Sumber informasiTips dan Trik

Simak Beberapa Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Panas

penyebab mobil susah distarter saat panas

Posisi segitiga pengaman untuk mobil yang mogok (Foto: Seva)

Jakarta – Carmudian pernah mengalami mobil yang susah distarter saat panas? Atau bahkan mobil tersebut tidak bisa distarter sama sekali?

Hal tersebut cukup menyebalkan, apalagi saat sedang asyik-asyiknya berpergian. Masalah ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah berusia cukup tua.

Tetapi tidak semua mobil tua mengalami hal seperti ini. Umumnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari mobil yang susah distarter saat panas.

Hal seperti ini jelas membuat pengemudi menjadi tidak nyaman. Tetapi banyak pemilik mobil merasa cuek saat mobil susah distarter saat panas. Padahal jika didiamkan, efeknya bisa merusak komponen lainnya.

Terkadang kerusakan ini bukan didasari oleh faktor usia. Kerusakan seperti ini terkadang juga bisa disebabkan dari kesalahan si pemilik mobil itu sendiri.

penyebab mobil susah distarter saat panas

Cara mengatasi mobil mogok bermesin matic. Foto/Dony Lesmana.

Misalnya kurang merawat kendaraan. Atau akibat salah memasang komponen yang ada di mobil. Umumnya, kerusakan tersebut tidak langsung terjadi secara tiba-tiba.

Sebelum benar-benar rusak, mobil memberikan beberapa tanda atau ciri-ciri. Nah, ciri-ciri inilah yang kurang dipahami oleh pemilik mobil.

Oleh sebab itu, masalah tersebut harus diselesaikan dengan segera. Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Diperlukan beberapa pengetahuan untuk mencari penyebab mobil menjadi susah distarter saat panas.

Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Panas

Alternator / Dinamo Ampere

Salah satu penyebab mobil menjadi susah distarter saat panas bisa disebabkan oleh alternator yang rusak. Alternator atau dinamo ampere terkadang menjadi salah satu penyebabnya.

Alternator sejatinya memiliki tugas untuk memproduksi daya listrik yang dibutuhkan mobil. Saat komponen ini rusak, biasanya terdapat beberapa gejala sebelum rusak total.

Misalnya ac menjadi tidak dingin, starter mesin mulai agak lama, indikator aki pada panel instrumen speedometer mulai menyala dan lampu menjadi agak redup.

Gejala-gejala tersebut merupakan salah satu tanda jika alternator sudah mulai jelek. Kalau didiamkan, efeknya mobil bisa mati saat sedang dijalankan.

Untuk mobil manual masih bisa dinyalakan dengan cara mendorong. Tapi kalau mobil matic, benar-benar tidak bisa dibantu kecuali memperbaiki alternatornya.

penyebab mobil susah distarter saat panas

Penyebab dinamo starter ini rusak bisa saja dikarenakan beban listrik yang terlalu besar. Misalnya menambahkan komponen speaker dan aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan.

Saat komponen ini rusak, pengisian aki menjadi tidak maksimal. Solusinya adalah bisa dengan melakukan servis di bengkel spesialis dinamo.

Akan lebih baik pada mobil yang sudah lebih dari 10 tahun dipasangkan voltmeter. Voltmeter ini bisa dipasangkan di lubang lighter.

Di dalam voltmeter nantinya akan menampilkan tegangan listrik pada mobil. Normalnya tegangan ini berkisar 13 volt sampai 13,8 volt. Di bawah batas minimum atau melebihi batas maksimal sudah menjadi indikasi kalau dinamo ampere mulai jelek.

Koil Mulai Melemah

Penyebab lainnya adalah koil. Jika komponen aki dan alternatornya baik-baik saja, Carmudian bisa melanjutkan identifikasi pada bagian koil.

Koil ini merupakan komponen yang ada di bagian pengapian pada mobil. Makanya komponen ini bisa dibilang jadi salah satu komponen yang cukup penting pada mobil.

Terkadang banyak bengkel atau pemilik mobil melupakan koil sebagai salah satu penyebab mobil susah distarter saat panas. Koil yang sudah mulai jelek biasanya tidak menghasilkan api dengan stabil.

penyebab mobil susah distarter saat panas

Periksa koil mobil salah satu cara mengetahui mobil bermasalah. (Foto/Istmewa)

Fungsi dari koil adalah menaikkan tegangan dari aki untuk diteruskan ke busi. Busi nantinya akan menghasilkan percikan bunga api di dalam ruang bakar.

Kalau tiba-tiba mobil Carmudian mati mendadak saat panas, jangan panik. Coba diamkan mobil beberapa saat, lalu bisa cek bagian koilnya.

Baca juga: 5 Tips Memilih Bengkel Mobil Yang Bagus

Koil biasanya berjumlah sesuai dengan silinder mobil. Kalau mobilnya 4 silinder, maka koilnya ada 4. Kalau mobilnya 6 silinder, maka terdapat 6 koil.

Lalu, bagaimana bisa tahu kalau koil pada mobil kita sudah mulai jelek? Ada beberapa indikasi dari koil mobil yang sudah mulai jelek.

  • Menyalakan mesin menjadi agak lama

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, kerusakan biasanya tidak datang tiba-tiba. Kalau mobil kamu tiba-tiba saat mau dinyalakan agak lebih lama, kamu bisa curiga ke koil.

Sulit distarter ini biasanya tidak hanya terjadi saat mesin panas. Tetapi saat mesin dingin juga bisa menjadi salah satu indikasi kalau koilnya sudah mulai jelek.

  • Mobil agak brebet

Ketika sudah menyala dan mesin agak panas, biasanya mobil tetap brebet. Umumnya koil yang rusak bisa membuat mobil menjadi agak brebet.

Kalau sudah begini Carmudian bisa segera melakukan penelusuran. Jangan sampai didiamkan, karena bisa memberika efek kepada komponen yang lain.

  • Saat panas mobil mati

Setelah mengalami brebet, biasanya saat mesin mobil panas akan mati mendadak. Nah, jika kamu mengalami hal seperti ini coba langsung saja lakukan pengecekan di bagian koil.

Ladies

Mogok di jalan, jangan panik. Foto/Image by © Royalty-Free/Corbis

Terkadang kerusakan ini terjadi pada 1 atau 2 koil. Akan lebih baik semua koilnya diperiksa supaya lebih terkuak darimana asal kerusakannya.

  • Ada percikan

Koil yang sudah mulai rusak biasanya menghasilkan percikan di sekitar pengapian. Cara mengetahuinya bisa menggunakan spray air.

Pada beberapa kasus percikan ini sangat tak kasat mata. Salah satu cara memeriksanya bisa memakai spray air untuk menyemprot bunga.

Semprot ke bagian kabel busi atau sekitar koil. Semburan dari partikel air ini saat menyentuh percikan api akan langsung terlihat seperti kembang api.

  • Bensin lebih boros

Faktor terakhir koil yang mulai rusak adalah bensin menjadi lebih boros. Hal ini karena pengapian pada mobil menjadi tidak stabil.

Efeknya mesin tidak mencapai performa terbaik dan bahan bakar menjadi lebih boros. Biasanya knalpot akan lebih bau bensin saat mesin sedang menyala. Tapi bahan bakar yang boros juga tidak selalu menjadi indikasi koil rusak.

Baca juga: Tips Merawat Busi Mobil Dari NGK

Cara Mengatasi Mobil Mati Mendadak Saat Panas

Hal terpenting untuk mengatasi kejadian seperti ini jangan panik. Saat mobil mati mendadak saat mesin sudah panas, segera menepi.

Setelah menepi kamu bisa membuka kap mesin dan mendiamkan dulu mesin agar lebih dingin. Setelah didiamkan 10 menit, coba periksa bagian pengapian terlebih dahulu.

Cek bagian koil, kabel busi dan busi jika membawa alat-alat di bagasi. Jika pengapian normal, cek bagian alternator. Setelah didiamkan beberapa saat, coba nyalakan mesin. Jika bisa menyala, perhatikan apakah ada perbedaan.

Kalau alternator yang rusak, biasanya listrik jadi tidak stabil. Misalnya radio suaranya tiba-tiba mengecil, atau ac menjadi kurang dingin.

Kalau Carmudian benar-benar tidak mengerti mesin, sebaiknya segera ke bengkel saat mobil sudah kembali menyala. Segera datangi bengkel terpercaya untuk mencari penyebab mobil yang mati mendadak.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

 

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts