Berita Produk

Simak Fungsi Fitur HSCT All New Honda PCX 160 dan Cara Mematikanya

Jakarta – All New Honda PCX 160 yang kemarin diluncurkan masih hangat menjadi bahan pelbincangan, terutama masalah fitur dan mesin yang baru.  PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai produsen  bukan hanya memberikan mesin yang lebih besar.

Tapi juga ada sejumlah fitur canggih menempel, salah satunya HSTC (Honda Selectable Control System). Untuk motor di kelas 150 cc, fitur semacam ini tergolong baru.

Dalam jajaran produk Honda sendiri keberadaan HSTC umumnya hanya tersedia untuk keluarga Big Bike atau Honda Forza 250. Tapi kali ini bakal lebih banyak konsumen yang bisa merasakan manfaatnya dengan kehadiran All New PCX 160.

Satu hal yang perlu diingat, fitur HSTC hanya bisa ditemui pada All New PCX tipe ABS dan e:HEV. Dengan kata lain konsumen tipe terendah alias CBS hanya bisa gigit jari. Setelah banyak dibicarakan, tentu sebagian dari konsumen masih penasaran dengan fungsi atau cara kerjanya.

Fungsi dan Cara Kerja HSTC All New Honda PCX 160

Dalam kesempatan test ride All New Honda PCX 160 untuk kalangan media di Bekasi, Senin, 8 Februari 2021, Carmudi berkesempatan untuk mengulik lebih dalam tentang fitur ini.

Ade Mujahir, Technical Service Division AHM menjelaskan, prinsip kerja HSTC sebenarnya tak jauh berbeda dengan traction control yang selama ini sudah dikenal luas.

Pada intinya HSTC mencegah ban belakang mengalami selip yang dikarenakan perbedaan kecepatan putaran dengan ban depan. Hal ini umumnya terjadi ketika tuas gas dibuka secara mendadak atau ketika berkendendara di atas permukaan jalan licin.

“Mekanisme kerjanya, pada saat kita buka throttle atau pada saat melewati jalan licin kemungkinan ban belakang akan mengalami spin yang menyebabkan selip. Pada saat itu terjadi, dia (HSTC) akan mengurangi potensi selip pada ban belakang tersebut,” jelas Ade.

Fitur HSTC hanya tersedia pada All New Honda PCX 160 tipe ABS dan e:HEV. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Hal tersebut memungkinkan untuk dilakukan dengan cara mengurangi jumlah bahan bakar yang disuplai ke ruang bakar. Pada proses kerjanya HSTC mengandalkan sensor kecepatan yang terdapat pada roda depan dan belakang.

Sensor tersebut kemudian mengirimkan sinyal melalui modul ABS lalu diteruskan ke ECU.

“Ketika ECU mengkalkulasi adanya perbedaan kecepatan di ban belakang (dengan roda depan), maka ECU akan mengaktifkan traction control. Maka dia akan mengkalkulasi berapa bahan bakar yang perlu diinjeksikan sehingga torsinya dapat berkurang. Dengan begitu kecepatan putar roda belakang akan kembali selaras dengan ban depan,” sambung Ade.

Cara Mengaktifkan HSTC All New Honda PCX 160

Fitur HSTC pada All New Honda PCX 160 bisa diaktifkan atau dimatikan sesuai keinginan pengendara. Untuk diketahui, fitur ini otomatis dalam posisi aktif setiap kali motor baru dinyalakan.

Jika ingin mematikannya, pengendara perlu memilih menu HSCT melalui tombol bertuliskan “Sel” yang tersedia di multi information display. Fitur HSTC itu sendiri ditandai dengan logo huruf “T” berwarna kuning yang diberi lingkaran.

Fitur HSTC bisa dinonaktifkan atau dinyalakan sesuai dengan keinginan pengendara lewat MID. (Foto: Carmudi/ Mada Prastya)

Untuk mematikannya pengendara tinggal menekan tombol bertuliskan “Set” selama kurang lebih tiga detik. Tapi disarankan sebaiknya untuk selalu mengaktifkan fitur ini selama berkendara demi meningkatkan keselamatan.

Fitur HSTC Memberi Rasa Aman Berkendara

Pada kesempatan test drive All New Honda PCX 160, Carmudi mencoba tipe ABS yang artinya juga dilengkapi fitur ini. Kebetulan arena test drive dalam kondisi basah setelah diguyur hujan deras. Fitur HSTC pun diaktifkan.

Pengendara mungkin saja tidak menyadari ketika fitur ini bekerja. Karena tujuannya memang untuk membuat pengalaman berkendara jadi terasa normal dan seaman mungkin. Tapi yang jelas, dengan mengetahui adanya fitur ini maka pengendara bisa lebih merasa aman dan percaya diri di kondisi jalan semacam ini.

Beberapa kali motor dicoba untuk berakselerasi mendadak di permukaan jalan basah, tidak terasa ada gejala ban mengalami selip.

 

Penulis: Mada

Editor: Lesmana

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts