Berita

Singkirkan Duo Sedan Toyota, Mazda3 Jadi Mobil Terbaik di Thailand

All New Mazda3 (Carmudi/Fransiscus Rosano)

All New Mazda3 Sedan (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Bangkok – Kabar baik kembali datang dari Mazda. Salah satu produk unggulannya yaitu Mazda3 kembali meraih penghargaan bergengsi. Sebelumnya Mazda3 dinobatkan sebagai pemenang utama Women World Car of the Year Awards 2019.

Kali ini Mazda3 meraih penghargaan sebagai mobil terbaik di Thailand 2019. Penghargaan itu diberikan oleh Thai Automotive Journalists Association.

Dilaporkan Paultan, sebelum menentukan pemenang para dewan juri yang berjumlah 60 jurnalis dari berbagai media terlebih dulu melakukan proses seleksi. Diawali dengan mendata mobil-mobil baru yang meluncur di pasar Thailand mulai 1 Oktober 2018 hingga 31 September 2019.

Selain itu mobil juga harus dirakit maupun hasil produksi di negara-negara ASEAN. Proses selanjutnya para dewan juri menentukan mobil-mobil mana saja yang berhak masuk final.

Setelah melalui serangkaian penilaian yang amat ketat, maka dewan juri memutuskan ada tujuh mobil yang masuk e final. Yaitu Mazda3, BMW X3, Honda Accord, MG HS, Subaru Forester, Toyota Camry and Toyota Corolla Altis.

Dari ketujuh finalis tersebut, dewan juri memilih satu mobil untuk dijadikan pemenang. Dewan juri sepakat Mazda3 berhak menyandang predikat sebagai mobil terbaik di Thailand 2019. Mazda berhasil mengalahkan duo sedan keluaran Toyota yaitu Camry and Toyota Corolla Altis.

Penghargaan mobil terbaik di Thailand 2019 yang dijalankan oleh Thai Automotive Journalists Association sudah memasuki tahun kelima. Pemenang mobil terbaik di Thailand tahun lalu diraih Toyota CH-R. Mazda3 menjadi mobil kedua Mazda yang meraih penghargaan tertinggi itu. Sebelumnya pada 2016 Mazda melalui CX3 juga pernah meraih penghargaan yang sama.

Mazda3 Pilihan Perempuan

Mazda3 juga dinobatkan sebagai pemenang utama dalam ajang Women World Car of the Year Awards 2019. Pengumuman pemenang dilakukan belum lama ini bersamaan dengan Dubai International Motor Show. Setidaknya ada 41 juri dari 34 negara yang dilibatkan dalam ajang tahunan ini.

All New Mazda3 (Carmudi/Fransiscus Rosano)

All New Mazda3 (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Selain meraih penghargaan utama, Mazda 3 juga berhasil memperoleh penghargaan pada kategori Family. Mobil asal Jepang itu berhasil mengalahkan para pesaing terberatnya seperti Toyota Corolla dan BMW 3 Series.

Mazda3 merupakan produk global yang dipasarkan di banyak negara termasuk Indonesia. Mazda3 dengan tampilan baru resmi masuk Indonesia pada Juli 2019 bersamaan dengan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Mazda3 yang dipasarkan di Indonesia menggendong mesin bensin Sky Activ-G berkapasitas 2,0 liter. Kemenangan Mazda3 menjadi kedua kalinya yang didapat oleh Mazda.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

/