Home » Berita » Soal Datsun Stop Produksi dan Jualan Mobil di Indonesia, Ini Kata Nissan

Soal Datsun Stop Produksi dan Jualan Mobil di Indonesia, Ini Kata Nissan

Datsun GO (Foto: Carmudi)

Jakarta – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai induk perusahaan Datsun sampai saat ini belum mengeluarkan pemberitahuan resmi terkait dihentikannya penjualan dan pemasaran mobil merek Datsun di Tanah Air. Justru informasi bakal mundurnya Datsun dari Indonesia diberitahu langsung oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika.

Menanggapi informasi yang sudah terlajur tersebar luas itu, Head of Communication NMI, Hana Maharani akhirnya mau membuka suara. Dirinya hanya mengatakan bahwa saat ini perusahaan ingin mengubah strategi dalam memasarkan kendaraan di Tanah Air. Di samping itu juga supaya dapat bersaing dengan merek mobil lain di masa mendatang.

“Rencana optimalisasi kami meliputi penyelarasan operasi bisnis dan organisasi, termasuk optimalisasi produksi sebagai bagian dari rencana ini. Kami melakukan sejumlah langkah yang memastikan pertumbuhan kami di masa depan,” ungkap Hana dalam keterangan resminya.

Strategi baru yang tengah disiapkan oleh NMI, lanjut Hana merupakan bagian dari komitmen Nissan untuk bisa terus eksis dan melayani seluruh pelanggan di Tanah Air. “Kami menegaskan bahwa Nissan terus berkomitmen kepada pasar dan pelanggan di Indonesia,” pungkas dia.

Datsun Stop Produksi dan Pemasaran Pada Januari 2020

Datsun akan menghentikan produksi dan pemasaran mobil di Indonesia pada Januari 2020. Hal itu disampaikan langsung oleh Putu. Meski begitu sampai saat ini belum ada kabar resmi yang datangnya langsung dari merek mobil asal Jepang itu. Putu memberitahukan bahwa saat ini Datsun tengah mencari waktu yang pas untuk memberitahukan informasi tersebut ke publik.

“Datsun ingin menyampaikan juga secara resmi. Datsun sudah berkomunikasi kepada saya di telepon, tapi saat itu saya sedang berada di Jepang kemarin. Lewat sambungan telepon mereka (NMI) bilang ingin melapor bahwa ada perubahan strategi karena kita posisinya seperti ini (penjualan kurang cermelang),” papar Putu, di Jakarta.

datsun cross
Datsun modern dengan model legendaris Datsun 510 (Foto: Carmudi)

Untuk diketahui, Datsun mulai menancapkan taringnya di Indonesia pada 2014. Saat ini Datsun punya tiga produk yang ditawarkan ke konsumen di Indonesia, Datsun GO, Datsun GO+, dan Datsun Cross. Sayangnya produk Datsun kurang mendapat sambutan baik di dalam negeri.

Merujuk pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan ritel (diler ke konsumen) Datsun periode Januari-Agustus 2019 sebanyak 5.646 unit atau turun sekira 21 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Jual Mobil Listrik Jadi Alasan Mitsubishi Sediakan Fasilitas Pengisian Daya Cepat
Next post
IIMS Motobike Expo 2019 Resmi Digelar, Dorong Eksistensi Motor Listrik