Modifikasi

Simsalabim! Toyota 86 Disulap Elegan Seperti Aston Martin

Penggemar si ‘Hachiroku’ Toyota 86 mungkin akan heran jika melihat sosok mobil ini di jalan. Bukan sulap bukan sihir, inilah Toyota 86 pertama dengan kit konversi ala Aston Martin Vantage.  Berjuluk ’86 Vantage’, mobil sport laris Toyota yang kental dengan karakter drifting ini dimodifikasi dengan beberapa ciri yang dicomot langsung dari mobil eksotis Inggris tersebut.

Mobil ini adalah besutan rumah modifikasi DAMD. DAMD dikenal sebagai rumah modifikasi asal Jepang dengan hasil karya unik, yakni memiliki spesialisasi menggabungkan ciri dari dua pabrikan berbeda. Selama ini, widebody kit besutan Rocket Bunny adalah konversi yang paling sering ditemui pada Toyota 86, sehingga apa yang ditawarkan DAMD benar-benar melawan arus yang ada di kultur modifikasi saat ini.

Toyota 86

Berpose dengan latar belakang pertokoan klasik makin membuat mobil terasa sangat British

Grill Khas Aston Martin Menjadi Ciri Utama Modifikasi

Perubahan paling kentara pada mobil adalah pada bentuk gril. Gril konvensional Toyota 86 ditanggalkan dan diganti dengan gril khas Aston Martin yang terlihat seperti hidung harimau. Bumper depan yang mengapit gril khas pabrikan ikonik Inggris itu juga mengalami perubahan.

Toyota 86

Wajah depan yang bisa sangat menipu mata di jalan

Ini terlihat dari bentuk rumah foglamp yang melengkung seksi berpadu dengan lampu utama. Perhatikan juga bentuk emblem kustom ala DAMD yang mengganti logo Toyota. Secara keseluruhan, pengerjaan bodinya sangat rapih dan enak dilihat mata hingga ke bagian buritan.

Bagian buritannya lebih terlihat sporti ketimbang fasia depan yang lebih menonjolkan aura elegan. Terdapat ducktail tebal di bagian bagasi dengan seperangkat diffuser yang mengapit knalpot ganda. Lampu stop beraksen smoke juga menjadi penegas karakter sporti dari ubahan buritannya.

Toyota 86

Emblem ’86 Vantage’, buritan semok yang lebih berkarakter sporti ketimbang fasia depan

Dari Mobil Sport Tulen, Toyota 86 Diubah Jadi Kupe Elegan

Tujuan dari konversi kit ini adalah membuat Toyota 86 yang berkarakter kupe sport menjadi sebuah mobil yang lebih elegan dan mewah ala model-model besutan Aston Martin. Maka dari itu aksen krom mewah dapat dengan mudah ditemui di sejumlah bagian bodi.

Toyota 86

Suasana kabin juga terasa ‘sangat Aston Martin’

Masuk ke kabin, kemudi dan interiornya juga sudah dilapisi material kulit mewah berkelir coklat krem, dengan tambahan sejumlah aksen krom dan ubahan total pada konsol tengah. Bagi Anda pemilik Toyota 86 yang tertarik dengan kit konversi ini, DAMD membanderol produknya sebesar US$4063 atau kira-kira setara dengan Rp56 juta, minus velg aftermarket, seperti dilansir Carscoops.

Oh iya, untuk para pemilik Ford Fiesta terbaru, sepertinya tidak perlu iri dengan modifikasi DAMD ini karena mobilnya juga sudah memiliki bentuk gril serupa. Benar begitu, bukan?

Toyota 86

Pemilik Ford Fiesta pasti familiar dengan bentuk gril seperti ini

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: [email protected]
Follow Me:

Related Posts

/