Berita

Sirkuit Ancol Tak Disarankan Untuk Balap Motor

Jakarta – Sirkuit Ancol yang beberapa waktu lalu menggelar ajang balap Formula E ternyata tak disarankan digunakan untuk balap motor. Padahal sirkuit yang baru dibangun tersebut setidaknya bisa digunakan untuk ajang balap lainnya.

Menurut Ahmad Sahroni, Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI), sirkuit tersebut tidak cocok untuk digunakan balap motor. Ia mengatakan jika sirkuit tersebut sejatinya hanya dikhususkan untuk balap mobil saja.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran ingin menggunakan sirkuit tersebut untuk menggelar street race. Ajang tersebut diharapkan bisa menjadi wadah bagi para pengguna motor yang sering melakukan balap liar di jalan.

sirkuit ancol balap motor

Sirkuit Ancol tak disarankan untuk dipakai event balap motor

Lebih lanjut, salah satu alasan mengapa sirkuit Ancol tak cocok digunakan untuk balap motor yakni adanya pembatas pagar beton. Sahroni membeberkan dalam sirkuit tersebut juga tidak ada area kosong, sehingga sangat berbahaya bagi pembalap motor nantinya.

“Di sepanjang lintasan semua dibatasi oleh pagar beton, tidak ada area kosong, sehingga bila terjadi kecelakaan akan sangat berbahaya bagi pembalap motor,” ujarnya, Minggu (26/6/2022).

“Selain itu, yang harus kita utamakan juga aspek keselamatannya, di mana sirkuit ini sudah distandardisasi Federation Internationale de l’Automobile (FIA) untuk balapan mobil saja,” sambungnya.

sirkuit ancol balap motor

Sirkuit Ancol tak disarankan untuk dipakai event balap motor

Di sisi lain, Ahmad Sahroni mendukung langkah yang hendak diambil oleh Kapolda untuk menggelar street race di sirkuit Ancol. Hanya saja ia harus tetap mengikuti aturan penggunaan sirkuit Ancol hanya untuk event balap mobil saja.

“Niat Kapolda saya rasa bagus, namun di dunia motorsport, regulasi balap apalagi yang mengenai keselamatan wajib dipatuhi. Namun karena sirkuit ini sudah dibangun atas standar FIA dengan mengikuti rules FIA untuk Formula E, maka kami harus sesuai dengan aturan,” kata Sahroni.

sirkuit ancol balap motor

Sementara itu, IMI dan pengelola JIEC saat ini sedang menyiapkan ajang balap yang bisa digelar sesuai dengan regulasi. Nantinya akan ada beberapa ajang balap yang digelar di sirkuit Ancol selain Formula E.

“Intinya JIEC akan terus hidup sepanjang tahun meramaikan ajang Motorsport Indonesia,” tandas Sahroni.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

/