Mobil

Simak Angka Konsumsi BBM Suzuki All New Ertiga, Seirit Apa?

Konsumsi BBM yang irit menjadi ciri khas dari mobil keluarga, salah satunya adalah Suzuki All New Ertiga. Mobil yang diproduksi di pabrik Suzuki di kawasan Cikarang, Jawa Barat ini memang terkenal memiliki konsumsi BBM yang sangat baik.

Mungkin banyak yang bertanya, seberapa irit konsumsi BBM Suzuki All New Ertiga ini?

Kebetulan Carmudi pernah menguji mobil berkapasitas 7 orang penumpang ini dan kami pun bertekuk lutut mengakui jika Suzuki Ertiga sangat irit.

Sebelum membeberkan hasil yang kami dapatkan, kami akan membeberkan klaim yang diberikan oleh Suzuki. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan jika Suzuki All New Ertiga mampu mencatatkan angka konsumsi BBM di 12,3 km/liter.

Suzuki XL7 dan Ertiga

All New Suzuki Ertiga (Foto: Carmudi)

Angka tersebut merupakan hasil yang didapat untuk penggunaan rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam. Sedangkan untuk konsumsi BBM di tol mencapai 17 km/liter dengan kecepatan konstan di 100 km/jam.

Lain halnya ketika mobil tersebut digunakan memakai teknik ECO Driving, ternyata hasilnya jauh lebih baik.

Klaim PT SIS mencapai 25,3 km/liter untuk mobil dengan transmisi manual dan 29,3 km/liter untuk mobil dengan transmisi otomatis.

Lantas, apakah klaim tersebut sesuai dengan kenyataannya?

Kebetulan Carmudi pernah menguji konsumsi BBM Suzuki All New Ertiga dengan rute lebih kurang 120 km di Pulau Bali.

All New Ertiga

All New Ertiga (Foto: Carmudi)

Hasilnya kami mencatatkan angka konsumsi BBM di 27,2 km/liter untuk transmisi otomatis. Angka tersebut kami dapatkan lewat perhitungan menggunakan metode full to full agar mendapatkan hasil yang akurat.

Sedangkan versi transmisi manual yang kami tes mampu mencatat konsumsi BBM di 25,9 km/liter. Setidaknya klaim yang diberikan oleh Suzuki tidak berbeda jauh dibandingkan dengan hasil pengujian yang telah kami lakukan.

Mesin Baru Lebih Irit BBM

Salah satu alasan mengapa konsumsi BBM Ertiga generasi saat ini lebih baik dari yang lama adalah faktor mesin. Generasi terbaru yang beredar di pasaran saat ini memakai mesin baru dengan kode K15B yang sama persis dengan mesin Suzuki Jimny.

Mesin Suzuki Ertiga 2018

All New Suzuki Ertiga dibekali mesin tipe K15B berkapasitas 1.462 cc

Mesin tersebut punya kapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC, VVT. Tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 103,2 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimum di angka 138 Nm @4.400 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan dua pilihan transmisi. Harus diakui, performa mesin tersebut patut diacungi jempol lantaran irit BBM dan halus ketika dikendarai.

Namun harus diingat, Carmudian yang ingin memiliki Suzuki All New Ertiga sangat disarankan menggunakan bahan bakar beroktan minimal 92.

Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan ruang bakar dan performa mesin injeksi yang ada.

Baca Juga:

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts