Home » Sample Blog » Soal Fitur Keselamatan, Mitsubishi Xpander Lebih Lengkap Dibanding Toyota Avanza

Soal Fitur Keselamatan, Mitsubishi Xpander Lebih Lengkap Dibanding Toyota Avanza

ABS (Foto: Toyota)

Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia baru saja meluncurkan Toyota Avanza baru. Meski hanya mendapat perubahan minor, kedatangan mobil sejuta umat itu menambah persaingan di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Apalagi selama beberapa bulan terakhir penjualan Toyota Avanza terus ditempel oleh Mitsubishi Xpander.

Mitsubishi Xpander merupakan pendatang baru di segmen LMPV. Banyak pihak yang beranggapan bahwa mobil LMPV pertama dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) itu akan menjadi lawan imbang untuk Avanza khususnya Veloz. Mengingat dua model LMPV terdahulu seperti Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga belum bisa menempel ketat penjualan Toyota Avanza.

Masuknya Mitsubishi Xpander seolah jadi angin segar bagi penggemar otomotif terutama yang sedang mencari mobil keluarga. Sebab dari segi desain eksterior jauh lebih modern ketimbang Avanza, yang sejak awal kemunculannya tidak ada perubahan besar dan signifikan.

Desain eksterior menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk membeli mobil. Di samping itu ada juga konsumen yang tidak hanya fokus kepada desain tapi juga fitur keselamatan.

Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza sudah dibekali dengan sejumlah fitur keselamatan. Namun apabila keduanya dibandingkan mana yang lebih lengkap? Supaya lebih imbang, maka Carmudi coba membandingkan fitur keselamatan yang dimiliki oleh varian tertinggi dari masing-masing model. Mitsubishi memiliki Xpander Ultimate A/T sebagai varian tertinggi sedangkan Toyota Avanza punya Veloz 1.5 A/T.

Fitur Keselamatan

Dimulai dari Mitsubishi Xpander Ultimate A/T. Mobil yang sudah di ekspor ke Mesir, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Bolivia telah dibekali fitur keselamatan aktif. Seperti Antilock Braking System (ABS), Emergency Stop Signal (ESS), Active Stability Control (ASC), dan Hill Start Assist (HSA).

Active Stability Control (Foto: Mitsubishi)

Sedangkan fitur keselamatan pasif ada banyak. Beberapa di antaranya Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension dan Force Limiter. Serta Isofix untuk bangku anak-anak.

Selain itu Mitsubishi juga telah menciptakan Xpander dengan struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution). Melalui struktur rangka yang juga digunakan oleh Pajero Sport itu diklaim mampu menahan benturan karena terbuat dari material yang kuat.

Lantas bagaimana dengan Toyota Veloz 1.5 A/T? merujuk dari data spesifikasi model terbaru. Varian termahal dari keluarga Avanza itu hanya memiki beberapa fitur keselamatan saja baik itu aktif maupun pasif.

Di antaranya Dual SRS Airbags, Seatbelt dengan Pretensioner dan Force Limiter, ABS, Isofix, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning.

Dari penjabaran tersebut jelas sekali bila fitur keselamatan yang dimiliki oleh Mitsubishi Xpander Ultimate A/T lebih lengkap ketimbang Toyota Veloz 1.5 A/T. Bicara soal harga jual keduanya, wajar bisa Mitsubishi Xpander Ultimate A/T lebih mahal yaitu Rp258,9 juta sedangkan Toyota Veloz 1.5 A/T Rp239,45 juta.(dol)

Previous post
Fungsi Damper Shockbreaker Prime, Bukan Cuma Ganjel Saat Ambles
peluncuran daihatsu grand new xenia 1.5
Next post
Loyalis Xenia Jadi Alasan Munculnya Varian 1.500 CC