Home » Berita » Soal Recall Gara-gara Fuel Pump Bermasalah, Ini Jawaban Honda Indonesia

Soal Recall Gara-gara Fuel Pump Bermasalah, Ini Jawaban Honda Indonesia

Honda CR-V telah menginjak usia 20 tahun dan diklaim sebagai SUV terlaris di Indonesia. (Foto: Carmudi/Yongki)

Jakarta – Puluhan ribu mobil Honda dari berbagai model ditarik (recall) di tiga negara yaitu Malaysia, India, dan Vietnam. Penarikan ini terpaksa dilakukan karena pihak prinsipal Honda di Jepang menemukan adanya masalah pada bagian pompa bahan bakar atau fuel pump di mobil.

Adapun model Honda yang terindikasi bermasalah seperti Honda CR-V, BR-V, City, HR-V, Accord, dan lainnya. Rata-rata model yang terdampak recall lansiran 2018 dan 2019. Beberapa model yang disebutkan tadi dipasarkan pula di Indonesia.

Kendati Honda Malaysia, India, dan Vietnam sudah mulai melakukan program recall, tetapi di Indonesia sendiri belum ada pemberitahuan terkait hal serupa.

Yusak Billy selaku Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) mengaku telah mengetahui mengenai kabar recall puluhan ribu mobil Honda di tiga negara. Akan tetapi apakah mobil-mobil Honda yang dipasarkan di Tanah Air juga terindikasi bermasalah atau tidak, pihaknya belum bisa memutuskan karena masih menunggu arahan langsung dari prinsipal.

“Saat ini kami masih menunggu informasi resmi dari Honda Motor Co.,Ltd mengenai dampak recall ini untuk unit di Indonesia,” ungkap pria yang akrab disapa Billy itu kepada Carmudi, Kamis (19/6/2020).

Dirinya pun memastikan apabila sudah mendapat kejelasan dari Honda Motor Co.,Ltd maka pihaknya akan segera memberitahukannya kepada pemilik mobil Honda.

Ketika ditanya soal apakah pernah ada pemilik mobil Honda yang mengeluhkan soal fuel pump yang rusak terutama pada model-model yang terindikasi bermasalah, dirinya hanya menjawab secara normatif.

“Sekarang kami sedang mengumpulkan dan mempelajari dari data-data yang ada,” jawabnya.

Tenaga Mesin Bisa Hilang

Sebelumnya diberitakan bahwa komponen fuel pump yang bermasalah bisa mengakibatkan hilangnya tenaga mesin ketika tengah melaju.

Tindakan perbaikan dan pergantian komponen fuel pump merupakan bentuk tanggung jawab Honda kepada pelanggan untuk memastikan produknya aman dan nyaman ketika digunakan oleh pelanggan.

Honda Malaysia telah mengumumkan penarikan 55.354 unit kendaraan Honda dari berbagai model. Ini dilakukan untuk perbaikan dan mengganti pompa bahan bakar yang tidak bekerja sesuai fungsinya.

Honda Cars India memberitahukan penarikan terhadap 65.651 mobil lansiran 2018 untuk secara preventif mengganti pompa bahan bakar. Autocar India menyebutkan, model-model yang terkena penarikan seperti Honda Amaze, Jazz, WR-V, BR-V, Brio, dan CR-V.

Sedangkan Honda Vietnam menarik 19.219 mobil yang dirakit di Vietnam untuk menjalani pemeriksaan sekaligus pergantian pompa bahan bakar yang bermasalah.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Fuel Pump Bermasalah, Honda Recall Puluhan Ribu Mobil di Tiga Negara

Previous post
Toyota Corolla DX, Sedan Retro dengan Perawatan Mudah
Protokol kesehatan diberlakukan di diler Vespa dan Piaggio
Next post
Piaggio Indonesia Berlakukan Protokol Kesehatan dalam Sambut New Normal