Home » Reviews » Simak Spesifikasi Lengkap dan Harga Daihatsu Sigra Terbaru 2020

Simak Spesifikasi Lengkap dan Harga Daihatsu Sigra Terbaru 2020

New Daihatsu Sigra resmi meluncur, Senin (16/9/2019) di Summarecon Serpong, Tangerang.
New Daihatsu Sigra resmi meluncur, Senin (16/9/2019) di Summarecon Serpong, Tangerang. (Foto: Carmudi Indonesia)

Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Indonesia telah resmi meluncurkan Daihatsu Sigra terbaru pada 2019 lalu. Mobil yang diluncurkan pertama kali pada 2016 ini mendapatkan pembaruan pada eksterior maupun interiornya.

Perlu diketahui, Daihatsu Sigra terbaru meluncur bersamaan dengan kembarannya, New Toyota Calya. Kedua mobil tersebut kini memiliki tampilan yang lebih modern dibandingkan dengan model sebelumnya. Selain itu, interiornya terlihat stylish meskipun tidak mendapatkan banyak pembaruan.

Dari segi dimensi, Daihatsu Sigra terbaru memiliki ukuran panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm untuk semua varian. Di sisi lain, Sigra terbaru memiliki 10 varian dengan 4 tipe, yakni tipe D, M, X, R, X Deluxe, serta R Deluxe.

Daihatsu Sigra memiliki tiga pilihan warna baru, glittering silver metallic, bronze metallic dan orange metallic. Warna lainnya yang ditawarkan adalah icy white solid, dark grey metallic, red solid, dan ultra black solid.

Spesifikasi Daihatsu Sigra Terbaru

Mesin Daihatsu Sigra Terbaru, Tenaga Tangguh dan Irit

Mesin New Daihatsu Sigra tak mengalami ubahan apapun
Mesin New Daihatsu Sigra. (Foto: Carmudi Indonesia)

Daihatsu Sigra terbaru menawarkan dua pilihan mesin yang berbeda, mesin 1.0 liter pada Sigra terbaru tipe D dan tipe M. Serta, mesin 1.2 liter yang dibenamkan pada Sigra terbaru tipe X dan tipe R.

Untuk mesin 1.0 liter, mengandalkan kubikasi 998 cc, 3 silinder, DOHC, VVT-i. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 66 Hp pada putaran 6.000 Rpm. Serta, torsi maksimal hingga 89 Nm pada putaran 4.400 Rpm.

Sedangkan untuk mesin 1.2 liter, menggunakan kubikasi 1.197 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal hingga 87 Hp pada putaran 6.000 Rpm. Selain itu, mesinnya dapat mencapai torsi maksimal 108 Nm pada putaran 4.200 Rpm.

Di sisi lain, tenaga mesin 1.0 liter hanya tersedia pilihan transmisi manual 5 percepatan. Sedangkan untuk mesin 1.2 liter, tersedia transmisi otomatis 4 percepatan dan transmisi manual 5 percepatan.

Selain itu, sistem bahan bakar Daihatsu Sigra terbaru di semua varian sudah mengandalkan EFI, sehingga konsumsi bahan bakarnya bisa lebih irit dan efisien. Mobil ini juga sudah disematkan kedua suspensi yang andal dan mumpuni, yaitu suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan suspensi Semi Independent Torsion Axle Beam di bagian belakang.

Eksterior Daihatsu Sigra Terbaru Lebih Modern

Eksterior New Daihatsu Sigra 2019. (Foto: Carmudi/Rizen)

Daihatsu Sigra terbaru mendapatkan beberapa pembaruan pada eksteriornya yang kini terlihat lebih modern. Dilansir dari Youtube dan jurnal Carmudi, salah satu pembaruannya yang paling terlihat terdapat pada bagian depan.

Jika Sigra model sebelumnya disematkan list grille chrome yang terpisah dengan gril di bawahnya, list grille chrome Sigra terbaru dibuat menyambung dengan gril di bawahnya dan ukurannya lebih besar.

Selain itu, lampu utamanya sudah mengandalkan LED untuk Sigra terbaru tipe M ke atas. Headlamp LED-nya berbentuk pipih dan dapat mengeluarkan cahaya yang optimal. Khusus Sigra terbaru tipe R dan R Deluxe, housing fog lamp-nya kini berwarna hitam dan berbentuk vertikal asimetris yang memberikan kesan mewah.

Di bagian samping tidak mendapatkan banyak pembaruan, masih mirip dengan model sebelumnya. Terlihat adanya lekukan garis yang halus sehingga tampak stylish. Khusus Sigra terbaru tipe R dan R Deluxe, spionnya bisa dilipat secara elektrik dan retractable.

Sedangkan khusus Sigra terbaru tipe R Deluxe, telah mengandalkan pelek baru two-tone berukuran 14 inci. Selain itu, Sigra terbaru juga sudah disematkan mud flap di bagian rodanya yang dapat mencegah kotoran menempel di bodi mobil.

Di bagian belakang, lampu mobil mengandalkan smoke lamp and lens garnish yang terkesan modern. Selain itu, pintu bagasi mobil ini menggunakan desain duck tail yang juga berdesain modern. Khusus Sigra terbaru tipe X ke atas, sudah disematkan rear spoiler dilengkapi dengan washer di bagian atas.

Interior Tetap Stylish

Desain dashboard New Daihatsu Sigra
Interior New Daihatsu Sigra. (Foto: Carmudi Indonesia)

Interior Daihatsu Sigra terbaru tidak terlalu mendapatkan banyak pembaruan, namun tetap terlihat stylish. Salah satu pembaruannya terdapat pada warna interior. Kini, dasbor Sigra terbaru menggunakan warna two-tone, yaitu perpaduan warna antara dark and light grey yang terlihat kekinian. Sigra model sebelumnya menggunakan warna beige.

Selain itu, head unit Sigra terbaru sudah memakai touch screen atau layar sentuh berukuran 7 inci. Terdapat juga layar MID (Multi Information Display) khusus Sigra terbaru tipe M ke atas.

Di sisi lain, jok mobil ini di baris kedua dan ketiga sudah disematkan headrest yang bisa diatur sesuai keinginan penumpang. Terdapat juga fitur one touch tumble untuk melipat kursi dan memberikan akses masuk ke ruang baris ketiga dengan mudah. Selain itu, terdapat tempat penyimpanan di bawah jok mobilnya yang belum ada di Sigra model sebelumnya.

Sigra terbaru juga memiliki tempat penyimpanan lainnya. Seperti, cup holder di pintu belakang, card holder, coin tray, smart phone pocket, serta seat back pocket. Sebagai informasi, bagasi Daihatsu Sigra terbaru memiliki kapasitas sebesar 263 liter yang sama dengan model sebelumnya. Ini sebanding dengan membawa air galon seberat 19 liter.

Fitur Cukup Lengkap 

Sama seperti interiornya, fitur Daihatsu Sigra terbaru juga tidak banyak mendapatkan pembaruan. Untuk fitur hiburan, Sigra terbaru telah disematkan head unit jenis 2 DIN dengan touch screen atau layar sentuh, serta port soket USB dan bluetooth khusus di tipe R dan R Deluxe. Mirip seperti model sebelumnya, Sigra terbaru masih mengandalkan fitur rear air circulation untuk sirkulasi udara ke bagian belakang mobil.

Sedangkan untuk fitur keselamatan, head unit mobil ini sudah dilengkapi rear parking camera. Dengan adanya fitur tersebut, pengemudi dapat memarkirkan mobilnya lebih mudah melalui head unit. Selain itu, disematkan juga fitur sensor rear parking pada Sigra terbaru tipe M ke atas dan sensor front corner khusus Sigra R Deluxe.

Terdapat juga fitur-fitur keselamatan lainnya, seperti dual SRS airbag, immobilizer di tipe M ke atas, dan side impact beam yang dapat melindungi penumpang jika terjadi tabrakan. Tidak hanya itu, bagian pengereman mobil ini sudah dilengkapi ABS dan EBD khusus Sigra terbaru bertransmisi otomatis.

Harga Daihatsu Sigra Terbaru

Bagi Carmudian yang tertarik membeli mobil ini, Carmudi rangkum harga Daihatsu Sigra terbaru sebagai berikut. Sebagai informasi, mobil ini tidak mengalami kenaikan harga, kecuali varian tertingginya.

  • Sigra varian 1.0 D MT Rp118,5 juta
  • Sigra varian 1.0 M MT Rp128,9 juta
  • Sigra varian 1.2 X MT Rp138,25 juta
  • Sigra varian 1.2 X AT Rp151,05 juta
  • Sigra varian 1.2 X MT Deluxe Rp143,75 juta
  • Sigra varian 1.2 X AT Deluxe Rp156,55 juta
  • Sigra varian 1.2 R MT Rp144,65 juta
  • Sigra varian 1.2 R AT Rp157,45 juta
  • Sigra varian 1.2 R Deluxe MT Rp148,45 juta
  • Sigra varian 1.2 R Deluxe AT Rp161,25 juta

 

Penulis: Nadya Andari 

Editor: Dimas

Baca Juga:

Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport Ternyata Berbeda, Simak Asal-usulnya

Previous post
PSBB Diperpanjang, Sistem Ganjil Genap Jakarta Ditiadakan Sampai Mei
Next post
Operasi Ketupat Tahun Ini Fokus Menangani Pandemi Covid-19