Home » Modifikasi » Simak Dulu Aliran Modifikasi Ninja RR yang Nggak Norak

Simak Dulu Aliran Modifikasi Ninja RR yang Nggak Norak

Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi.
Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi. Foto/Ist.

Jakarta – Kawasaki Ninja RR 150 bisa dibilang adalah salah satu motor sport yang cukup digemari kawula muda. Tampilannya keren, sporty, dan tentunya ini adalah motor 2 tak yang sudah ada cukup lama di Indonesia. Motor ini pertama kali meluncur pada 1996 dengan nama Ninja 150. Pada generasi pertama, motor ini memiliki kode KR150C.

Setahun setelahnya, tepatnya pada 1997, Kawasaki meluncurkan Ninja 150 R. Kedua varian ini merupakan varian Ninja yang hadir tanpa fairing. Sedangkan Kawasaki Ninja RR 150 hadir dengan fairing sebagai jati diri sebuah motor sport. Kawasaki Ninja RR 150 ini meluncur ke Indonesia pertama kali pada tahun 2002. Pasti pecinta motor dua tak ini nggak asing dong dengan nama Super KIPS.

Super KIPS sendiri adalah teknologi yang diusung oleh Ninja 150 RR. KIPS sendiri memiliki arti Kawasaki Integrated Power Valve System merupakan teknologi yang memungkinkan buka tutup katup untuk membagi gas buang saat mesin meraung. Raungan ini diatur sedemikian rupa pada saat mesin sedang berada di putaran menengah dan atas. Tujuannya hanya satu, agar meminimalisir gas buang agar tak terbuang sia-sia di putaran rendah.

Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi.
Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi. Foto/Ist.

Teknologi Super KIPS ini sebenarnya sedikit mirip dengan Variable Valve Actuation (VVA) milik Yamaha. Bedanya jika VVA baru aktif di 7.400 rpm, Super KIPS ini baru akan aktif di 7.000 rpm. Pada era 2.000-an awal, motor ini jadi primadona. Dulu ada candaan mengenai motor ini. “Kalau pakai Ninja, cewek incaran pun bisa klepek-klepek,” ujar para pecinta sepeda motor ini di kala itu. Maklum, motor ini punya harga baru yang cukup mahal kala itu.

Di tahun 2019 ini, motor ini kembali punya pamor. Masih banyak orang yang ingin meminang motor ini demi alasan nostalgia. Jika pada era 2.000-an mereka tidak bisa membelinya karena masih sekolah, sekarang mereka bisa membeli karena sudah memiliki uang. Tapi, untuk membeli motor ini juga bukan perkara mudah. Karena harga bekasnya juga terpantau stabil, alias masih lumayan mahal dibanding motor baru.

Aliran Modifikasi Kawasaki Ninja RR 150

Kawasaki Ninja RR 150 ini punya beberapa aliran yang cukup ramai di Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Thailook, streetracing, drag, cafe racer dan OEM look. Sayangnya, tak semua orang memiliki selera modifikasi yang cukup apik. Banyak orang yang kurang memiliki rasa modifikasi, sehingga motor ini terlihat jadi tak elegan. Padahal, motor ini punya aura tak kasat mata yang lumayan oke.

Modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 Thailook

Motor yang diproduksi dari Thailand ini cenderung menganut gaya modifikasi yang tak jauh dari negara tersebut. Aliran yang disebut Thailook ini hingga saat ini masih banyak digandrungi. Salah satu ciri dari aliran modifikasi Thailook ini adalah penggunaan velg tipis jari-jari, ban tipis, aksesoris aftermarket, dan sedikit ‘menelanjangi’ motor ini. Beberapa parts dari fairing dilepas agar menguatkan konsep Thailook.

Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi.
Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi. Foto/Ist

Modifikasi jenis ini sebenarnya sah-sah saja. Tapi, ada beberapa hal yang kerap dilupakan oleh para modifikator. Yakni mereka terkadang melupakan sisi keamanan. Oke jika mereka menggunakan motor ini hanya untuk keperluan kontes saja.

Sayangnya masih banyak orang yang menggunakan aliran ini untuk keperluan harian. Jika berkaca dari faktor keamanan, jelas aliran ini benar-benar kurang aman untuk digunakan sebagai kendaraan harian.

Terlebih modifikasi di bagian kaki-kaki yang sudah diganti dengan velg dan ban tipis. Resiko yang akan didapatkan adalah kerusakan pada velg dan seringnya pecah ban atau kempes. Kedua spion yang melekat juga lebih sering dilepas demi alasan ‘ketampanan’.

Modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 Street Racing

Tema modifikasi street racing ini punya tampilan yang tidak berbeda jauh dari Thailook. Bedanya, motor aliran street racing ini terlihat sedikit lebih keren saat melintas di jalan. Aliran street racing ini biasanya mewajibkan modifikator menghiasi komponen aftermarket di tubuh motor. Komponen aftermarket ini juga dikenal memiliki harga dan merek yang tak murah di kantong.

Sebagai gambaran, biasanya aliran ini mengharuskan si pemilik untuk mengganti velg berukuran lebar, ban lebar dan penggunaan setang jepit. Joknya juga dimodifikasi sedemikian rupa agar terlihat lebih racy dan elegan. Knalpot standard juga ditanggalkan dan diganti dengan merek aftermarket. Untuk melakukan modifikasi ini, disarankan jangan melepas komponen penting. Seperti spion, lampu sein, dan lampu rem.

Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi.
Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi. Foto/Ist.

Supaya nggak salah dalam melakukan modifikasi aliran ini, kami punya sedikit saran. Saran kami dengan mengganti velg, tromol dan ban sudah bisa membuat Kawasaki Ninja RR 150 ini jadi lebih oke. Gunakan velg dengan lebar yang lebih besar dibanding velg standardnya. Jangan lupa turunkan diameter velg dibanding standardnya. Jika velg aslinya berdiameter 18 inci, kamu bisa memakai velg berukuran 17 inci dengan lebar di kisaran 285 untuk belakang dan 265 untuk depan.

Modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 MotoGP

Karena ini adalah motor tipe sport, sah-sah aja nih kalo dibuat sebagai replika motor balap. Kalian bisa mengambil referensi dari motor balap di ajang MotoGP dan World Superbike (WSBK). Tim Kawasaki pun memiliki tim balap di ajang MotoGP hingga 2018. Pembalap andalan Kawasaki di ajang WSBK adalah Jonathan Rea. Kalian bisa melihat-melihat livery yang digunakan oleh Kawasaki.

Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi.
Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi. Foto/Ist

Modifikasi ala tim balap MotoGP atau WSBK ini juga punya beberapa hal yang harus diubah. Beberapa bagian seperti ban, velg, buritan, fairing dan jok harus mendapatkan ubahan. Untuk mengubah motor ini menjadi replika motor balap, kalian bisa memakai penutup jok model single seater yang ada di pasaran. Velg dan ban yang digunakan juga memakai profil yang membulat dan tak terlalu lebar. Fairing juga wajib dipasang, karena tim balap selalu memakai fairing.

Harga Kawasaki Ninja RR 150 Bekas

Bagi yang berniat meminang sepeda motor ini, kalian sebaiknya mengetahui dulu soal harga bekas dari Kawasaki Ninja RR 150. Untuk varian Ninja RR edisi pertama yang bodinya masih tak terlalu berdesain agresif, harganya masih terpantau cukup tinggi. Bahkan di beberapa situs jual beli online ada yang harganya mencapai Rp60 jutaan. Harga ini termasuk ke dalam harga yang sangat tinggi karena  Kawasaki Ninja RR 150 bekas mencapai kisaran Rp14-60 jutaan tergantung kondisi.

Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi.
Beberapa aliran modifikasi Kawasaki Ninja RR 150 yang bisa menjadi referensi. Foto/Ist

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Zeneos Milano
Previous post
Berasa Naik Moge, Sikap Pengendara Yamaha NMax Jadi Arogan?
Aprilia Shiver 900 resmi mendarat di Indonesia.
Next post
Piaggio Akan Luncurkan Motor Baru Seharga Rp600 Jutaan