering melakukan offroad berat, snorkel ini bisa membuat mesin tetap berjalan menyedot udara tanpa khawatir kemasukan air.

Model Mobil Jeep yang Diincar di Indonesia

Di Indonesia, ada beberapa model mobil Jeep yang kerap diincar oleh para penggemar. Beberapa model ini dinilai memiliki desain yang timeless dan punya kesitimewaan tersendiri. Kami akan menyebutkan sedikit model dari Jeep yang kerap menjadi incaran bagi para kolektor maupun penggemar.

  • Jeep Willys

Jeep Willys. (Foto: Pinterest)

Mobil yang satu ini merupakan salah satu mobil tertua, karena digunakan pada masa Perang Dunia. Mobil ini sudah mengaspal sejak 1944 hingga 1985. Modelnya benar-benar terlihat seperti mobil perang dan juga mobil adventure.

  • Jeep CJ 7

Jeep CJ7. (Foto: autowp.ru)

Jeep CJ 7 juga menjadi salah satu model yang cukup digemari di Indonesia. Mobil ini sendiri pertama kali diproduksi pada 1976 hingga 1986. CJ sendiri merupakan singkatan dari Civilian Jeep, sedangkan 7 merupakan generasi ketujuh dari model tersebut. CJ7 sendiri memiliki ciri-ciri menggunakan lampu bulat dengan gril khas Jeep dengan model vertikal. Jeep CJ7 ada yang model hardtop dan softtop. Trim yang disediakan terdiri dari Renegade, Golden Eagle, Golden Hawk, dan Laredo.

  • Jeep CJ8 (Scrambler)

Jeep CJ8. (Foto: caranddriver.com)

Jeep CJ8 merupakan versi long wheelbase dari CJ7. Mobil Jeep ini memiliki wheelbase yang lebih panjang dan cirinya adalah menggunakan bak terbuka. Jeep CJ8 diproduksi pada 1981 hingga 1986. Di Indonesia sendiri, keberadaan CJ8 bak berlian di tumpukan jerami. Tak heran jika penggemar SUV klasik mengincar mobil ini untuk dijadikan koleksi.

  • Jeep YJ

Jeep YJ. (Foto: Hagerty)

Model selanjutnya yang menjadi incaran penggemar adalah model Jeep YJ yang diproduksi sebagai pengganti dari line up CJ. Pada model ini, suspensinya memakai per keong dengan trackbar suspension link. Jika model CJ memakai lampu bulat, pada model YJ ini lampunya diganti menggunakan model kotak. Grilnya pun juga menggunakan warna krom atau dengan senada bodi.

Trim yang ditawarkan pun juga cukup banyak. Mulai dari standar, Laredo, Islander, Sport, Sahara, Renegade, dan Rio Grande. Namun di Indonesia yang cukup populer merupakan tipe Laredo, Sahara, dan Renegade. Tipe Jeep YJ ini diproduksi sejak 1987 hingga 1995.

  • Jeep TJ

Jeep TJ. (Foto: autobytel.com)

Jeep TJ merupakan generasi penerus dari Jeep YJ. Model ini diproduksi pada 1996 hingga 1998 oleh Chrysler Corporation. Sedangkan pada 1998 hingga 2006, diproduksi oleh Daimler Chrysler. Desain yang digunakan oleh TJ ini mencoba mengembalikan kesuksesan dan ciri khas Jeep pada generasi CJ dengan memakai lampu bulat. Desainnya pun dibuat seperti model CJ, dengan lekukan yang sudah lebih modern dan tidak terlihat kaku.

Trim yang ada pada model ini juga terdiri dari SE, X, Sport, Sahara, Unlimited Sport Edition, 60th Anniversary Edition, 65th Anniversary Edition, Apex Edition, Columbia Edition, Freedom Edition, Golden Eagle, Rocky Mountain, Rubicon, Tomb Raider Edition, serta Willys Edition. Model Rubicon menjadi model yang cukup dikenal di Indonesia.

  • Jeep XJ / Cherokee

Jeep XJ. (Foto:

Varian lain yang tak kalah populer adalah Jeep Cherokee. SUV dengan desain boxy atau mengotak ini juga kerap menjadi mobil incaran. Tampilannya cukup macho dengan mesin berkapasitas besar. Cherokee sendiri pertama kali diproduksi pada 1984-1987 oleh American Motors. Selanjutnya Chrysler Corporation memproduksi Cherokee pada 1988-1998. Sedangkan pada 1999-2001 diproduksi oleh Daimler Chrysler.

Mobil Jeep ini lahir dengan kode XJ yang dianggap sebagai sebuah SUV berukuran kompak. Di Indonesia, trim level yang kerap ditemui adalah Limited, Country, dan Standard. Bagi sebagian orang, Cherokee punya model yang dianggap keren dan tak lekang oleh waktu.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ini 6 Tips Unik yang Wajib Diketahui dari Wuling Almaz

Previous post
DFSK Masih Sembunyikan Jadwal Peluncuran Glory i-Auto di Indonesia
Next post
Ikut Cegah Corona, Mercedes Benz Kampanye Social Distancing