Reviews

Simak Konsumsi BBM Wuling Almaz, SUV Pesaing Honda CR-V

Varian Wuling Almaz

Wuling Almaz di GIIAS diluncurkan di Indonesia dengan 4 varian pilihan. (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – Wuling Almaz resmi diluncurkan di Indonesia pada awal 2019 lalu. Meski menjadi pemain kuat di segmen mobil SUV (Sport Utility Vehicle), mobil ini dinilai memiliki konsumsi BBM yang kurang irit.

Wuling Almaz dibenamkan mesin tipe LJO berkapasitas 1.451 cc, 4 silinder segaris, DOHC, DVVT, Turbocharger.

Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 140 Hp pada putaran mesin 5.200 Rpm serta torsi maksimal 250 Nm pada putaran 1.600 hingga 3.600 Rpm. Selain itu, mobil ini mengandalkan transmisi CVT.

Sebagai informasi, Almaz merupakan produk keempat serta model termahal Wuling di Indonesia. Tentunya, posisi mobil tersebut berada di atas Confero, Cortez, dan Formo.

Nama Almaz sendiri diambil dari Bahasa Arab yang artinya adalah berlian, sehingga mobil ini mengusung filosofi ‘stylish, tough, and precious’.

Pihak Wuling melalui Almaz berkeinginan menjadi pemain kuat di segmen mobil SUV agar terus bisa mengembangkan bisnisnya di Indonesia setelah berhasil dengan Wuling Cortez dan Confero.

Konsumsi BBM Wuling Almaz

Varian Wuling Almaz

4 Varian Wuling Almaz resmi disodorkan ke publik di Indonesia. (Foto: Carmudi/Santo)

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Wuling Almaz memiliki konsumsi BBM kurang irit di kelasnya.

Dilansir dari berbagai sumber, Wuling Almaz memiliki konsumsi BBM di dalam kota sebesar 8,3 km per liter, sedangkan di luar kota, konsumsi BBM mobil ini 12,8 km per liter, sehingga bisa dibilang konsumsi BBMnya ini tidak boros, tetapi juga tidak irit.

Jika dibandingkan dengan pesaingnya, yaitu Honda CR-V, konsumsi BBM Almaz sedikit lebih boros. CR-V yang varian turbo dibenamkan mesin L15B7 1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW.

Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 187,4 Hp pada putaran 5.600 Rpm dan torsi maksimal 240 Nm pada 2.000 sampai 5.000 Rpm.

Dibekali mesin tersebut, CR-V turbo memiliki konsumsi BBM sebesar 11 km per liter untuk pemakaian di dalam kota dan 16 km per liter di luar kota, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Meskipun demikian, torsi milik Almaz yang sebesar 250 Nm alias lebih besar dibandingkan CR-V Turbo diklaim menjanjikan akselerasi memadai.

Akselerasi Wuling Almaz

Pada bagian akselerasi, dari 0 sampai 60 km per jam, Wuling Almaz dapat melesat dalam waktu 4,5 detik, dan dari 0 hingga 100 km per jam, mobil tersebut mencatat waktu di angka 10,3 detik.

Selain itu, pada kecepatan 40 sampai 80 km per jam, Almaz meraih waktu di angka 4,3 detik, sedangkan dari 0 hingga 201 meter, mobil ini mencatat waktu 11,3 detik, serta 17,5 detik dari 0 sampai 402 meter.

Cara Menghemat Konsumsi BBM Wuling Almaz

Wuling Almaz 7 seater

Wuling Almaz 7 seater sekarang sudah bisa dipesan melalui diler resmi. (Foto: Carmudi/Santo)

Seperti diketahui, Wuling Almaz memiliki konsumsi BBM yang kurang irit sebagai mobil SUV. Namun, bukan berarti konsumsi BBMnya tidak bisa dibuat irit.

Carmudi telah rangkum beberapa cara untuk menghemat konsumsi BBM Almaz yang dilansir dari web resmi Wuling Indonesia sebagai berikut.

  • Memilih BBM Berkualitas

Jangan pernah memilih bahan bakar yang nilai oktannya rendah hanya untuk menghemat pengeluaran.

Mungkin, ini tidak akan mempengaruhi konsumsi BBM mobil untuk jangka pendek. Namun untuk jangka panjang, konsumsi BBMnya bisa boros seiring berjalannya waktu.

  • Mengecek Kondisi Ban Mobil

Disarankan untuk selalu mengecek kondisi ban. Jika tekanan angin bannya tidak stabil, mobil akan bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan tenaganya.

Bagi pengguna Wuling Almaz, bisa mengakses layar Multi Information Display (MID) yang letaknya di belakang setir kemudi untuk mengecek tekanan angin ban mobilnya.

Dengan menjaga tekanan angin bannya tetap stabil, bisa membuat konsumsi BBM mobil ini irit hingga 20%.

  • Menjaga RPM Mesin

Jika ingin lebih hemat konsumsi BBM, pengguna Almaz harus tahu kapan mengganti gigi. Jangan menunggu hingga terdengar mesin berdengung keras, baru mengoper gigi.

Disarankan untuk oper gigi pada 1.500 sampai 2.200 Rpm. Selain itu, bawa mobil ini melaju secara konstan pada Rpm tersebut.

  • Tidak Menyalakan AC Jika Tidak Dibutuhkan

AC mobil yang dinyalakan terus-menerus dapat membuat mesin bekerja lebih keras, sehingga konsumsi BBMnya jadi boros. Jika ingin menyalakan AC mobil, sebaiknya atur pada suhu 22 sampai 23 derajat celsius.

  • Tidak Membawa Muatan Melebihi Kapasitas

Perlu diketahui, muatan dengan berat 20 kg dapat menambah konsumsi BBM berkisar 1 persen. Ini tidak hanya berlaku pada muatan di dalam mobil, tetapi juga muatan di atas mobil yang menggunakan roof rack.

Dengan demikian, sebaiknya membawa muatan di mobil sesuai kapasitas yang sudah ditentukan agar konsumsi BBM mobil tetap irit.

Spesifikasi Wuling Almaz 2020

Wuling Almaz di GIIAS Surabaya 2019. (Foto: Wuling Motors)

Jika melihat tampilannya, Wuling Almaz terlihat memiliki desain yang futuristik dan kekinian. Mobil ini memiliki ukuran panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.760 mm.

Pada bagian depan, disematkan headlamp LED dengan lampu utama berbentuk menyipit khas mobil kekinian yang memberikan kesan galak.

Selain itu, juga disematkan gril berdesain modern dengan fog lamp atau lampu kabut dan lampu sein yang terlihat modern serta elegan.

Lampu kabut tersebut dapat memberikan pencahayaan secara maksimal saat mobil dibawa berkendara di malam hari. Tidak hanya itu, beralih pada bagian belakang, terdapat stop lamp atau lampu rem yang didesain elegan, modern, serta kekinian.

Seperti tidak ingin kalah dengan eksteriornya, Wuling Almaz juga memiliki interior yang terkesan modern dan stylish. Ini bisa terlihat pada dasbor yang dimilikinya, dimana dasbornya didesain elegan dan tertata rapi khas SUV kekinian.

Pada bagian dasbor Almaz, terdapat head unit dengan touch screen atau layar sentuh berpanel Sophisticated seluas 10.4 inci dan sudah dilengkapi fitur auto AC (Air Conditioner).

Dengan adanya head unit tersebut, pengguna mobil ini dapat mengatur sistem hiburan serta AC mobilnya secara mudah.

Tidak ketinggalan, pada layar sentuhnya, sudah dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan para penumpang, seperti MP3/DVD, audio visual system, tombol pengaturan Home, dan fitur lainnya.

Tidak hanya itu saja, Wuling Almaz juga sudah dilengkapi dengan layar MID yang informatif agar pengemudi dapat mengetahui kondisi mobilnya selama berkendara.

Di sisi lain, Wuling Almaz sudah dilengkapi dengan fitur keamanan dan keselamatan standar berupa Electric Parking Brake (EPB + Automatic Vehicle Holding (AVH)) untuk melindungi pengguna mobil ini dari kecelakaan saat memarkirkan mobil.

Selain itu, di bagian kaki-kaki Almaz, turut disematkan rem cakram (Disc) yang diklaim cukup handal dan mumpuni untuk mengendalikan laju kecepatan mobil tersebut.

Harga Wuling Almaz 2020

Perwakilan Wuling Motors dan PT Arista Jaya Lestari dalam Peluncuran Almaz di Bandung. (Foto: Wuling Motors)

Berikut ini adalah daftar varian dan harga Wuling Almaz 2020 On The Road (OTR) Jakarta.

  • Almaz Exclusive 7 Seater Rp341,8 juta
  • Almaz Exclusive 5 Seater Rp331,8 juta
  • Smart Enjoy CVT 7 Seater Rp278,8 juta
  • Smart Enjoy 6MT 7 Seater Rp266,8 juta

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga: Wuling Almaz Limited Edition Meluncur, Simak Ubahannya

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts