Home » Berita » Simak Perubahan yang Dialami Toyota Corolla Generasi Kedua Belas

Simak Perubahan yang Dialami Toyota Corolla Generasi Kedua Belas

All New Toyota Corolla (Foto: Carscoops)

Beijing – Setelah menunjukkan teaser berupa gambar siluet, akhirnya Toyota secara resmi merilis All New Corolla. Perkenalannya dilakukan bersamaan dengan saudara kembarnya All New Toyota Levin di Guangzhou International Auto Show di China.

Sebagai generasi kedua belas, All New Toyota Corolla tampil lebih tajam dan agresif terutama pada bagian depan. Sedangkan bagian belakang tetap bertahan dengan desain lama, namun dengan sedikit revisi.

Baca juga: Foto All New Toyota Corolla Altis Bocor Sebelum ‘World Premiere’

All New Toyota Corolla ditawarkan dalam dua tipe yang berbeda yaitu Sporty untuk pasar Amerika Utara, China, Jepang, dan negara lainnya. Sedangkan Eropa dan beberapa negara lainnya akan mendapatkan tipe tertinggi, Corolla Prestige. Lantas perubahan apa saja yang terjadi di All New Toyota Corolla? Berikut ini uraian singkatnya sebagaimana dilansir dari Carscoops:

1. Eksterior

Bagian depan All New Toyota Corolla mendapat grille krom yang lebih lebar dikawal oleh lampu utama LED. Kisi-kisi dan bumper menyatu dengan garis krom berbentuk huruf C di ujungnya. Dilihat dari samping, sedan Toyota Corolla model 2020 ini memiliki beltline konvensional dan garis karakter yang meningkat mulai dari sayap depan, sedangkan garis atapnya rata ke arah belakang.

Di bagian belakang, All New Toyota Corolla memiliki desain sporty diperkuat oleh kehadrian spoiler belakang. Bumpernya tampak gagah sama seperti bagian depan, lampu belakang LED, dan dipermanis oleh aksen krom di antara lampu belakang.

All New Toyota Corolla (Foto: Carscoops)

Seperti model Corolla lainnya, sedan ini dibangun menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Panjang All New Toyota Corolla 4.640 milimeter, lebar 1.780 mm, dan 1.435 mm tingginya.

Dibandingkan dengan model yang sudah ada sebelumnya, Corolla terbaru lebih panjang sekira 10 mm, 5 mm lebih lebar dan 45 mm lebih rendah ke tanah. Sementara jarak sumbu roda depan dan belakang 2.700 mm, tidak berubah dari pendahulunya.

2. Interior

Masuk ke bagian kabin mobil, Toyota menawarkan desain dan fitur yang kaya teknologi. Material yang digunakan di kabin lebih berkualitas dan berkilap sehingga memberikan kesan sebagai mobil premium. Warna interior ada dua, kombinasi hitam dan biru, abu-abu dengan abu-abu gelap dan krem.

Interiornya rapih dan didesain minimalis seperti Corolla versi hatchback dan estate. Namun, untuk China, Toyota akan menawarkan sistem infotainment layar sentuh Entune 3.0 berukuran 7 inci dan 8 inci untuk varian tertinggi, serta kompatibel dengan Apple CarPlay and Amazon Alexa

Interior All New Toyota Corolla (Foto: Carscoops)

Bicara soal fitur keselamatan dan keamanan mobil ada Toyota Safety Sense (TSS). TSS untuk sedan ini terdiri dari Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist and Automatic High Beams.

3. Mesin

All New Toyota Corolla akan dipersenjatai dengan mesin diesel 2.0 liter full-hybrid berdaya 180 ps, sama seperti yang ada di versi hatchback dan estate. Mesin akan bervariasi di setiap negara, pada Corolla versi Amerika Utara pelanggan akan memiliki pilihan untuk menggunakan mesin bensin 1.8 liter seperti di model lama dan bensin Dynamic force 2.0 liter.

Toyota Corolla generasi kedua belas akan dijual ke berbagai negara mulai 2019. Jepang akan mendapatkan Corolla sedan, estate terbaru, dan varian Sporty, dalam tahun yang sama.

“Kami telah berusaha untuk merancang model-model baru yang menarik, dan menyenangkan untuk dikendarai. Saya ingin menjadikan model baru ini sebagai mobil yang memperkaya mobilitas bagi pelanggan di seluruh dunia,” kata Yoshiki Konishi, chief engineer Toyota Corolla.(dol)

harga nissan terra 2018
Previous post
Infografis: Harga dan Spesifikasi Nissan Terra 2018
tren modifikasi mobil 2019
Next post
IMX 2018 Tak Sekedar Ajang Modifikasi, Tapi Juga Peluang Bisnis